fbpx

Sutradara Perempuan Inspiratif dan Karyanya di Perfilman

Film merupakan media paling ampuh dalam menceritakan realitas manusia dan masyarakat. Ranahnya pun bukan hanya untuk laki-laki, namun juga perempuan. Kontribusinya dapat membuat penonton dan sineas film terinspirasi dalam mengangkat tema tentang perempuan dari sutradara perempuan inspiratif.

Sayangnya, industri film pada bidang sutradara perempuan inspiratif masih minim paparan dari masyarakat, padahal mereka berhasil menelurkan karya yang fantastis serta menggebrak stereotip. Supaya lebih kenal, simak empat sutradara perempuan inspiratif di industri perfilman berikut ini!

1. Greta Gerwig

Sumber: thewrap.com

Nama Greta Gerwig sebagai sutradara meroket berkat kesuksesan film debutnya yaitu Lady Bird (2017). Karirnya semakin bersinar setelah menjadi satu-satunya wanita yang masuk nominasi Oscar 2018 kategori Naskah Asli Terbaik dan Sutradara Terbaik. Karya Gerwig selalu mengangkat tema pertemanan, keluarga, dan significant others pada karakter perempuan.

Gerwig semakin menunjukkan kepiawaiannya dalam meramu film dengan menjadi sutradara di karya teranyarnya, yaitu Little Woman. Film yang dibintangi oleh nama beken seperti Emma Watson, Saorise Ronan, Florence Pugh, dan Eliza Scanlen siap mengudara tanggal 25 Desember 2019. Sekali lagi, Gerwig menunjukkan bahwa perempuan bisa menciptakan film berkualitas.

2. Kathryn Bigelow

Sumber: slashfilm.com

Wanita bernama lengkap Patricia Lea Jenkins dikenal sebagai salah satu sutradara top di Hollywood. Ia berhasil membuat karya populer, baik film layar lebar maupun serial televisi. Salah satunya ialah Monster (2003) yang berhasil menyabet sejumlah penghargaan bergengsi pada masanya. Film tersebut menceritakan kisah nyata tentang seorang wanita pembunuh berantai bernama Aileen Wuornos yang membantai enam pria dalam kurun akhir tahun 1980 hingga awal 1990.

Berkat ketekunannya, ia menjadi sutradara perempuan inspiratif pertama di dunia dalam meraih penghargaan Oscar 2010 kategori sutradara terbaik. Ia semakin mantap menjajal perfilman dengan terlibat dalam proyek film Wonder Woman serta berhasil menduduki peringkat ke-9 sebagai film Hollywood dengan keuntungan terbesar. Fantastis, bukan?

3. Mouly Surya, Sutradara Perempuan Inspiratif dari Indonesia

Sumber: Medcom.id

Perlahan namun pasti, industri perfilman Indonesia berbenah demi menghadirkan konten yang berkualitas bagi pemirsa. Upaya tersebut sedikit demi sedikit membuahkan hasil dengan merambahnya perfilman Indonesia ke kancah internasional, seperti film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak. Dilansir dari CNN, juri Festival Film Indonesia (FFI) memilih karya garapan sutradara perempuan inspiratif Mouly Surya sebagai wakil Indonesia untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik dalam ajang Oscar 2019.

Marlina masih menjadi buah bibir di kalangan insan perfilman dan penonton hingga saat ini. Filmnya menjadi jawara umum di ajang penghargaan tahunan berkelas bagi insan perfilman nasional di tahun 2018. Menurut CNN, Marlina berhasil membawa pulang 10 penghargaan, sekaligus menggeser Ibunda (1986) ciptaan Teguh Karya sebagai pemegang rekor Piala Citra terbanyak. Piala itu termasuk kategori Sutradara Terbaik untuk Mouly.

4. Agnes Varda

Sumber: http://www.thenational.ae

Sutradara perempuan inspiratif terakhir berasal dari Perancis. Ialah Agnes Varda, seorang sutradara yang pacak dalam menangkap realitas manusia dan masyarakat pada filmnya. Saking cintanya dengan pekerjaan, ia tidak peduli apakah filmnya sesuai minat pasar atau tidak.

Ia selalu menyelami karyanya dengan gaya tutur bercerita anti mainstream. Hal itu dapat kamu temukan di semua filmnya, seperti Cléo from 5 to 7 (1962), Le Bonheur (1965), Vagabound (1985), dan dokumenter Jacquot de Nantes (1991).

Itulah 4 sutradara perempuan inspiratif di industri perfilman yang setia memberikan tontonan berbobot kepada pemirsa. Mereka kerap menyebarkan konten yang dapat membuka ruang diskusi di masyarakat. Yuk, dukung terus sineas perempuan supaya makin banyak ruang untuk terus bergerak memperjuangkan kesetaraan. Perempuan juga bisa bikin film, kok! Sekarang, siapa sutradara perempuan inspiratif versimu?


Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?