fbpx

Ketidakpastian Pelajar Internasional Kembali ke Selandia Baru

Apabila Perancis telah bersiap menyambut kembali kedatangan pelajar internasional, maka kondisi ini berbanding terbalik dengan Selandia Baru. Negara di Kawasan Oseania ini kemungkinan tidak akan membuka perbatasan dalam waktu dekat. Dengan demikian, para pelajar internasional belum memiliki kepastian kapan bisa kembali ke Selandia Baru.

Pernyataan Menteri Keuangan Selandia Baru

Sumber: labour.org.nz

Melalui wawancara dengan Bloomberg, Grant Robertson selaku Menteri Keuangan Selandia Baru menyatakan bahwa para pelajar internasional kemungkinan tidak akan kembali pada tahun ini. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan fasilitas karantina pelajar yang masih membutuhkan waktu.

Untuk saat ini, kapasitas dari fasilitas karantina yang ada telah penuh karena adanya pertambahan kasus COVID-19 setelah sebelumnya negara satu ini berhasil menekan jumlah kasus.

Pada dasarnya, turisme memang menjadi industri paling penting di Selandia Baru, yakni mencapai 5.8% dari GDP. Semenjak COVID-19 terus menyebar, maka Selandia Baru menutup perbatasan. Otomatis, kebijakan ini berdampak sepenuhnya pada ekonomi negara.

Kemudian, untuk sektor pendidikan internasional, juga menjadi salah satu sektor penting dalam perekonomian dari Selandia Baru. Akan tetapi, Robertson menegaskan bahwa pihaknya berupaya mengupayakan penyelesaian fasilitas karantina bagi pelajar. Bagaimanapun, para pelajar ini harus tinggal di Selandia Baru untuk beberapa waktu.

Ketidakpastian bagi pelajar

Sumber: studyandworkabroad.in

Sampai saat ini memang belum ada kepastian bagi para pelajar internasional. Akan tetapi, pihak pemerintah Selandia Baru akan berupaya mengumumkan recovery plan mereka pada bulan ini.

Pada bulan Mei lalu, Menteri Pendidikan Selandia Baru, Chris Hipkins menyatakan bahwa pemerintah akan berupaya untuk menyilakan para pelajar untuk kembali ke Selandia Baru. Akan tetapi dengan persyaratan bahwa mereka bisa dikarantina secara aman.

Baru kemudian pada akhir-akhir ini, pihak Kementerian Pendidikan Selandia Baru mengumukan bahwa para pelajar kemungkinan tidak akan bisa kembali pada bulan Juli dan Agustus tahun ini.

Tentunya, keputusan ini membuat sejumlah pelajar internasional merasa tidak puas. Akan tetapi, apabila kamu termasuk pelajar yang bermaksud kembali ke negara tersebut, pertimbangkan kondisi kesehatan dan kebijakan yang diterapkan ya, Kawan Rantau. Terus lakukan korespondensi dengan universitas tujuanmu untuk mendapat informasi lebih lanjut.

For Your Information

Apa kebijakan terbaru yang diambil oleh Selandia Baru?

Apabila Perancis telah bersiap menyambut kembali kedatangan pelajar internasional, maka kondisi ini berbanding terbalik dengan Selandia Baru. Negara di Kawasan Oseania ini kemungkinan tidak akan membuka perbatasan dalam waktu dekat

Mengapa pelajar belum bisa kembali ke Selandia Baru?

Bacalah artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Auckland?