fbpx

Kesempatan Kuliah S2 dan S3 dengan Beasiswa di Mahidol University

Halo, Kawan Rantau! Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan studi S2 atau S3 di Thailand? Kalau iya, maka kamu harus mengenal terlebih dahulu yang namanya Mahidol Postgraduate Scholarship. Beasiswa ini merupakan mekanisme beasiswa S2 dan S3 yang dikhususkan untuk pelajar internasional di Mahidol University, Thailand.

Tentang beasiswa S2 dan S3 di Mahidol University

Beasiswa S2 dan S3 di Mahidol University
Mahidol University. Sumber: mahidol.ac.th

Faculty of Graduate Studies dari Mahidol University, bekerja sama dengan program pasca sarjana Mahidol University, memahami pentingnya kesempatan bagi para siswa untuk meraih pendidikan di tingkat pascasarjana.

Hal inilah yang mendorong lahirnya Mahidol Postgraduate Scholarship. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, beasiswa ini ditujukan untuk pelajar internasional dan melingkupi pembebasan biaya perkuliahan dan juga pengeluaran lainnya selama kuliah di Mahidol.

Bagi para siswa yang memiliki nilai akademis baik dan membutuhkan bantuan secara finansial, maka beasiswa ini sangatlah cocok untukmu.

Pada dasarnya, beasiswa ini terdiri dari dua jenis, yakni beasiswa fully-funded dan juga parsial. Untuk beasiswa fully-funded, kamu berhak mendapatkan pembebasan biaya perkuliahan dan juga tunjangan hidup. Sedangkan, untuk beasiswa parsial, kamu hanya dibebaskan dari biaya perkuliahan saja.

Persyaratan beasiswa S2 fully-funded

Untuk mendapatkan beasiswa S2 penuh melalui skema beasiswa ini, maka berikut persyaratan yang harus kamu penuhi:

  1. Memiliki gelar sarjana dengan IPK minimal 3.25 dari 4.00.
  2. Tidak menerima beasiswa atau sponsor dari pihak lain.
  3. Memiliki nilai kecakapan bahasa Inggris IELTS 6.5 atau TOEFL iBT 93. Kalau kamu merasa perlu mempelajari TOEFL lebih lanjut, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengikuti kelas daring yang diadakan oleh Cakap.
  4. Memiliki publikasi artikel jurnal di jurnal yang diakui oleh Mahidol University menjadi nilai tambah.
  5. Tidak berusia lebih dari 40 tahun.
  6. Mengumpulkan esai yang berisikan alasan mengapa pendaftar pantas menerima beasiswa ini (tidak lebih dari 1.000 kata).
  7. Pengecualiannya lainnya dapat dipertimbangkan oleh panitia penyeleksi beasiswa.

Persyaratan beasiswa S3 fully-funded

Beasiswa S2 dan S3 di Mahidol University
Sumber: keiabroad.org

Persyaratan untuk pendaftar beasiswa S3 pada dasarnya sama dengan pendaftar beasiswa S2. Detailnya adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki gelar magister atau sarjana dengan IPK minimal 3.50 dari 4.00.
  2. Tidak mendapatkan beasiswa atau sponsor dari pihak lainnya.
  3. Memiliki skor kecakapan berbahasa Inggris minimal 6.5 untuk IELTS atau 93 untuk TOEFL-iBT.
  4. Harus memiliki setidaknya satu publikasi artikel jurnal di jurnal yang diakui oleh Mahidol University.
  5. Tidak berusia lebih dari 45 tahun
  6. Mengumpulkan esai yang berisikan alasan mengapa pendaftar pantas menerima beasiswa ini (tidak lebih dari 1.000 kata).
  7. Pengecualiannya lainnya dapat dipertimbangkan oleh panitia penyeleksi beasiswa.

Persyaratan beasiswa S2 dan S3 parsial

Untuk pendaftar beasiswa parsial, persyaratan yang diberikan akan lebih luwes. Untuk penjelasan lainnya, kamu bisa mengunjungi tautan berikut ini.

Bagaimana cara mendaftar?

Bagi para pelamar yang berminat untuk mendaftar beasiswa ini, maka kamu bisa langsung mendaftarkan diri pada saat pendaftaran kuliah. Jadi, tidak akan ada pendaftaran terpisah untuk beasiswa ini.

Panitia seleksi akan menilai pendaftar berdasarkan pencapaian akademis mereka. Keputusan dari panitia tidak dapat diganggu gugat.

Untuk tenggat waktu pendaftaran sendiri akan bergantung pada masa pendaftaran perkuliahan di Mahidol University. Jadi, pantau terus jadwal tersebut di situs resmi program pascasarjana Mahidol University.

Demikianlah informasi mengenai kesempatan untuk mendapat beasiswa S2 dan S3 di Mahidol University. Kalau kamu membutuhkan informasi beasiswa lainnya, kamu bisa juga mengisi form berikut untuk mendapat panduan personal dari kami.

Baca juga kisah Anggraeni Ayu Rengganis yang menempuh studi Epidemiologi Klinis di Chulalongkorn Thailand.

For Your Information

Apa itu Mahidol Postgraduate Scholarship?

Mahidol Postgraduate Scholarship merupakan mekanisme beasiswa S2 dan S3 yang dikhususkan untuk pelajar internasional di Mahidol University, Thailand.

Apa berapa jenis beasiswa di Mahidol Postgraduate Scholarship?

Ada 2, Kawan Rantau, yakni beasiswa fully-funded dan beasiswa parsial.

Apa persyaratan mendaftar Mahidol Postgraduate Scholarship?

Temukan jawabannya di artikel berikut ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Bangkok?