fbpx

Jurusan-jurusan Terbaik di Dunia Ada di London, Inggris

Pada awal bulan Maret ini, QS World Ranking mengeluarkan ranking terbaru untuk QS World University Rankings by Subject 2020. Berdasarkan perankingan tersebut, ternyata kota London menjadi rumah dari jurusan-jurusan terbaik di dunia terbanyak dibandingkan kota lainnya.

Jurusan-jurusan terbaik di London

Sumber: unsplash.com/Eva Dang

London menjadi rumah bagi lebih dari 50 jurusan terbaik di dunia dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Setidaknya, ada 115 program dari 19 universitas di London yang menduduki posisi 50 terbaik di perankingan QS. Jumlah ini diikuti oleh Boston (69), New York (65), Beijing (59), Seoul (50), Tokyo (46), dan Paris (43).

Di dua jurusan, yakni seni dan desain serta pendidikan, Royal College of Arts and UCL berhasil menduduki posisi pertama. Sedangkan, untuk jurusan kedokteran gigi, King’s College London juga berhasil naik menjadi posisi pertama dan mengungguli Harvard University dan Karolisnka Institutet–yang omong-omong pada tahun 2019 menduduki posisi pertama.

Ekosistem pendidikan yang unik

Pihak dari QS Ranking menyatakan bahwa London merupakan salah satu kota yang berhasil menciptakan ekositem pendidikan tinggi yang unik dan tentunya berhasil.

“Tidak ada kota lain yang memiliki keberagaman atau konsentrasi di bidang pendidikan yang tersebar di banyak institusi layaknya London,” ujar Jack Moran, juru bicara dari QS.

Perankingan untuk QS World University Rankings by Subject ini berdasarkan reputasi akademis, reputasi para staf, sitasi per karya ilmiah, dan juga h-index (yang digunakan untuk mengukur produktivitas dari penelitian para dosen). Penekanan penilaian akan berbeda dari masing-masing disiplin, sebagai contoh, performa penelitian menjadi sangat penting untuk dinilai untuk jurusan kedokteran.

Hasil keseluruhan

Jurusan terbaik di dunia
MIT. Sumber: web.mit.edu

Untuk keseluruhan, Massachusetts Institute of Technology (MIT) masih memegang posisi pertama untuk 12 jurusan secara global. Kemudian, posisi tersebut diikuti oleh Harvard dengan 11 jurusan dan Oxford dengan 8 jurusan.

Meskipun demikian, jumlah jurusan yang masuk 50 besar dari Amerika Serikat menurun jumlahnya dibandingkan pada tahun 2018. Pada tahun 2018, ada 806 jurusan yang masuk ke dalam 50 besar QS Rankings, sedangkan untuk tahun 2020, hanya ada 769 jurusan saja.

Di kawasan Asia, ternyata jurusan-jurusan di China berhasil memasukkan 100 jurusan terbaiknya di kategori 50 besar untuk pertama kalinya. Kemudian, jumlah ini disusul dengan India yang berhasil memasukkan 26 jurusan.

Sayangnya, untuk Hong Kong, ranking mereka turun untuk tahun ini. Hal ini diperkirakan disebabkan oleh adanya aksi protes di negara tersebut.

London memang masih menjadi kota pelajar terbaik di dunia. Tak heran apabila performa akademik di negara tersebut terus dikembangkan. Hal inilah yang menuntun London menjadi rumah bagi jurusan-jurusan terbaik di dunia pada tahun 2020 ini.

Kamu juga bisa membaca kota-kota pelajar terbaik di Inggris selain London.

For Your Information

Mengapa London menjadi istimewa bagi para pelajar?

Selain merupakan kota pelajar terbaik di dunia, untuk tahun 2020 ini, jurusan-jurusan terbaik di dunia ada di London.

Mengapa London berhasil menjadi rumah bagi jurusan-jurusan terbaik di dunia?

Pihak dari QS Ranking menyatakan bahwa London merupakan salah satu kota yang berhasil menciptakan ekositem pendidikan tinggi yang unik dan tentunya berhasil.

Apa yang harus saya ketahui tentang London lebih jauh?

Kamu bisa membaca artikel yang satu ini untuk tahu lebih lanjut tentang London dan status barunya.