fbpx

Course Psikologi Unik ini Sebaiknya Jangan Kamu Lewatkan

Ilmu Psikologi sekarang ini telah berkembang sedemikian rupa. Apalagi, ilmu ini sangatlah multidisiplin sehingga sering bersinggungan dengan berbagai disiplin ilmu lainnya. Tak heran apabila banyak sekali course psikologi unik yang mungkin tidak akan pernah kamu sangka kalau ada.

Apa saja course psikologi unik yang pernah ada? Dan di universitas mana kamu dapat mempelajarinya? Simak pembahasannya menariknya berikut ini, ya.

Becoming Kinder – Stanford University, Amerika Serikat

Sumber: unsplash.com/Tom Parsons

Apakah kamu pernah menyangka bahwa sikap baik hati dapat dipelajari? Kebaikan hati diartikan sebagai kemampuan untuk memahami orang lain, insting untuk pedulis terhadap orang lain, dan juga keinginan untuk membantu orang lain. Diyakini, kebaikan hati merupakan sumber daya yang paling powerful.

Dengan kebaikan hati, sebuah kerja sama, hubungan, dan kesehatan seseorang akan terus meningkat. Akan tetapi, dengan semakin meningkatnya penggunaan teknologi, kebaikan hati seseorang sedikit demi sedikit terkikis. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan seseorang untuk mengisolasi diri.

Maka dari itu, banyak ilmuan yang mencoba untuk membangun kembali kebaikan hati melalui berbagai relaitas visual dan meditasi. Di course yang satu ini, kamu akan diajari untuk mengeksplorasi kebaikan hati lebih jauh, menemukan tantangan yang dihadapi di dunia yang modern ini, dan bagaimana para ilmuan dan praktisi mencoba menstimulasi kebaikan hati.

Music Psychology – University of Melbourne, Australia

Sumber: unsplash.com/John Matychuk

Ketika dikatakan bahwa musik dan psikologi memiliki hubungan yang erat, maka pernyataan tersebut tidaklah salah. Dalam course Music Psychology, kamu akan memahami hubungan antara musik dengan otak, dan juga musik dengan tubuh.

Kemudian, kamu juga akan menganalisis bagaimana kemampuan bermusik seseorang akan berbeda-beda tahapannya, mulai dari baru lahir hingga di usia senja.

Tiap minggunya, akan ada kuis secara daring yang diberikan. Di akhir perkuliahan, mahasiswa diminta akan memilih topik khusus untuk tugas akhir mereka.

Psychology of Deafness – McGill University, Kanada

Sumber: unsplash.com/Thiago Barletta

Terkadang, seseorang yang berkebutuhan khusus memiliki tantangannya sendiri. Dalam course Psychology of Deafness, kamu akan diajak menyelami bidang ketulian dari perspektif psikologi.

Topik-topik yang akan kamu pelajari antinya adalah efek dari ketulian terhadap proses sensori, perseptual, intelektual, dan linguistik seseorang. Kemudian, kamu juga akan mempelajari bagaimana dampak ketulian terhadap anak-anak dan keluarga.

Demikianlah course psikologi unik yang tidak seharusnya kamu lewatkan. Tentu masih banyak lagi course psikologi unik yang akan membuka wawasanmu lebih jauh.

Jangan lupa baca juga rekomendasi buku psikologi untuk kamu di tahun 2020 ini.

For Your Information

Mengapa ilmu psikologi begitu beragam?

Karena ilmu ini sangatlah multidisiplin dan banyak bersinggungan dengan disiplin ilmu lainnya.

Apakah saya bisa kuliah psikologi di luar negeri?

Tentu saja. Sejumlah universitas ternama di dunia menawarkan program psikologi untuk bisa kamu pelajari.

Apa saja course unik di jurusan psikologi?

Tengok artikel ini untuk tahu jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di California?