Cukup dengan Kartu Ini, Kamu Bisa Dapat Diskon di 130 Negara!

Menyandang status sebagai pelajar atau mahasiswa di luar negeri tentu memiliki banyak keuntungan. Terutama bagi kamu yang sudah memiliki ISIC. Eh, atau kamu justru belum tahu tentang kartu ‘ajaib’ yang satu ini?

Sumber: ISIC

International Student Identity Card atau yang biasa disingkat ISIC merupakan kartu identitas pelajar yang sudah diakui secara internasional sehingga dapat mengidentifikasi diri kamu sebagai pelajar di seluruh dunia. Kemunculan ISIC untuk pertama kalinya tercetus pada saat konferensi pemuda internasional di Kopenhegen, Denmark tahun 1953 dan terus berkembang sampai sekarang. Hingga saat ini ISIC sudah berlaku di 130 negara, termasuk Indonesia. Kamu pasti bingung, apa sih gunanya si ISIC ini untuk kehidupan?

Sumber: Wacana Nusantara

Pada tahun 1968 ISIC memperoleh persetujuan dari PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) sehingganya terjalinnya kerjasama untuk program pertukaran pelajar dan travelling ke luar negeri. Bahkan ISIC sudah diakui lho, oleh lembaga pendidikan seperti sekolah dan universitas serta lembaga pemerintahan di seluruh dunia. Makanya tidak heran bagi pemilik ISIC mendapat berbagai benefit seperti diskon makanan, lembaga kursus, tiket pesawat, hingga sarana hiburan. Wow! Sekitar 42.000 diskon dari 125.000 lokasi di 130 negara!

Sumber: Starline Tours

“…lumayan siknifikan sih, waktu itu gue ke Disneyland Paris normalnya 100€ tapi pake ISISC jadi 80€. Lebih murah sekitar 300 ribu.” (Adinda Thalia, EMLYON Business School)

ISIC dapat dimiliki jika kamu minimal sudah berusia 12 tahun dan tidak ada maksimal umur. Sekalipun kamu sedang menempuh pendidikan S2 atau S3. Selain itu, ISIC tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh pelajar internasional. Kamu yang sekolah di Indonesia pun bisa memilikinya dan memanfaatkan keuntungannya dengan lembaga ataupun produk yang bekerjasama dengan ISIC Assosiate. Keberadaan ISIC ini bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan serta pemahaman antar budaya.

Sumber: ICAN Education Consultant

Untuk prosedur kepemilikan ISIC sendiri kamu dapat mengakses informasi melalui website resminya, jika di Indonesia www.isic.id, Adapun beberapa berkas yang perlu kamu persiapkan berupa Kartu pelajar/mahasiswa atau dokumen pendukung yang menjelaskan bahwa kamu adalah pelajar/mahasiswa aktif di suatu instansi pendidikan, pas foto terbaru, mengisi formulir, dan membayar uang pendaftaran sebesar Rp 250.000.