fbpx

Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan Bila Berkuliah di Kanada

Kanada telah menjadi salah satu negara tujuan bagi pelajar asing untuk melanjutkan studi selain Amerika Serikat, Inggris, Perancis, dan juga Australia. Dilansir dari data yang dikeluarkan oleh Immigration, Refugees, and Citizenship Canada, jumlah pelajar asing di Kanada pada tahun 2018 mencapai 721.205 pelajar. Jumlah yang pastinya tidak sedikit dan diperkirakan akan terus bertambah tiap tahunnya.

Lalu, apa sih yang membuat Kanada begitu menarik untuk menjadi negara tujuan? Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan oleh para pelajar? Berikut penjelasannya.

Universitas yang tak kalah bergengsi

anakrantau-kanada-1.jpg
McGill University. Sumber: studyabroad.siksha.com

Universitas-universitas yang ada di Kanada tersebar di seluruh penjuru negeri dan terkenal akan bidang penelitian dan inovasi yang mereka garap. Kemudian, universitas-universitas tersebut juga sangat beragam, khususnya dalam program studi yang ditawarkan. Jadi, kamu dapat mencocokkan minat kamu di universitas yang kamu mau.

Beberapa universitas yang menjadi favorit di negara ini adalah University of Toronto dan McGill University. Kerap kali, universitas-universitas ini diakui kualitasnya dan tidak kalah dengan universitas-universitas yang ada di Amerika Serikat dan Inggris.

Biaya kuliah yang relatif lebih murah

Kanada sering menjadi pilihan bagi banyak pelajar asing karena biaya kuliahnya yang tidak setinggi kampus-kampus di Amerika Serikat dan Inggris. Selain itu, akomodasi dan biaya hidup yang dibutuhkan pun relatif lebih murah dibanding dengan negara-negara lainnya.

Kesempatan kuliah sambil bekerja

anakrantau-kanada-3.jpg
Sumber: students.ok.ubc.ca

Para pelajar di Kanada diperbolehkan untuk berkuliah sambil bekerja, lho. Sehingga, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan biaya hidupmu selama berkuliah di negara ini. Akan tetapi, kamu harus memenuhi persyaratan ini apabila kamu ingin mendapatkan izin untuk bekerja:

  1. Memiliki izin tinggal sebagai pelajar yang valid.
  2. Merupakan mahasiswa penuh waktu.
  3. Menjalani masa studi di institusi pendidikan tinggi di Kanada yang berdurasi setidaknya enam bulan.

Ketika kamu sudah mendapatkan izin kerja, maka kamu bisa bekerja maksimal 20 jam per minggunya dan penuh waktu ketika liburan. Lumayan nih, guys, untuk menambah uang jajan.

anakrantau-kanada-2
Sumber: thepienews.com

Selain keuntungan-keuntungan di atas, ternyata Kanada sendiri merupakan negara yang cukup ramah serta menerima keberadaan dari pelajar asing. Hal ini sesuai dengan pernyataan David Cohen, seorang konsultan imigran Kanada, “…Kanada menginginkan para pelajar (asing) untuk hadir, belajar, berkontribusi secara sosial dan ekonomi, dan tinggal secara permanen (di sini).”

Wah, ternyata sehangat itu lho sambutan orang Kanada terhadap para pelajar asing. Well, tidak dapat dipungkiri bahwa banyak pelajar yang memutuskan untuk menjadi warga negara tetap setelah menempuh pendidikannya di negeri ini. Kalau itu sih, tergantung kamu mau bagaimana, anak rantau.

Yang pasti, selalu berusahalah untuk menuntut ilmu sebaik mungkin dan di negara manapun itu. Semangat.


Ingin mengetahui cerita lain di Toronto?