fbpx

Kuliah di Singapura: Tata Cara Membuat Singapore Student Pass

Apakah kamu berminat untuk melanjutkan studi di Singapura? Well, negara satu ini memang menjadi favorit bagi pelajar Indonesia. Sistem pendidikan di Singapura dianggap menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Nah, apabila kamu ingin berkuliah di Singapura, maka kamu perlu membuat Singapore Student Pass.

Kali ini, kami akan membahas lebih jauh mengenai tata cara pembuatan Singapore Student Pass. Penasaran? Simak baik-baik pembahasan kami berikut ini.

Apakah saya perlu mendaftarkan diri untuk mendapatkan Singapore Student Pass?

Sumber: mustharanews.com

Dilansir dari Immigration Checkpoint Authority, Singapura, kamu haruslah mendaftarkan diri untuk mendapatkan Singapore Student Pass. Untuk bisa mendaftarkan, kamu terlebih dahulu harus diterima di program kuliah penuh waktu di Singapura. Bagi kamu yang diterima untuk program paruh waktu, maka kamu tidak bisa mendaftarkan diri.

Apa saja dokumen yang saya butuhkan?

Untuk bisa mendapatkan Singapore Student Pass, berikut sejumlah dokumen yang harus kamu lampirkan:

  • Registration Acknowledgement Letter dari sekolah yang kamu tuju
  • Halaman biodata di dokumen perjalananmu
  • Informasi personal yang terdiri dari daftar negara yang pernah kamu tinggali sebelumnya, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, serta dukungan finansial.
  • Informasi personal mengenai orang tua, pasangan, atau saudara (bila ada)
  • Alamat tinggal dan detail kontak di Singapura
  • Alamat surel
  • Foto diri berukuran paspor (yang diambil dalam jangka waktu tiga bulan terakhir)

Bagaimana cara mendaftar Singapore Student Pass?

Pendaftaran untuk Singapore Student Pass dapat dilakukan secara daring melalui Student’s Pass Online Application and Registration System (SOLAR). Hal ini dapat dilakukan setelah kamu diterima di universitas yang ada di Singapura? Mengapa demikian? Karena kamu baru bisa mendapatkan nomor pendaftaran SOLAR di acceptance letter yang kamu terima.

Kamu perlu masuk ke SOLAR dengan detail registrasi yang disediakan oleh universitasmu. Apabila kamu sudah berhasil masuk, maka kamu perlu mengisi eForm 16. Setelah selesai, jangan lupa untuk melampirkan foto berukuran paspor terbaru.

Kumpulkan eForm 16 milikmu bersama dengan biaya pendaftaran sebesar SGD $30. Kamu perlu untuk mencetak salinan eForm 16 setelah kamu berhasil mengumpulkannya ke SOLAR.

Lalu, apa yang harus saya lakukan setelahnya?

Sumber: mha.gov.sg

Setelah selesai melalui proses di atas, kamu akan mendapatkan In-Principle Approval (IPA) yang mengindikasikan apakah kamu harus membayar deposit keamanan apabila aplikasi pendaftaranmu diterima. Untuk pelajar Indonesia, jumlah biaya keamanan yang harus kamu keluarkan mencapai SGD$1.000 per orang.

Berapa lama proses pendaftaran yang dibutuhkan?

ICA menekankan bahwa lamanya proses pendaftaran untuk mendapatkan izin tinggal yang baru adalah empat minggu setelah aplikasi pendaftaran lengkap diterima. Akan tetapi, perlu diingat bahwa proses pendaftaran bisa memakan waktu lebih lama. Informasi selengkapnya mengenai hasil pendaftaranmu dapat kamu lihat di e-Service. Kemudian, nanti kamu bisa mengambil Student Pass-mu di gedung ICA yang berada di Singapura.

Itulah salah satu hal yang harus kamu lakukan sebelum kuliah di Singapura, Kawan Rantau. Akan tetapi, kamu harus mengingat bahwa larangan penerbangan yang berlaku akibat COVID-19 masih memberikan dampak bagi sebagian besar negara, termasuk negara. Jadi, pastikan terlebih dahulu apakah perlu untuk membuat Singapore Student Pass atau tidak. Bahkan, apakah kamu perlu untuk berada di Singapura untuk menjalani perkuliahan.

Baca juga informasi perkuliahan di Malaysia, mahasiswa baru dilarang masuk.

For Your Information

Apa yang dibutuhkan oleh pelajar yang ingin kuliah di Singapura?

Salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh pelajar yang ingin kuliah di Singapura adalah membuat Singapore Student Pass.

Apa itu Singapore Student Pass?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Singapore?