fbpx

Mulai dari Mafia hinga Waktu, Ini 5 Course Sosiologi Unik di Dunia

Sosiologi menjadi salah satu jurusan favorit bagi para peminat ilmu sosial. Ilmu ini berfokus pada pemahaman tentang interaksi manusia. Ternyata, Kawan Rantau, ada banyak sekali jenis course atau mata kuliah Sosiologi yang unik di berbagai universitas di dunia. Mau tahu apa saja? Yuk, simak pembahasan yang telah kami rangkum berikut ini.

Sociology of Mafias – University of Oxford, Inggris

Course Sosiologi unik - Sociology of Mafias
Ilustrasi Mafia. Sumber: unsplash.com

Salah satu course unik yang ditawarkan oleh University of Oxford adalah Sosiologi Mafia. Kemudian, apa sih yang akan dipelajari dalam course ini?

Ketika kamu mengambil mata kuliah Sosiologi Mafia, maka kamu akan belajar menganalisis lima organisasi kriminal yang terus berkembang di dunia. Kelima organisasi tersebut adalah, the Sicillian Cosa Nostra, the American Mafia, the Russian Mafia, the Hong Kong Triads, dan the Japanese Yakuza.

Dalam mata kuliah ini, kamu akan mempelajari lebih lanjut asal muasal, sturktur, norma, serta aktivitas dari kelompok mafia tadi. Di sini, kamu dituntut untuk memahami teori politik, ekonomi industri, politik ekonomi, dan juga sejarah.

Sports and Violence – Harvard University, Amerika Serikat

Course Sosiologi unik - Sports and Violence
Hooliganism. Sumber: unsplash.com

Sebagai sekolah sosiologi terbaik di dunia, Harvard University juga menawarkan banyak sekali course yang menarik untuk dipelajari. Salah satunya adalah Sports and Violence.

Dalam mata kuliah ini, kamu akan mempelajari bagaimana olahraga dapat berhubungan dengan kekerasan. Aktivisme, kemiskinan, hooliganism, nasionalisme, politik internasional, dan kejahatan terorganisasi menjadi sejumlah pembahasan dalam Sports and Violence.

Sejumlah studi kasus yang akan kamu pelajari adalah, para pemain sepak bola Brazil, permainan catur di masa Perang Dingin, hingga permainan kriket di British Empire.

Genocide in the Modern World – Australian National University, Australia

Course Sosiologi unik - Genocide in the Modern World
Protes akan genosida. Sumber: usnplash.com

Salah satu pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) terberat adalah genosida. Maka dari itu, di Australian National University kamu bisa mempelajari seluk-beluk tentang genosida dalam course Genocide in the Modern World.

Mata kuliah ini nantinya akan berfokus pada konteks historis, politik, budaya, ekonomi, dan sosial dari genosida dan pembunuhan masal pada abad ke-20 hingga ke-21. Penyebab dan dampak dari peristiwa genosida di berbagai tingkat akan dianalisis lebih jauh ketika kamu mengambil mata kuliah ini.

Dalam mata kuliah ini juga, kamu akan mempelajari lebih lanjut mengenai perdebatan definisi genosida dan dampaknya di bidang politik, hukum, maupun moral.

Urban Places and Social Problems – University of Amsterdam, Belanda

Urban Places and Social Problems course
Masyarakat Amsterdam. Sumber: unsplash.com

Dewasa ini, menurut Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), lebih dari setengah populasi di dunia tinggal di kawasan Urban. Sejumlah pertumbuhan populasi terkonsentrasi di kota-kota besar di dunia, seperti London, New York, Rio de Janeiro, dan juga Beijing.

Akibatnya, banyak permasalahan yang timbul ketika hal ini terus terjadi. Dalam mata kuliah Urban Places and Social Problems, mahasiswa diajak untuk memahami kehidupan urban dari perspektif sosiologi. Nantinya, kamu juga akan melakukan penelitian secara langsung di Kota Amsterdam yang akan menjadi laboratorium sosiologismu.

How We Use Time in Everyday Life – University of Toronto, Kanada

How We Use Time in Everyday Life course
Jam tangan penunjuk waktu. Sumber: unsplash.com

Apakah kamu bertanya-tanya bagaimana seseorang menggunakan waktunya setiap hari? Maka, dengan mengikuti course How We Use Time in Everyday Life yang diselenggarakan oleh University of Toronto, maka kamu bisa memahami bagaimana pola serta dampak dari penggunaan waktu seseorang.

Dengan menggunakan perspektif sosiologi kamu diharapkan mampu memahami konsep waktu dan bagaimana seseorang menggunakan waktu. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari bagaimana pilihan-pilihan seseorang dapat diambil berdasarkan konteks waktu.

Demikianlah pembahasan tentang course Sosiologi yang unik di dunia. Dari pembahasan di atas, jelas bahwa banyak sekali hal yang dapat kamu pelajari dari perspektif sosiologi. Maka dari itu, memilih sekolah sosiologi terbaik juga harus ada di agendamu ya, Kawan Rantau!

Kenali juga rekomendasi buku Sosiologi yang akan berguna di tahun-tahun awal perkuliahanmu.

For Your Information

Apa itu sosiologi?

Sosiologi menjadi salah satu jurusan favorit bagi para peminat ilmu sosial. Ilmu ini berfokus pada pemahaman tentang interaksi manusia.

Apakah saya bisa belajar sosiologi di luar negeri?

Tentu bisa, Kawan Rantau. Kamu bisa menemukan sekolah-sekolah sosiologi terbaik di dunia. Salah satunya adalah Harvard University yang menjadi sekolah sosiologi nomer 1 di dunia.

Apa course unik yang dapat saya temui di jurusan sosiologi?

Banyak sekali jenis course unik yang dapat kamu temui. Mulai dari mempelajari mafia, genosida, hingga waktu bisa kamu pelajari. Detail lebih lanjut dari masing-masing course dapat kamu baca di artikel ini ya, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Amsterdam?