fbpx

Kuliah di Singapura Tahun 2021? Pilih 3 Universitas Terbaik Berikut Ini

Salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam memilih negara tujuan pelajar internasional adalah jarak. Terkadang, para pelajar dari Indonesia memilih negara tetangga yang lumayan dekat untuk melanjutkan studi mereka. Sebelumnya, kami telah membahas universitas terbaik yang ada di Malaysia. Maka dari itu, kali ini kami akan bergeser sedikit dan fokus untuk membahas tiga universitas terbaik yang ada di Singapura.

National University of Singapore (NUS)

Sumber: lkyspp.nues.edu.sg

NUS merupakan institusi pendidikan tinggi tertua di Singapura. Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings 2021, NUS berhasil menduduki peringkat ke-11. Hal ini menjadikan NUS sebagai universitas terbaik di Kawasan Asia. NUS pun berhasil bersaing dengan universitas prestisius lainnya di dunia, seperti University of College London (Inggris) dan Princeton University (Amerika Serikat).

Sejak berdiri, NUS terdorong untuk menjadi komunitas yang vital bagi para akademisi, peneliti, mahasiswa, maupun alumni untuk bekerja sama membentuk dunia yang lebih baik. Mulanya, NUS merupakan sekolah kedokteran yang hanya memiliki 23 siswa pada tahun 1905. Sekarang ini, NUS diakui sebagai universitas terbaik di Singapura dan juga Asia.

Jurusan-jurusan terbaik yang ada di NUS adalah sebagai berikut:

  1. Teknik perminyakan
  2. Teknik kimia
  3. Teknik sipil dan struktural
  4. Kebijakan dan administrasi sosial
  5. Geografi

Nanyang Technological University (NTU)

Sumber: straitstimes.com

NTU merupakan universitas tertua kedua di Singapura. Dalam pemeringkatan QS, NTU hanya terpaut dua posisi dari NUS, yakni di peringkat ke-13. Meskipun merupakan universitas muda, NTU terus membuktikan diri sebagai universitas terbaik di Asia. Bahkan, NTU berhasil mengungguli Tsinghua University (China) dan EPFL (Swiss).

Di NTU, para pelajar dapat belajar langsung dari sejumlah profesor terbaik di dunia sembari menikmati sistem pendidikan yang seimbang dan tertata. Dengan jaringan akademis maupun industri yang kuat, NTU akan memberikan kamu kesempatan untuk meniti karir dengan baik ke depannya.

Kehidupan kampus yang berwarna telah menuntun NTU menjadi salah satu dari 15 kampus terindah di dunia.

Jurusan-jurusan terbaik yang ada di NTU beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ilmu material
  2. Teknik elektro
  3. Ilmu komunikasi dan media
  4. Kimia
  5. Teknik kimia

Singapore Management University (SMU)

Sumber: iafor.org

Meskipun peringkat dari SMU tidak sementereng NUS dan NTU, SMU telah menjadi salah satu universitas yang paling dipertimbangkan di Singapura. Apalagi, bagi mereka yang ingin melanjutkan studi di bidang bisnis dan manajemen. Hal ini menarik karena program bisnis di SMU mengambil model dari Wharton School, University of Pennsylvania.

Sebagai universitas yang baru berdiri selama dua puluh tahun, SMU telah berkembang sedemikian rupa. Kamu bisa memilih lebih dari 300 program yang disediakan di SMU. Kemudian, para lulusan dari SMU cenderung banyak dibutuhkan secara lokal maupun internasional. Pada akhirnya, para lulusan SMU memiliki rata-rata pendapatan di atas rata-rata.

Jurusan-jurusan terbaik di SMU adalah sebagai berikut:

  1. Bisnis dan manajemen
  2. Ilmu sosial
  3. Akuntansi dan keuangan
  4. Ekonomi dan ekonometrika
  5. Hukum

Itulah tiga universitas terbaik yang ada di Singapura, Kawan Rantau. Selain ketiga universitas di atas, universitas seperti INSEAD dan juga Singapore Institute of Management (SIM) juga bisa menjadi pilihan kamu. 

Singapura memang menjadi favorit karena jaraknya yang dekat dengan Indonesia. Lalu, berhubung bahasa resmi dari Singapura adalah Bahasa Inggris, para pelajar merasa lebih nyaman untuk berkomunikasi.

Baca juga alasan-alasan mengapa kamu harus kuliah di Singapura.

For Your Information

Mengapa kuliah di Singapura menjadi favorit pelajar internasional?

Selain jaraknya yang dekat, kualitas pendidikan tinggi di Singapura telah diakui dunia.

Di mana universitas terbaik di Singapura berada?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Singapore?