fbpx

Kuliah S2 & S3 di Perancis dengan Beasiswa Bergengsi? Siapa yang Tidak Mau!

Halo, pembaca anak rantau! Kuliah dengan beasiswa merupakan impian bagi semua orang di dunia. Kamu tidak perlu gelisah memikirkan biaya karena semua telah ditanggung oleh donatur hingga akhir masa studi. Nah, Perancis menjadi salah satu negara di Eropa yang memiliki kualitas pendidikan yang tinggi, namun biaya terjangkau karena disubsidi pemerintah hingga 90%. Kebijakan tersebut berlaku untuk mahasiswa lokal dan internasional.

Ada kabar gembira, nih bagi kamu yang memiliki keinginan melanjutkan kuliah di Perancis. Saat ini, terdapat 2 beasiswa yang membuka pendaftaran untuk mahasiswa Indonesia. Apa saja, ya? Simak ulasan singkatnya di bawah ini!

1. Kuliah Gratis Hingga Akhir Masa Studi dengan Eiffel Scholarship

Eiffel Tower

Masih banyak masalah di Indonesia yang dapat diteliti demi pengembangan solusi yang efektif. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang seringkali kebanjiran beasiswa pemerintah luar negeri yang sangat prestisius, salah satunya Eiffel Scholarship. Beasiswa ini dibuka untuk kamu yang bercita-cita melanjutkan kuliah ke jenjang S2 dan S3.

Beasiswa ini memiliki tunjangan bulanan yang dapat mencukupi kehidupanmu sebagai mahasiswa di sana, cakupannya yakni tunjangan pemeliharaan 1.031 Euro dan uang saku 150 Euro. Kemudian kamu tidak perlu khawatir enggak bisa pulang karena tersedia tiket pesawat pulang-pergi, transportasi lokal, jaminan sosial, asuransi kesehatan, kegiatan budaya, serta memungkinkan memperoleh tunjangan perumahan. Enak banget, kan!

Pelamar yang lolos seleksi akan belajar di negeri modis itu selama 1 hingga 2 tahun. Bagi kamu yang berminat, pendaftarannya dibuka tanggal 26 November hingga 1 Desember. Buruan, pantau informasinya dan siapkan berkasnya!

Area Studi: 

  • Ilmu teknik untuk tingkat Master
  • ilmu sains untuk tingkat Doktorat (ilmu teknik, ilmu sains seperti: matematika, fisika, kimia dan ilmu kehidupan, nano dan bioteknologi, ilmu bumi,  ilmu alam semesta,  ilmu lingkungan, ilmu dan teknologi informasi dan komunikasi), Ekonomi dan Manajemen, Hukum dan Ilmu Politik

2. Bourse du Gouvernement Français (BGF)

Sumber: http://www.shutterstock.com


Beasiswa Magister dan Doktoral ini diberikan oleh lembaga Bahasa Perancis di Indonesia, yaitu Institut Francais d’Indonesie (IFI) yang berada di bawah kendali Kedutaan Besar Perancis. Beasiswa program Magister dan Doktoral ini mencakup biaya hidup selama studi, tiket perjalanan internasional, biaya kuliah, visa dan juga asuransi.

Program studi yang diprioritaskan adalah Ilmu Pengetahuan, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Setiap tahunnya sejumlah kurang lebih 300 mahasiswa dari Indonesia dibantu oleh beasiswa IFI ini guna melanjutkan studi di lanjutan di Perancis.

Meskipun Perancis menjadi negara idaman untuk melanjutkan sekolah, namun banyak mahasiswa Indonesia yang ragu akan kemampuan Bahasa Perancis. Wajar saja, penguasaan Bahasa Perancis menjadi keahlian yang wajib dikuasai. Pelamar harus memiliki kemampuan setingkat DELF B2 untuk dapat mengikuti perkuliahan.

Tapi, jangan pesimis! Semua bisa kamu kuasai asalkan giat berlatih dan mau investasikan waktu serta biaya untuk les Bahasa Perancis. Pun, jika kamu sudah tergabung di lembaga bahasa maka akan lebih mudah mendapatkan beasiswa. Pasalnya, beasiswa kuliah di Perancis seringkali bekerjasama dengan tempat les demi mempermudah penyaringan calon mahasiswa berdasarkan kemampuan berbahasa.

Nah, kalau begitu kamu sudah tahu langkah pertama yang harus dilakukan, kan? Semangat mencari lembaga bahasa, ya! Ingatlah, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Selamat belajar, anak rantau!


Ingin mengetahui cerita lain di Paris?