fbpx

Kehidupan Mahasiswa Kedokteran: Kerja Keras Tanpa Akhir

Menjadi seorang mahasiswa kedokteran memang tidak mudah. Untuk bisa masuk ke sekolah kedokteran pun butuh perjuangan tersendiri. Well, pada dasarnya kehidupan mahasiswa kedokteran akan penuh sekali dengan tantangan. Akan tetapi, setiap kerja keras yang mereka lakukan selalu memberikan makna yang tak terkira.

Berikut sejumlah hal yang akan kamu penuhi saat menjalani kehidupan sebagai mahasiswa kedokteran.

Apa yang kamu pelajari bisa kamu gunakan seterusnya

Sumber: thedoctorweighsin.com

Di beberapa jurusan, ada sejumlah mata kuliah yang berguna sebagai bekal pengetahuan saja. Belum tentu mata kuliah tersebut berguna bagi karirmu di masa depan.

Akan tetapi, untuk jurusan kedokteran, seluruh hal yang kamu pelajari, pada akhirnya bisa kamu gunakan untuk seterusnya. Yap, mata kuliah seperti anatomi, fisiologi, biokimia, farmakologi, dan patologi, bisa kamu terapkan saat melakukan diagnosis dan penyembuhan penyakit.

Dengan demikian, seluruh mata kuliah di jurusan kedokteran akan terus menjadi dasar bagimu dalam melakukan praktik kedokteran.

Cara belajarmu akan berbeda dengan temanmu

Kuliah jurusan kedokteran berarti menghabiskan banyak waktu untuk membaca dan menyerap materi perkuliahan. Tentu banyak cara untuk mempelajari hal tersebut.

Akan tetapi, yang harus kamu garis bawahi, cara belajar yang dilakukan oleh temanmu belum tentu cocok denganmu. Dengan demikian, sangat penting bagimu untuk menemukan metode belajar yang cocok selama menjalani kuliah kedokteran. Bagaimanapun, menjadi mahasiswa kedokteran berarti kamu harus siap untuk belajar dengan keras.

Butuh waktu yang panjang

Sumber: blogs.scientifamerican.com

Mempelajari ilmu kedokteran dapat dikatakan sebagai maraton, bukan sprint. Kamu bisa menghabiskan waktu sekitar 5-6 tahun untuk menyelesaikan perkuliahan. Lalu, hari libur bagi para mahasiswa kedokteran akan jauh lebih pendek dibandingkan mahasiswa jurusan lainnya.

Mengapa perkuliahan kedokteran sangat lama? Salah satu alasannya adalah, kamu tidak hanya belajar teori di jurusan ini. Kamu juga harus mempraktikannya. Kemudian, melatih skill tertentu di jurusan kedokteran juga membutuhkan waktu tersendiri.

Bagaimanapun, nyawa manusia menjadi tanggung jawab dari para lulusan kedokteran nantinya.

Mudah mendapatkan teman dekat

Berhubung durasi perkuliahan di jurusan kedokteran relatif panjang, dan banyak sekali program yang kamu jalani, maka sangat mungkin bagimu untuk mendapatkan temand dekat. Meskipun biasanya dokter melakukan praktik sendiri, tidak dapat dipungkiri bahwa seorang dokter perlu berkomunikasi dengan orang lain.

Nah, tema dekat di sini tidak hanya berasal dari jurusan kedokteran saja. Kamu bisa menemukan teman dekat dari jurusan farmasi ataupun keperawatan yang notabene masih satu rumpun denganmu. Well, pada akhirnya kerja sama harus terus terjalin hingga nanti, bukan?

Persiapkan diri untuk uji kompetensi dokter

Sumber: scripps.org

Sebelum bisa melakukan praktik menjadi dokter, sebagai mahasiswa kedokteran, kamu harus menjalani uji kompetensi dokter. Tentu ujian ini akan jauh berbeda dengan ujian kuliah biasa.

Sebaiknya, kamu mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian ini dair jauh-jauh hari. Jangan coba-coba untuk melakukan sistem kebut semalam untuk mengikuti ujian ini.

Sekolah-sekolah kedokteran terbaik di dunia

Apabila kamu memang tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan kedokteran, maka berikut sejumlah pilihan sekolah kedokteran terbaik di dunia:

  1. Harvard University, Amerika Serikat
  2. University of Oxford, Inggris
  3. Karolinska Institutet, Swedia
  4. University of Toronto, Kanada
  5. University of Melbourne, Australia
  6. National University of Singapore, Singapura
  7. University of Tokyo, Jepang
  8. University of Amsterdam, Belanda
  9. Ruprecht-Karls-Universitat Heidelberg, Jerman
  10. Seoul National University, Korea Selatan

Demikianlah sejumlah hal yang akan dialami oleh para mahasiswa kedokteran selama berada di perguruan tinggi. Pada akhirnya, para mahasiswa kedokteran ini akan selalui menemui banyak tantangan dan juga butuh kerja keras dalam hidupnya.

Baca juga kehidupan mahasiswa hukum yang tak pernah lepas dari perpustakaan.

For Your Information

Bagaimana kehidupan mahasiswa hukum?

Well, pada dasarnya kehidupan mahasiswa kedokteran akan penuh sekali dengan tantangan. Akan tetapi, setiap kerja keras yang mereka lakukan selalu memberikan makna yang tak terkira.

Mengapa kuliah kedokteran membutuhkan waktu yang lama?

Salah satu alasannya adalah, kamu tidak hanya belajar teori di jurusan ini. Kamu juga harus mempraktikannya.

Di mana sekolah kedokteran terbaik di dunia berada?

Baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Amsterdam?