fbpx

Kesalahan Dalam Memilih Jurusan Tak Akan Membuat Hidupmu Bahagia

Menghabiskan waktu untuk menempuh perkuliahan tentu tidaklah mudah. Bahkan, dapat dibilang membutuhkan dedikasi penuh. Kuliah, apalagi kuliah di luar negeri, bukan tentang bersenang-senang. Akan tetapi, ada tanggung jawab yang harus kamu penuhi. Dengan demikian, hindari sejumlah kesalahan dalam memilih jurusan yang tak akan membuat diri kamu bahagia.

Cenderung pragmatis

Sumber: pexels.com

Salah satu kesalahan dalam memilih jurusan adalah menggunakan mindset pragmatis. Dalam artian, memilih jurusan karena kamu sekadar ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar.

Pertanyaannya, apakah dengan bekerja dan mendapat gaji besar dapat membuatmu bahagia? Meskipun kita memang harus realitis dalam mennyikapi hidup, ada baiknya kita juga berupaya untuk menyayangi diri kita sendiri.

Ketika kamu memang mengincar jurusan yang mengantarkanmu pada pekerjaan dengan gaji besar, bertanyalah pada dirimu sendiri, apakah kamu menjalani perkuliahan di jurusan tersebut? Apakah kamu mampu nantinya menjalani waktu 40 jam per minggu untuk bekerja di suatu perusahaan–yang belum tentu sesuai dengan minatmu?

Membiarkan orang lain memengaruhi pilihanmu

Sumber: forbes.com

Memilih jurusan biasanya bukan tentang apa yang kamu inginkan, tapi juga apa yang diingankan oleh seluruh keluarga. Apabila kamu menonton drama Korea SKY Castle, maka kamu bisa melihat bahwa pihak orang tua berlomba-lomba menginginkan anaknya menjadi mahasiswa Seoul National University. SNU sendiri dikenal sebagai salah satu universitas terbaik di Korea yang tak tertandingi.

Tentunya, hal tersebut tidaklah baik untukmu. Terpaksa menjalani jurusan karena pengaruh dari orang lain, baik orang tua maupun guru, malah akan membuatmu tak nyaman dan tertekan. Stres saat menjalani kuliah, atau bahkan saat persiapan ujian, tidak akan memberikan hasil yang memuaskan untukmu. Bahkan, hal tersebut tidak akan pernah membuat kamu bahagia.

Ikut-ikutan teman

Sumber: pexels.com

Kesalahan klasik dalam memilih jurusan kuliah adalah ikut-ikutan pilihan teman. Ketika temanmu ingin masuk jurusan Kedokteran, kamu ikut tertarik untuk memilih jurusan yang sama. Padahal, kamu sama sekali tak memiliki passion dalam jurusan tersebut.

Dengan demikian, yang harus kamu pahami, meskipun pilihan jurusanmu dan temanmu berbeda, kamu harus memperhatikan lebih lanjut apa sebetulnya passion kamu. Jangan merasa takut kehilangan teman apabila kamu memilih jurusan yang berbeda dengan temanmu sekarang. Anggaplah hal ini sebagai kesempatan bagimu untuk memperluas jejaring pertemananmu.

Memilih program double degree tanpa alasan yang jelas

Sumber: pexels.com

Apakah kamu ingin mengambil program double degree? Kalau iya, tentu saja tak masalah. Program ini akan memberikan kesempatan yang tak biasa. Akan tetapi, memilih program ini akan menjadi bermasalah kala kamu tak memiliki alasan yang jelas.

Terkadang, banyak pelajar yang memilih program double degree hanya karena akan memberikan rekam akademis yang impresif. Padahal, dengan memilih program ini, kamu harus siap dengan risiko waktu perkuliahan yang berbeda, beban perkuliahan yang bertambah, dan juga biaya yang tidak murah.

Apabila kamu merasa bahwa dengan mengambil program double degree dapat membantumu mencapai tujuan tertentu, maka sah-sah saja mengambilnya. Apakah kamu setuju, Kawan Rantau?

Romantisasi film dan novel

Sumber: pexels.com

Menonton film dan juga membaca novel bukanlah suatu hal yang salah. Mendapatkan inspirasi dari keduanya pun juga bukanlah hal yang akan merugikanmu. Akan tetapi, jangan sampai kamu memilih jurusan kuliah hanya karena terlalu meromantisasi apa yang dilakukan oleh karakter dalam film atau novel yang kamu baca.

Apabila kamu tertarik untuk katakanlah menjadi detektif seperti dalam serial televisi, Sherlock, maka setidaknya lakukan riset jurusan apa yang seharusnya kamu ambil. Kemudian, sesuaikan dengan kemampua dan ekspektasimu.

Demikianlah sejumlah kesalahan dalam memilih jurusan yang seharusnya kamu hindari. Jangan sampai kehidupan perkuliahanmu menjadi menyebalkan dan tidak menyenangkan, Kawan Rantau.

Baca juga tips dan trik dalam memilih jurusan yang tepat di luar negeri.

For Your Information

Apa saja kesalahan dalam memilih jurusan yang harus saya hindari?

Baca pembahasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Apakah baik apabila saya memilih program double degre?

Selama kamu memiliki alasan yang jelas, maka memilih program ini merupakan hal yang sah-sah saja.

Ingin mengetahui cerita lain di Seoul?