fbpx

Pilih Rusia untuk Kuliah STEM Terbaik di Eropa Timur

Disiplin ilmu STEM atau Science, Technology, Engineering, and Mathematics telah menjadi ilmu yang populer. Banyak universitas yang berlomba menawarkan jurusan STEM terbaik untuk menarik minat para siswa, termasuk Rusia. Dengan perhatiannya pada pendidikan, Rusia menawarkan kuliah STEM terbaik di kawasan Eropa Timur.

Kuliah STEM di Rusia

Sumber: coursefinders.com

Bidang sains dan teknologi di Rusia telah berkembang secara pesat sejak pendirian Russian Academy of Science oleh Peter the Great. Pada abad ke-19 hingga 20, banyak sekali ilmuan terkenal yang berasal dari Rusia. Mereka pun memiliki kontribusi di berbagai bidang, mulai dari fisika, astronomi, matematika, kimia, biologi, geologi, dan juga geografi.

Untuk sekarang, dua universitas di Rusia berhasil menduduki posisi 100 universitas terbaik di dunia yang menawarkan kuliah di bidang sains, yaknik Lemonosov Moscow State University dan Novorsibirsk State University. Hal ini dilansir dari QS World University Rankings 2019 by Subject.

Kemudian, untuk jurusan teknik, Lomonosov Moscow State University berada di posisi ke-57 di dunia dan menjadi sekolah teknik terbaik di Rusia.

Berikut universitas di Rusia yang tawarkan jurusan STEM terbaik:

  1. Lomonosov Moscow State Universitty
  2. Novorsibirsk State University
  3. Moscow Institute of Physics and Technology
  4. Saint Petersburg State University
  5. National Research Nuclear University MEPhI

Tentang Lomonosov Moscow State University

Sumber: flickr.com

Sejak berdiri tahun 1755, Lomonosov telah berkembang menjadi universitas paling prestisius di Rusia. Kala itu, universitas ini didirikan atas inisiatif dari seorang ilmuan pada masa pencerahan, Mikhail Lomonosov.

Tak heran apabila Lomonosov menjadi sekolah STEM terbaik di Rusia karena memang hingga sekarang universitas ini memberikan fokus yang cukup banyak di bidang tersebut. Sejumlah bidang STEM yang terus digali di Lomonosov adalah, genetika, biomedis, ilmu kognitif, teknologi, dan teknologi informasi.

Berikut merupakan bidang-bidang STEM yang dapat kamu pelajari di Lomonosov:

  1. Mekanika dan matermatika
  2. Fisika
  3. Kimia
  4. Ilmu material
  5. Biologi
  6. Ilmu tanah
  7. Geologi
  8. Geografi
  9. Teknologi informasi

Dengan kenyataan bahwa kamu tidak harus menjalani masa perkuliahan menggunakan bahasa Rusia, tentu bisa menjalani kuliah STEM di Rusia akan menjadi menarik. Belum lagi ditambah kenyataan banyak sekali tempat wisata yang dapat kamu kunjungi di sana.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba kuliah di negara terbesar di dunia ini?

Baca juga tentang S2 Keperawatan terbaik di dunia yang ada di University of Pennsylvania.

For Your Information

Apa itu STEM?

STEM merupakan disiplin ilmu di bidang science, technology, engineering, and mathematics.

Apakah saya bisa kuliah STEM di luar negeri?

Jurusan di bidang STEM telah marak di berbagai universitas di luar negeri. Kamu hanya perlu mencari yang sesuai dengan bidangmu.

Apakah jurusan STEM di Rusia bagus?

Pastinya. Rusia menjadi salah satu negara yang fokus terhadap pengembangan ilmu di bidang STEM. Ketahui alasannya dengan membaca artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Moscow?