fbpx

Kerja Sama Universitas dengan Industri Menjadi Unsur Penting di Kawasan Asia

Pandemi COVID-19 memberikan dampak bagi berbagai bidang. Pada saat seperti ini, transfer ilmu pengetahuan dan pendirian start up menjadi begitu penting untuk dilakukan untuk menghadapi tantangan di bidang ekonomi. Maka dari itu, tidak mengherankan apabila universitas di Asia begitu mengedepankan kerja sama antara universitas dengan industri.

Menguatnya ikatan kerja sama antara universitas dengan industri

Sumber: en.tempo.co

Bukanlah suatu hal yang mengejutkan apabila ikatan kerja sama antara bisnis dan akademisi di Kawasan Asia semakin meningkat. Bagaimanapun, Asia merupakan salah satu kawasan dengan jumlah institusi yang berakar pada industri semakin banyak berkembang.

Kala pandemi terus memberikan dampak di seluruh bidang, perlu dipahami bahwa universitas memiliki peran yang begitu penting. Peran apakah itu? Salah satu peran yang bisa dijembatani oleh universitas adalah mempersiapkan para mahasiswanya menjadi lulusan siap kerja. 

Kabar baiknya, universitas-universitas di Asia mendominasi pemeringkatan THE World University, khususnya di penilain pemasukan industri (transfer ilmu pengetahuan). Penilaian tersebut pada dasarnya menunjukan seberapa kuat ikatan kerja sama yang terbentuk di antara universitas dan industri tertentu.

Sebelas dari 19 universitas yang mendapatkan nilai sempurna di penilaian THE’s Industry Income berasal dari Asia dan Timur-Tengah. Kalau kamu tertarik untuk berkuliah di Korea Selatan, maka kamu bisa berkesempatan untuk masuk ke universitas yang memiliki hubungan kuat dengan industri.

Universitas di Korea Selatan dan Industri

POSTECH. Sumber: newsfeed.ph

Pohang University of Science and Technology (POSTECH) mendapatkan nilai pendapatan industri 97.9. Nilai tersebut merupakan salah satu yang terbaik di Korea Selatan. Berdiri pada tahun 1980-an, POHANG didirikan oleh sebuah perusahaan baja yang ingin menciptakan sistem kerja sama antara industri-akademisi-penelitian pertama di Korea Selatan.

Sang Woo Kim, selaku direktur eksekutif Research and Business Development Foundation membagikan pendapatnya mengapa suatu institusi pendidikan tinggi sangatlah penting memiliki kerja sama dengan industri.

“Kemitraan kuat antara industri dengan akademisi seperti yang ada di POSTECH telah menjadi salah satu pondasi pertumbuhan Korea yang luar biasa. Hal ini menuntun kepada bagaimana Korea yang mulanya berfokus pada bidang agrikultur pada tahun 1960-an berubah menjadi negara yang berfokus pada industri.” 

Tak lupa, Kim juga menekankan bahwa sistem kerja sama antara universitas dan sektor swasta dapat membantu suatu negara menghadapi kerugian yang disebabkan oleh COVID-19. Secara khusus, Kim percaya bahwa universitas yang memiliki kekhususan di bidang sains dan teknologi mampu mencegah permasalahan yang dihadapi oleh anak muda ketika sulit mencari pekerjaan.

Di sisi lain, ada juga Korea Advanced institute of Science and Technology (KAIST) yang mendapatkan nilai sempurna di penilaian yang sama. Universitas yang baru berdiri sejak 1971 ini menawarkan jurusan science-based entrepreneurship. Dengan demikian, KAIST menyadari bahwa industri dan sains memiliki keterikatan yang kuat.

Daftar universitas dunia dalam Pilar Industri THE World University Rankings 2021

PeringkatNama universitasNegaraNilai 
1.Anadolu UniversityTurki100.0
2.Asia University, TaiwanTaiwan100.0
3.University of FreiburgJerman100.0
4.Istanbul Technical UniversityTurki100.0
5.Khalifa UniversityUni Emirat Arab100.0
6.Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)Korea Selatan100.0
7.LMU MunichJerman100.0
8.Makarere UniversityUganda100.0
9.Moscow Institute of Physics and Technology (MIPT)Rusia100.0
10.National Cheng Kung University (NCKU)Taiwan100.0

Pada dasarnya, banyak universitas di Kawasan Asia yang mengembangkan infrastruktur mereka untuk mendukung pendirian startup. Hal ini disebabkan kemauan mahasiswa untuk membangun bisnisnya sendiri.

Park Won-Woo selaku profesor sekolah bisnis di Seoul National University merekomendasikan supaya setiap universitas menciptakan sekolah kewirausahaan dan juga inovasi. Hal ini menjadikan kemitraan antara universitas dan industri menjadi begitu penting.

Baca juga alasan mengapa kamu harus memilih sekolah bisnis di China dan Hong Kong.

For Your Information

Mengapa adanya kerja sama antara industri dengan universitas menjadi penting?

Hal ini berhubungan dengan dampak dari COVID-19. Silakan baca artikel ini untuk menemukan jawabannya.

Mengapa universitas di Asia mengedepankan kemitraan antara industri dengan universitas?

Baca pembahasan lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Seoul?