fbpx

Ekoteknologi, Mid Sweden University: Solusi bagi Tantangan Lingkungan

Dewasa ini, perkembangan industri hijau semakin marak dipopulerkan. Bagaimanapun, masih terdapat banyak keraguan bahwa pembangunan dapat berjalan dengan berkelanjutan dan tidak merugikan generasi-generasi mendatang. Maka dari itu, sebagai upaya untuk menyediakan solusi atas pertanyaan-pertanyaan mengenai pembangunan dan lingkungan, Mid Sweden University yang terletak di Swedia ini menawarkan salah satu program yang cukup menarik. Yap, apalagi kalau bukan Ekoteknologi.

Apa itu ekoteknologi?

Menurut Straskraba (1993), ekoteknologi merupakan penggunaan teknologi untuk mengelola ekosistem dengan berdasarkan prinsip meminimalkan risiko terhadap lingkungan global. Dengan demikian, akan sangat penting memahami bahwa penggunaan teknologi harus sebisa mungkin ramah lingkungan.

anakrantau-ekoteknologi-mid-sweden-university-2.jpg
Mid Sweden University. Sumber: uarctic.org

Hal inilah yang ditawarkan oleh Mid Sweden University melalui program Master-nya di bidang Ecotechnology and Sustainable DevelopmentProgram ini akan memberikan kamu pengetahuan yang berhubungan dengan isu-isu lingkungan dan sumber daya alam dari sudut pandang berkelanjutan. Baik di tingkat lokal, regional, maupun global. Isu yang luas ini akan ditarik hubungannya dari berbagai sudut pandang. Sehingga menghasilkan pengetahuan yang interdisiplin.

Apa saja cakupan programnya?

Program studi Ekoteknologi, Mid Sweden University ini akan mencakup perkuliahan di bidang Environmental Science dan Environmental Technology. Environmental Science berfokus pada bagaimana kondisi prasyarat dari sumber daya alam dan lingkungan untuk menciptakan fungsi kemasyarakatan yang berkelanjutan.

Sedangkan, Environmental Technology akan lebih banyak berbicara tentang teknologi dan sistem teknik dari perspektif berkelanjutan.

Tujuan program Ekoteknologi, Mid Sweden University

Tujuan dari adanya program Ekoteknologi, Mid Sweden University adalah untuk mengembangkan kemampuan analitik serta berpikir sistemik kamu sehingga kamu memiliki kemampuan untuk menghadapi masalah yang kompleks. Selain itu, program ini juga akan memberikan kamu pemahaman tentang bagaimana cara menggunakan sumber daya alam secara efisien.

anakrantau-ekoteknologi-mid-sweden-university
Sumber: asiagreenbuildings.com

Apa saja persyaratan menjadi siswa di program ini?

Bagi yang ingin mendaftar di program master ini, maka kamu  diharapkan telah menyelesaikan studi S1-mu di salah satu dari bidang-bidang berikut ini:

  • Environmental Science
  • Environmental Technology
  • Environmental Engineering
  • Environmental Law

Apa yang bisa dilakukan setelah berkuliah di program ini?

Program studi ini sangat dianjurkan bagi orang-irang yang ingin bekerja di bidang teknologi maupun pembangunan berkelanjutan. Bisa di bidang pemerintahan, intitusi akademis, maupun non-governmental organization (NGO).

Nah, sudah jelas bukan bahwa bidang ekoteknologi ini merupakan salah satu program studi unik. Apakah kamu tertarik untuk mencoba mendaftarnya?


Ingin mengetahui cerita lain di Stockholm?