fbpx

Kuliah Gratis di Korea Selatan Sebenarnya Ada Berapa Cara?

Kuliah gratis di Korea Selatan masih menjadi hal yang diinginkan oleh pemburu beasiswa, khususnya dari Indonesia. Promosi kebudayaan Korea Selatan melalui halyu memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa internasional belajar dan menjalani kehidupan di sana.

Kuliah di Korea semakin menarik dengan adanya banyak pilihan beasiswa. Jika kamu memiliki rencana untuk kuliah di sana, maka ada beberapa cara kuliah gratis di Korea Selatan yang dapat kamu baca ringkasannya di sini.

1. Beasiswa Pemerintah KGSP/GKS

Sumber: unsplash.com

Jalan pertama kuliah gratis di Korea Selatan ialah melalui beasiswa pemerintah. Beasiswa Korean Government Scholarship (KGSP) atau juga disebut Global Korea Scholarship (GKS) merupakan beasiswa pemerintah yang paling banyak diminati oleh pemburu beasiswa. Tingginya peminat kebudayaan Korea di Indonesia membuat pemerintah Korea Selatan menambah kursi beasiswa.

Beasiswa pemerintah ini bekerja sama dengan 67 institusi di Korea Selatan. Banyaknya pilihan kampus membuat pelamar dapat memilih dengan kualitas yang bagus. Selain itu, persaingannya ketat, sehingga kandidat harus menyiapkan berkas dengan kiat-kiat yang efektif.

Beasiswa pemerintah Korea Selatan dibuka untuk jenjang diploma, sarjana, master, dan S3. Pendaftaran jenjang diploma dan sarjana dibuka setiap tahun pada September, sementara pendaftaran S2 dan S3 dibuka setiap tahun pada Februari.

2. Beasiswa Yayasan/ Perusahaan Swasta

Sumber: Pexels

Cara kuliah gratis ke Korea Selatan dapat ditempuh melalui beasiswa yayasan atau perusahaan swasta. Banyak yayasan dan perusahaan besar Korea yang membuka program beasiswa full tuition tanpa ikatan dinas. Cakupannya bukan hanya biaya kuliah, namun biaya hidup dan asuransi hingga lulus. Kalau ingin melihat ketentuan lainnya silakan mampir sebentar ke laman Study in Korea.

Contoh Beasiswa Yayasan dan Perusahaan

3. Beasiswa Kampus Korea Selatan

kaist-10-포토죤및창의학습관전경
Sumber: Flickr

Jalur ketiga untuk kuliah gratis di Korea Selatan ialah mencari beasiswa kampus. Beasiswa kampus terbagi ke dalam dua jenis berdasarkan regional. Tipe A merupakan beasiswa kampus swasta di wilayah Seoul. Antar jenjang pendidikan S1 dan S2 memiliki cakupan 30%-100% tergantung hasil GPA. Semakin besar hasilnya, maka semakin besar cakupan beasiswa.

Tipe B merupakan beasiswa kampus swasta yang berlokasi di luar Seoul, ibukota Korea Selatan. Sama seperti tipe A, cakupan beasiswa berbeda antar jenjang S1 dan S2 dengan kisaran 30%-100% berdasarkan hasil GPA, rekomendasi dosen, atau kemampuan bahasa Korea. Pelamar beasiswa ini harus mengetahui lokasi spesifik kampus. Infonya bisa diakses di sini.

Contoh beasiswa kampus: Beasiswa KAIST (beasiswa penuh), DGIST S2 dan S3 (beasiswa penuh), beasiswa magang riset DGIST, Beasiswa Kyungpook (beasiswa penuh), dan kampus lainnya.

Itulah tiga cara kuliah gratis di Korea dengan pilihan jenis beasiswa. Banyak sekali jalan untuk pergi ke sana jika kamu tekun ketika mengulik informasi. Teruslah berlatih Bahasa Korea dasar hingga mahir, sehingga kamu tidak terlalu minder ketika melamar beasiswa negeri ginseng.

Bagikan informasi ini ke teman dan kerabat, ya!

For Your Information

Ada berapa cara kuliah gratis ke Korea Selatan?

Pada umumnya ada 3 cara, melalui beasiswa pemerintah, beasiswa swasta, dan beasiswa kampus.

Apakah beasiswa yayasan Korea memiliki ikatan dinas?

Banyak yayasan dan perusahaan besar Korea yang membuka program beasiswa full tuition tanpa ikatan dinas.

Apakah beasiswa kampus mencakup 100%?

Tergantung hasil GPA dan keahlian bahasa. Semakin besar hasilnya, maka semakin besar cakupan beasiswa.

Ingin mengetahui cerita lain di Busan?