fbpx

Mengupas Tuntas Jurusan Public Policy, Jalan Menjadi Ahli Kebijakan

Seluruh kehidupan ini pada dasarnya diatur oleh sebuah kebijakan. Kebijakan yang paling berpengaruh adalah kebijakan yang dibuat oleh pihak pemerintah. Banyak orang yang berupaya untuk menjadi ahli dalam membuat kebijakan. Maka dari itu, tak heran apabila banyak orang yang mengambil jurusan Public Policy. Sebetulnya, apa itu Public Policy? Mengapa jurusan ini menjadi unik dan lulusannya paling dicari?

Mari kita kupas lebih dalam mengenai jurusan public policy melalui uraian berikut ini.

Apa itu jurusan Public Policy?

Hoover Institution, Stanford University. Sumber: mpshoover.org

Menurut Stanford University, Public Policy merupakan program interdisiplin yang menghubungkan antara teori dengan alat analisis di sejumlah bidang, yakni ekonomi, ilmu politik, filsafat, psikolgi, dan juga hukum. Kemudian, hasil dari penghubungan tersebut diharapkan dapat diterapkan di dunia nyata dan dijadikan sebagai dasar pembuatan kebijakan.

Dengan demikian, tidak salah apabila orang-orang yang mengambil jurusan public policy akan menjadi ahli dalam membuat kebijakan yang dibutuhkan oleh suatu negara. Bagaimanapun, ketika kamu berkuliah public policy, maka kamu akan berfokus pada proses dari bagaimana suatu kebijakan atau regulasi dapat berpengaruh terhadap publik.

Apa yang dipelajari?

Suasana perkuliahan di Harvard Kennedy School. Sumber: hks.harvard.edu

Program public policy biasanya ditawarkan untuk program pasca sarjana. Iya, program Master of Public Policy ini sama diminatinya dengan Master of Public Administration atau Master of Business Administration.

Pada dasarnya, konten dari program public policy akan banyak bersinggungan dengan program dari public administration. Keduanya memang sama-sama membutuhkan pemahaman tentang administrasi publik atau bagaimana kebijakan pemerintah dirumuskan. Maka dari itu, banyak juga universitas yang menawarkan gelar public policy sebagai program dual degree bersama dengan program public administration.

Ketika menjalani perkuliahan di jurusan public policy, maka kamu akan belajar untuk menggunakan metode atau analis kualitatif, menganalisis program, mengevaluasi program, manajemen dan politik, dan lainnya. Apabila beruntung, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk menjalani masa internship sepanjang perkuliahanmu.

Jurusan-jurusan Public Policy terbaik di dunia

Jurusan public policy terbaik - Harvard Kennedy School
Harvard Kennedy School. Sumber: edura.id

Dengan begitu banyaknya minat terhadap Public Policy, maka banyak sekali universitas yang dapat kamu pilih. Berikut merupakan 10 universitas di dunia yang tawarkan jurusan public policy terbaik:

  1. Kennedy School of Government, Harvard University (Amerika Serikat)
  2. Harris School of Public Policy, University of Chicago (Amerika Serikat)
  3. School of International and Public Affairs (SIPA), Columbia University (Amerika Serikat)
  4. DIW Berlin, Deutsches Institut für Wirtschaftsforschung (Jerman)
  5. Crawford School of Public Policy, Australian National University (Australia)
  6. Andrew Young School of Policy Studies, George State University (Amerika Serikat)
  7. Hoover Institution on War Resolution & Peace, Stanford University (Amerika Serikat)
  8. Department of Policy Analysis and Management, College of Human Ecology, Cornell University (Amerika Serikat)
  9. Economic Analysis & Policy Group (EAP), Walter A. Haas School of Business, University of California-Berkeley (Amerika Serikat)
  10. National Graduates Institute for Policy Studies, GRIPS (Jepang)

Pada dasarnya, tidak ada persyaratan jurusan apabila kamu ingin mengambil jurusan public policy. Akan tetapi, akan bermanfaat bagimu apabila kamu telah memiliki gelar di bidang yang berkaitan seperti politik, ekonomi, atau bisnis. Selain itu, apabila kamu telah memiliki pengalaman kerja yang berkaitan, hal tersebut akan menjadi nilai tambah.

Demikian pembahasan kami tentang jurusan unik yang satu ini. Kamu juga bisa membaca tentang jurusan PPE (Philosophy, Politics & Economics) yang juga menggabungkan berbagai disiplin ilmu.

For Your Information

Apa itu jurusan public policy?

Menurut Stanford University, Public Policy merupakan program interdisiplin yang menghubungkan antara teori dengan alat analisis di sejumlah bidang, yakni ekonomi, ilmu politik, filsafat, psikolgi, dan juga hukum. Kemudian, hasil dari penghubungan tersebut diharapkan dapat diterapkan di dunia nyata dan dijadikan sebagai dasar pembuatan kebijakan.

Apa yang dipelajari di jurusan Public Policy?

Ketika menjalani perkuliahan di jurusan public policy, maka kamu akan belajar untuk menggunakan metode atau analis kualitatif, menganalisis program, mengevaluasi program, manajemen dan politik, dan lainnya.

Di manakah jurusan public policy terbaik di dunia?

Harvard Kennedy School masih menjadi sekolah untuk jurusan public policy terbaik di dunia. Untuk yang lainnya, kamu bisa membacanya di dalam artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di California?