fbpx

Kanada Setujui 56.000 Izin Tinggal untuk Pelajar Internasional

Sebanyak 56.000 pelajar internasional telah menerima izin tinggal di Kanada pada 22 September 2020. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Imigrasi, Marco Mendicino. Selain persetujuan terakhir mengenai izin tinggal pelajar di Kanada, Mendicino menyatakan bahwa sekarang pihak pemerintah federal sedang bekerja dengan institusi pembelajaran yang telah ditunjuk (DLI) untuk menyambut kembali kedatangan pelajar internasional.

Pada dasarnya, DLI merupakan universitas, college, maupun institusi pendidikan yang telah mendapat persetujuan dari pemerintah federal maupun provinsi untuk menyambut kedatangan pelajar internasional. Beberapa DLI terindikasi memiliki keinginan untuk menyambut kedatangan para pelajar selama masa pandemi.

Langkah yang diambil Kanada

Patty Hajdu. Sumber: cbc.ca

Dalam webinar Canadian International Council terbaru, Mendicino menyatakan bahwa Menteri Kesehatan Kanada, Patty Hajdu sedang memastikan setiap DLI memenuhi persyaratan kesehatan umum yang ada. Hal ini merupakan langkah pertama untuk memastikan kampus-kampus di Kanada aman untuk pelajar kembali ke kampus tahun ini.

Pemastian ini juga digunakan untuk mengetahui apakah DLI mampu menyediakan fasilitas karantina dan juga penjarakan sosial selama pandemi. Bagaimanapun, seluruh pelajar yang kembali ke Kanada harus menjalani masa karantina terlebih dahulu selama 14 hari.

Meskipun DLI telah terbuka akan kedatangan pelajar internasional pada masa pandemi, sayangnya larangan penerbangan di Kanada masih berlaku. Otomatis, hal ini membuat para pelajar terhalang untuk masuk ke Kanada dan membuat penyetujuan izin tinggal melambat.

Apa yang harus disiapkan supaya bisa mendapat izin tinggal di Kanada?

Pada dasarnya, Immigration, Refugees and Citizenship Canada (IRCC) hanya menerima lamaran pengajuan izin tinggal dari pelajar yang telah diterima di DLI. Maka dari itu, kamu harus melampirkan letter of acceptance dan bukti skema pendanaan yang akan mendukungmu selama tinggal di Kanada.

Selain itu, para pelajar juga harus melengkapi sejumlah dokumen lainnya untuk bisa mendapatkan izin tinggal, seperti surat bebas kriminal dan hasil tes kesehatan ketika mereka sudah bisa terbang ke Kanada.

Dukungan Kanada terhadap pelajar internasional

Sumber: you.ubc.ca

Selama masa pandemi ini, Kanada telah mengeluarkan sejumlah reformasi kebijakan yang memungkinkan pelajar internasional untuk menempuh studi di Kanada. Di antara reformasi yang dilakukan, Kanada mengumumkan adanya two-step study permit process pada musim panas untuk memberikan kepastian bagi para pelajar internasional.

Kemudian, pelajar internasional juga bisa tetap melaksanakan perkuliahan daring meski di luar Kanada dan tetap bisa bekerja di Kanada di bawah skema Post-Graduation Work Permit (PGWP) ketika pandemi telah berakhir.

Dengan demikian, jelas bahwa negara di Amerika Utara ini tetap mengupayakan supaya para pelajar internasional tetap bisa menempuh studi di sana. Maka dari itu, kamu perlu memastikan langkah seperti apa yang diambil institusi yang kamu tuju. 

Baca juga alasan Kanada jadi lebih populer dibandingkan dengan Amerika Serikat.

For Your Information

Apakah pelajar internasional bisa masuk ke Kanada?

Untuk sekarang ini, larangan penerbangan masih menjadi halangan bagi pelajar internasional. Akan tetapi Pemerintah Kanada telah menyetujui sejumlah pengajuan izin tinggal oleh para mahasiswa.

Apa saja langkah yang diambil Kanada untuk menyambut pelajar internasional?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Toronto?