Kuliah di Universitas Terbaik se-Asia dengan Beasiswa Ini!

Singapura sebagai salah satu negara maju di ASEAN tidak hanya menawarkan moderisasi tetapi juga kelayakan sistem pendidikannya. Hal ini didukung dengan beberapa institusi pendidikannya yang menempati posisi teratas, baik di Asia maupun dunia, salah satunya adalah National University of Singapore atau biasa disebut NUS.

Saat ini NUS menduduki peringkat ke-11 versi QS Global World Ranking dan urutan ke-2 di Asia. Fantastic! Jangan khawatir, kamu yang bercita-cita untuk melanjutkan studi ke kampus ini tidak perlu menunggu tertalu lama. NUS tidak hanya menyediakan beasiswa bagi lulusan S1 di luar Singapura tetapi juga bagi pelajar tamatan SMA/sederajat. Jadi, masalah krusial seperti biaya kuliah dan biaya hidup nantinya di Singapura bisa kamu coret. Yeay!

Sumber: The Straits Time

Science & Technology Undergraduate Scholarship, beasiswa spesifik untuk lulusan SMA/sederajat dengan sasaran utamanya adalah pelajar yang berada di luar Singapura. Cakupan bidang studinya adalah teknik, komputer dan komputasi, dan sains (kecuali farmasi) yang nantinya akan dikelompokkan pada beberapa kejuruan.

Sumber: NUS Engineering

Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, termasuk subsidi MOE Tuiton Grant, tunjangan hidup sebesar S $ 6,000 per tahunnya, satu kali tunjangan kedatangan sebesar S $ 200, akomodasi tahunan yang setara dengan biaya double room asrama kampus, serta biaya pesawat dari negara asal pada awak perkuliahan dan dari Singapura ke negara asal saat program perkuliahan sudah berakhir.

Sumber: The Straits Time

Sepertin halnya ketentuan beasiswa, Science & Technology Undergraduate Scholarship juga menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh penerimanya. Seperti mempertahankan Cumulative Average Point minimal 3.5, wajib bekerja di perusahaan Singapura selama 6 tahun setelah lulus, mengikuti program terkait pembinaan masyarakat yang nantinya ditentukan oleh universitas, dan jika penerima beasiswa mangkir dari tanggung jawabnya maka NUS-selaku pemberi beasiswa-berhak untuk meminta ganti rugi.

Praktisnya, pelamar beasiswa ini tidak perlu mengisi aplikasi terpisah sebab aplikasi pendaftaran yang masuk otomatis dipertimbangkan bagi pelamar yang memenuhi ketentuan yang sudah ditetapkan oleh NUS. Calon penerima beasiswa merupakan warga negara dari salah satu negara di Asia, memiliki trade record rapor yang bagus dan mengalami peningkatan, serta mengikuti kegiatan ekstrakulikuler (non akademik) dan memiliki kualitas leadership yang yang diakui.

Sumber: New Nation

So, jangan ragu untuk mewujudkan mimpi kamu bisa melanjutkan studi di salah satu universitas terbaik di Asia ini. Tingkatkan prestasi akademik dan jangan lupa untuk mengasah soft skill kamu dengan mengikuti kegiatan tambahan di luar jam sekolah. Untuk informasi lebih lengkap mengenai beasiswa ini, kamu dapat mengaksesnya melalui website resmi NUS, nus.edu.sg, dan mempersiapkan diri dari sekarang. Ayo kita buktikan kalau usaha tidak akan mengkhianati hasil, selamat berjuang ya!