fbpx

Mengenal Jurusan-jurusan Public Policy Terbaik di Asia

Kebijakan publik tentu menjadi kebijakan yang paling berpengaruh bagi semua orang. Sebagai sebuah jurusan yang interdisiplin, banyak sekali teori dan analisis yang digunakan di jurusan public policy, mulai dari ekonomi, ilmu politik, filsafat, psikologi, hingga hukum. Kali ini kami akan membahas jurusan-jurusan public policy terbaik yang ada di Asia.

Graduate School of Public Administration – Seoul National University, Korea Selatan

Jurusan Public Policy Terbaik di Asia - Seoul National University
Sumber: linkedin.com

Telah berdiri sejak tahun 1959, Graduate School of Public Administration (GSPA), merupakan salah satu sekolah pasca sarjana profesional yang pertama ada di Korea Selatan. Sejak berdiri, GSPA berkomitmen untuk menjadikan para lulusannya memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menghadapi isu-isu publik. Pada akhirnya, GSPA menjadi salah satu jurusan public policy terbaik di Asia.

Merujuk pada pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2020, jurusan public policy di salah satu SKY University ini menduduki posisi ke-14 di dunia.

Lee Kuan Yew School of Public Policy – National University of Singapore (NUS), Singapura

Jurusan Public Policy Terbaik di Asia - National University of Singapore
Sumber: linkedin.com

Kalau kamu tidak ingin kuliah jauh-jauh dari Indonesia, maka berkuliah di universitas nomer 1 di Asia ini bisa menjadi pilihan untukmu. Lee Kuan Yew School of Public Policy (LKYSPP) dari NUS menawarkan program public policy terbaik di Asia. Untuk program S2, Master in Public Policy (MPP) menjadi salah satu yang difavoritkan.

Dengan mengambil jurusan ini, kamu akan diberikan pembekalan yang baik mengenai analisis kebijakan serta manajemen dan evaluasi program. Kemudian, ketika telah lulus dari LKYSPP, kamu diharapkan mampu menyelesaikan isu yang kompleks baik di tingkat nasional, regional, maupun global.

Pada saat menjalani perkuliahan ini, kamu bisa memilih peminatan yang disediakan, mulai dari ekonomi dan pembangungan, politik dan hubungan internasional, atau manajemen dan kepemimpinan.

Untuk sekarang, jurusan public policy di NUS ini menduduki peringkat ke-11 di QS World University Rankings bys Subject 2020.

Graduate School of Public Policy – University of Tokyo, Jepang

Graduate School of Public Policy atau yang lebih dikenal sebagai GraSPP telah berdiri sejak tahun 2004. Program public policy di University of Tokyo ini menjadi jurusan public policy terbaik di Asia. Tujuan besar dari jurusan ini adalah mendidik para mahasiswa untuk memahami isu-isu yang ada di masyarakat modern, merencanakan kebijakan publik, dan juga sistem untuk menghadapi isu-isu tertentu di tataran global.

Sejumlah isu yang akan dibahas di GraSPP adalah, transformasi struktur industrasi, penurunan angka kelahiran, globalisasi, hingga isu lingkungan. Dengan berkuliah di GraSPP, kamu akan mendapatkan pengetahuan yang luas di bidang hukum, politik, ekonomi, dan juga hubungan internasional.

Untuk sekarang, GraSPP meraih peringkat 7 dalam QS World University Rankings by Subject 2020. Hal ini membuat GraSPP meraih posisi pertama untuk jurusan public policy terbaik di Asia.

Selain di ketiga universitas di atas, pilihan universitas lainnya di Asia bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah public policy adalah, University of Hong Kong, Peking University, Tsinghua University, dan juga Sugkyunkawan University.

Kamu juga bisa membaca ulasan kami tentang jurusan public policy, jalan menjadi ahli kebijakan.

For Your Information

Apa itu jurusan public policy?

Jurusan public policy merupakan jurusan yang interdisiplin yang menggunakan analisis dari berbagai disiplin ilmu seperti ekonomi, ilmu politik, filsafat, psikologi, hingga hukum untuk membuat suatu solusi akan isu yang dihadapi oleh masyarakat.

Di mana jurusan public policy terbaik di Asia?

Bacalah artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya. Yang pasti, salah satu universitas dari SKY University termasuk di antaranya.

Apa yang akan saya pelajari di jurusan public policy?

Banyak sekali hal yang akan kamu pelajari di jurusan ini. Selebihnya bisa kamu baca di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Seoul?