fbpx

Kehidupan Mahasiswa Hukum: Habiskan Waktu Seharian di Perpustakaan

Dear, Kawan Rantau! Apakah kamu termasuk orang-orang yang mendukung penegakan keadilan dan ingin menggali kebenaran? Kalau iya, maka memilih jurusan hukum bisa menjadi pilihan yang tepat bagimu. Banyak yang bilang kalau kehidupan mahasiswa hukum itu tidaklah mudah. Banyak sekali tantangan yang akan kamu temui saat menjalani kuliah hukum.

Kira-kira, apakah pernyataan tersebut dapat dibenarkan? Kali ini, kami dari Tim Rantau akan membahas hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum kamu memilih jurusan hukum.

Bacaan tiada akhir

kehidupan mahasiswa hukum - bahan bacaan
Sumber: pexels.com

Mengambil jurusan ilmu sosial, maka kamu akan dihadapkan oleh bertumpuk bahan bacaan. Mulai dari buku, artikel jurnal. hasil penelitian, atau bahkan artikel di koran dan majalah menjadi sejumlah bahan bacaan yang akan kamu temui.

Kehidupan mahasiswa hukum sering kali dicirikan dengan menghabiskan waktu seharian di perpustakaan. Apa yang mereka lakukan? Well, mempelajari satu kasus hukum dan membadingkannya dengan berbagai pendapat para akademisi menjadi hal utama yang akan dilakukan oleh para mahasiswa hukum.

Setiap harinya, daftar bacaan mahasiswa hukum akan terus bertambah. Jadi, kamu harus siap dengan segala risiko membaca banyak sekali bahan bacaan dalam sekali waktu.

Semua pertanyaan hukum akan ditujukan padamu

Sumber: pexels.com

Sebagai seseorang yang punya pengetahuan hukum, tak heran apabila banyak orang bertanya padamu mengenai pertanyaan hukum. Hal ini berlaku juga dengan mahasiswa jurusan lainnya. Sebagai contoh, mahasiswa ilmu komputer akan sering mendapatkan pertanyaan tentang komputer yang rusak.

Ironisnya, semakin banyak hal yang harus kamu pelajari, terkadang pertanyaan hukum sederhana bisa dianalisis menggunakan berbagai macam pendekatan. Ahasil, kamu pun enggan memberikan pendapat. Bagaimanapun, kamu tidak ingin memberikan nasehat yang salah. Lebih parahnya, kamu tidak ingin pendapat yang kamu keluarkan dijadikan dasar begitu saja oleh orang lain.

Terkadang hal ini memang menyebalkan, akan tetapi, memberikan jawaban semampumu dan memberikan pengertian pada orang-orang terdekatmu mengenai kapabilitasmu, menjadi sangat penting. Semoga kamu tidak terlalu frustrasi ya, Kawan Rantau!

Tempat melatih kemampuan berkomunikasi

kehidupan mahasiswa hukum - kemampuan berkomunikasi
Sumber: pexels.com

Ketika kamu menjadi mahasiswa hukum, maka kamu akan terus melatih kemampuan berkomunikasimu, baik secara lisan maupun tulisan. Hal ini disebabkan oleh jenjang karir kamu ke depannya. Menjadi pengacara dan jaksa akan menuntut kamu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

Biasanya, ketika berada di perkuliahan, kamu akan melakukan berbagai simulasi persidangan. Bahkan, banyak kompetisi simulasi persidangan yang dapat kamu ikuti. Dengan demikian, kemampuan berkomunikasimu akan semakin meningkat selama menjadi mahasiswa hukum.

Karir yang beragam

Sumber: pexels.com

Menjadi lulusan sekolah hukum, maka bisa membuka kesempatan bagimu untuk berkarir di banyak bidang. Kamu tidak hanya bisa menjadi pengacara, lho. Kamu bisa mencoba untuk terjun ke bidang media, industri, atau politik. Yang pasti, jenjang karir untuk jurusan hukum memang sangat beragam.

Sekolah-sekolah hukum terbaik di dunia

kehidupan mahasiswa hukum - sekolah hukum terbaik di dunia
Sumber: today.law.harvard.edu

Apabila kamu memang tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan hukum, maka berikut sejumlah pilihan sekolah hukum terbaik di dunia:

  1. Harvard University, Amerika Serikat
  2. University of Oxford, Inggris
  3. University of Melbourne, Australia
  4. National University of Singapore, Singapura
  5. University of Hong Kong, Hong Kong
  6. University of Tokyo, Jepang
  7. University of Toronto, Kanada
  8. Peking University, China
  9. Leiden University, Belanda
  10. Universite Paris 1 Pantheon-Sorbonne, Perancis

Demikianlah pembahasan kami mengenai kehidupan mahasiswa hukum. Hari-hari dipenuhi dengan menghabiskan waktu di perpustakaan merupakan suatu hal yang biasa. Jadi, jangan terlalu terkejut mendapati fakta kalau kamu tidak memiliki banyak waktu untuk bermain-main.

Baca juga alasan mengapa kamu harus belajar hukum di Belanda dan pilihan kuliah hukum daring dari universitas ternama di dunia.

For Your Information

Bagaimana kehidupan mahasiswa hukum?

Banyak yang bilang kalau kehidupan mahasiswa hukum itu tidaklah mudah. Banyak sekali tantangan yang akan kamu temui saat menjalani kuliah hukum. Baca pembahasan lengkapnya di artikel ini.

Mengapa mahasiswa hukum banyak yang menghabiskan waktu di perpustakaan?

Bahan bacaan yang tiada habisnya menjadi jawabannya.

Di mana sekolah hukum terbaik di dunia berada?

Harvard Law School masih menduduki posisi pertama untuk title sekolah hukum terbaik di dunia. Universitas lainnya dapat amu temukan di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?