fbpx

Kabar Terbaru dari Pelaksanaan Tes SAT 2020: Bisa Diambil di Rumah

Tes SAT atau Scholastic Aptitude Test merupakan salah satu ujian yang digunakan untuk mendaftar di universitas yang ada di Amerika Serikat. Sayangnya, akibat dampak dari COVID-19, pelaksanaan tes SAT yang sejatinya akan dilaksanakan pada 14 Maret 2020 di lebih dari 15 negara, dibatalkan. Banyak yang merasa panik karena kepuusan tersebut. Apalagi, bagi mereka yang berada di tengah proses pendaftaran kuliah.

Akan tetapi, kamu sepertinya masih bisa bernapas lega karena kali ini kami akan membahas kabar terbaru dari pelaksanaan tes SAT 2020.

Pelaksanaan tes SAT ke depan

Sumber: forbes.com

Pada dasarnya, pihak penyelenggara tes SAT, The College Board menyatakan bahwa kerja keras dan persiapan siswa tidak akan sia-sia.

Apabila nanti keadaan telah memungkinkan, The College Board akan mulai membuka administrasi tes SAT tiap minggu di akhir bulan. Mekanisme ini akan berjalan mulai Agustus 2020.

Pihak The College Board menegaskan bahwa mekanisme ini mencakup administrasi baru pada bulan September, dan juga tes-tes yang sebelumnya telah terjadwal pada 29 Agustus, 3 Oktober, 7 November, dan 5 Desember.

Tentunya, pelaksanaan dari tes ini bergantung dari kebijakan masing-masing negara penyelenggara tes SAT. Apabila telah memungkinkan untuk melaksanakan tes secara langsung, maka mekanisme tersebut akan berjalan seperti tes-tes SAT sebelumnya.

Mengambil tes SAT di rumah

Sumber: techjockey.com

Tak hanya tes TOEFL dan GRE saja yang bisa diambil di rumah, nyatanya pihak The College Board juga mengeluarkan pilihan untuk mengambil tes SAT di rumah.

Hal ini menyusul kemungkinan bahwa sekolah dan universitas tidak akan dibuka kembali dalam waktu singkat. Pada akhirnya, The College Board berupaya mengatasi dilema para siswa dengan memberikan versi digital dari tes ini.

“Kami akan memastikan bahwa pelaksanaan tes di rumah akan berjalan secara sederhana, aman dan adil, bisa diakses oleh semua, dan dapat digunakan untuk mendaftar di universitas,”terang The College Board.

Dengan demikian, jelas bahwa The College Board akan terus mengupayakan supaya seluruh siswa internasional dapat mengambil tes SAT. Apalagi kalau mereka memang memiliki niat untuk masuk di perguruan tinggi yang ada di Amerika Serikat.

Jadi, apapun yang terjadi, sebaiknya kamu tetap belajar dan mempersiapkan diri. Baik untuk tes SAT secara langsung maupun digital.

Apabila kamu butuh informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan tes SAT 2020, kamu bisa mengirimkan surel ke sat@info.collegeboard.org. Kamu juga bisa mendapatkan terbaru mengenai tes ini melalui situs resmi mereka

Baca juga tentang perbedaan antara tes TOEFL, TOEIC, dan IELTS.

For Your Information

Apa dampak COVID-19 terhadap pelaksanaan tes SAT?

Penyelenggaran tes SAT dibatalkan di berbagai negara.

Apakah ada solusi untuk mengambil tes SAT di tengah pandemi COVID-19?

Pihak penyelenggara telah menyediakan alternatif untuk para siswa. Baca artikel ini untuk tahu penjabaran lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?