fbpx

Kampus Terbaik Dunia untuk Melanjutkan Studi S2 Komunikasi

Beberapa tahun terakhir, studi mengenai media dan komunikasi berkembang cukup pesat di seluruh dunia. Keberadaan internet dan media yang terus berkembang membuat bidang komunikasi tetap relevan. Bagi Kawan Rantau yang tertarik untuk melanjutkan studi S2 di bidang komunikasi, berikut ini kampus terbaik dunia untuk melanjutkan studi S2 Komunikasi.

University of Amsterdam (UvA), Belanda

University of Amsterdam sebagai kampus terbaik pertama untuk S2 Komunikasi
Sumber: facebook.com/uvacomscience

Tahun 2020, QS World University Rankings menetapkan University of Amsterdam (UvA) sebagai kampus komunikasi peringkat pertama terbaik di dunia.

Program studi komunikasi yang UvA miliki, antara lain Communication Science serta Media and Culture untuk S1, Journalism, Media, and Globalisation, Media Studies, serta Argumentation, Rhetoric, and Communication untuk S2 dan S3

Di UvA, perkuliahan dibawakan dalam bahasa Belanda dan Inggris.

Hingga saat ini, UvA tercatat telah memiliki 7 ribu mahasiswa internasional dan peneliti yang berasal dari 100 negara (Times Higher Education).

University of Southern California (USC), Amerika Serikat

University of Southern California sebagai kampus terbaik kedua untuk S2 Komunikasi
Sumber: britannica.com

Walaupun USC menempati posisi ke 129 di peringkat dunia, namun QS World University Ranking memilih USC sebagai kampus komunikasi terbaik kedua di dunia

USC memiliki beberapa program studi komunikasi, antara lain Journalism dan Public Relation untuk S1 serta Communication Data Science, Digital Social Media, dan Specialized Journalism untuk S2.

Untuk menunjang aktivitas perkuliahannya, USC memberikan fasilitas berupa 360 degree studio, podcast/radio studio, hingga studio untuk siaran langsung.

The London School of Economics and Political Science (LSE), UK

The London School of Economics and Political Science (LSE) sebagai kampus terbaik ketiga untuk S2 Komunikasi
Sumber: timeshighereducation.com

Peringkat ketiga kampus komunikasi terbaik di dunia ditempati oleh LSE yang telah menerima 52 mahasiswa (21 mahasiswa S1 dan 31 Mahasiswa S2/S3) dari Indonesia pada tahun 2018.

Program studi terkait komunikasi yang dimiliki LSE, antara lain International Relations untuk S1 dan Media and Communication, Gender, Media, and Culture, Global Media and Communications, serta Media, Communication, and Development untuk jenjang S2.

Stanford University, Amerika Serikat

Stanford University sebagai kampus terbaik ketiga untuk S2 Komunikasi
Sumber: jeduka.com

Tak hanya unggul dalam bidang pendidikan, Stanford University juga menempati peringkat keempat sebagai kampus komunikasi terbaik di dunia

Tak hanya itu, di Stanford University, kamu juga bisa mengambil S1 dan S2 bersamaan melalui jalur Coterminal MA in Communication dengan 2 jurusan yang dapat dipilih, yaitu Media Studies atau Journalism.

Program studi terkait komunikasi yang dimiliki Stanford University, yaitu Communication untuk S1, Journalism untuk S2, serta Coterminal MA in Communication untuk S1 dan S2.

The University of Texas at Austin, Amerika Serikat

The University of Texas at Austin sebagai kampus terbaik ketiga untuk S2 Komunikasi
Sumber: facebook.com/utcommstudies

Posisi kelima sebagai kampus komunikasi terbaik di dunia ditempati oleh University of Texas.

UT memiliki beragam pilihan program studi komunikasi, antara lain Communication and Leadership (S1), Communication Studies (S2/S3), Journalism (S2/S3), Advertising (S1 s/d S3), Communication Science and Disorders (S1 s/d S3), dan Radio-Television-Film (S1 s/d S3).

Tak hanya itu, UT juga memberikan Jesse H. Jones Endowed Centennial Fellowship kepada applicant yang ingin melanjutkan S2/S3nya di program studi Advertising, Communication Science and Disorders, Journalism, Radio-Television-Film, dan Communication Studies.

BACA JUGA:

Daftar Lengkap Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri untuk Pelajar Indonesia

Dokumen Beasiswa yang Harus Kamu Siapkan untuk Kuliah di Luar Negeri

4 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Melanjutkan Kuliah S2

Nah, itu dia beberapa kampus dunia pilihan bagi kamu yang ingin melanjutkan studi S2 Komunikasi.

Semoga suatu saat Kawan Rantau bisa berpose di depan gedung kampus-kampus tadi sambil mengenakan toga, ya!

For Your Information

Apa saja 5 kampus komunikasi terbaik di dunia?

Lima kampus komunikasi di dunia menurut QS World University Ranking adalah University of Amsterdam, University of Southern California, The London School of Economics and Political Science, Stanford University, dan The University of Texas at Austin.

Ingin mengetahui cerita lain di Amsterdam?