fbpx

Apa yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Lulus Jurusan Teologi?

Studi keagamaan menjadi salah satu studi yang cukup menarik. Di dalamnya, tentu terdapat keharusan bagimu untuk memahami topik agama secara lebih lanjut. Tak jarang apabila di dalamnya akan hadir perdebatan dan semacamnya. Sebetulnya, apa yang bisa dilakukan setelah lulus jurusan teologi?

Sebelum membahas hal tersebut, mari kita bahas dulu apa itu sebetulnya jurusan teologi.

Teologi: Kajian Tentang Agama

Lulus jurusan Teologi
Sumber: christianity.com

Teologi merupakan kajian tentang agama dan asal-usul dari gagasan mengenai agama. Kajian ini dapat dipelajari melalui universitas atau sekolah tinggi keagamaan.

Pada dasarnya, agama telah ada sejak zaman dahulu kala. Mempelajari agama berarti mempelajari inti dari budaya serta memahami perkembangannya hingga sekarang.

Dengan kuliah teologi, maka kamu akan mempelajari bagian sejarah serta filsafat dari agama. Kemudian, kamu juga tidak akan seterusnya menjalani perkuliahan di dalam kelas, karena akan ada banyak waktu bagimu untuk belajar mandiri, penelitian, dan juga refleksi.

Meskipun jurusan ini memang membahas tentang agama, bukan berarti orang yang mengambilnya akan menjadi seorang pemuka agama. Jurusan teologi akan memberikanmu berbagai keahlian yang kamu perlukan untuk bekerja di berbagai bidang.

Pekerjaan yang Bisa Dilakukan oleh Lulusan Jurusan Teologi

Menjadi dosen setelah lulus jurusan teologi
Sumber: bpnews.net

Pada dasarnya, lulusan teologi akan memiliki banyak sekali kesempatan untuk bekerja di berbagai bidang. Berikut merupakan sejumlah pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh para lulusan teologi.

a. Guru

Kebanyakan lulusan teologi memilih untuk menjadi guru. Apabila kamu memilih jalur ini, maka kamu harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik–baik secara lisan maupun tulisan, kesabaran, kemampuan beradaptasi, dan juga punya passion mengajar.

Menjadi guru di bidang agama mungkin tidaklah begitu mudah. Karena bagaimanapun juga kamu harus menyesuaikan dengan kurikulum institusi tempat kamu mengajar.

b. Dosen

Berhubung studi teologi akan lebih banyak membahas sisi filosofis dan historis dari agama, maka tak heran bila jalur menjadi seorang dosen pun bisa terbuka untukmu. Tentu, akan dibutuhkan kualifikasi pendidikan yang cukup tinggi untuk posisi ini.

Selain mendalami ilmu lebih dalam, kalau kamu ingin menjadi dosen, maka kamu juga harus memiliki kemampuan untuk mengajar.

c. Rohaniwan

Rohaniwan merupakan sosok yang memberikan bimbingan serta konseling bagi yang membutuhkan. Seorang rohaniwan dapat bekerja di berbagai tempat, termasuk rumah sakit, universitas, sekolah, organisasi olahrga, atau bahkan di penjara.

Pekerjaan lainnya yang masih berhubungan dengan lulusan teologi adalah menjadi seorang penasehat, arsiparis, konselor, pekerja sosial, atau bahkan masuk industri penerbitan sebagai editor maupun jurnalis.

Di manakah jurusan teologi terbaik di dunia?

Harvard Divinity School, sekolah jurusan teologi terbaik di dunia
Harvard Divinity School. Sumber: thecrimson.com

Sebagai salah satu kajian ilmu yang telah ada sejak dahulu kala, maka tak heran apabila jurusan teologi masuk ke dalam perankingan QS World University Ranking by Subject. Universitas-universitas di Amerika Serikat masih menjadi destinasi terbaik untuk jurusan ini.

Berikut daftar 10 universitas terbaik di dunia yang menawarkan jurusan teologi:

  1. Harvard University (Amerika Serikat)
  2. University of Notre Dame (Amerika Serikat)
  3. University of Oxford (Inggris)
  4. University of Cambridge (Inggris)
  5. Durham University (Inggris)
  6. Eberhard Karls Universitat Tubingen (Jerman)
  7. Yale University (Amerika Serikat)
  8. Universite Catholique de Louvain (Belgia)
  9. Duke University (Amerika Serikat)
  10. University of Chicago (Amerika Serikat)

Untuk di kawasan Asia, kamu bisa menemukan jurusan teologi terbaik ada di The Hebrew University of Jerusalem (Israel) dan The Chinese University of Hong Kong (Hong Kong).

Demikianlah pembahasan kami mengenai jurusan teologi. Jurusan yang satu ini tentu bukan sekadar tentang ilmu ketuhanan, akan tetapi lebih dari itu. Ilmu ini membahas keseluruhan sisi dari agama. Jadi, lulusan jurusan teologi pasti memiliki kemampuan yang berbeda dibandingkan dengan lulusan jurusan lainnya.

Kamu juga bisa membaca tentang Administrasi Sosial di Universiti Malaya, sebuah jurusan yang menggabungkan sosiologi, kesejahteraan sosial, dan juga manajemen.

For Your Information

Apa itu jurusan teologi?

Teologi adalah tentang studi ilmu agama beserta seluk beluk dari asal munculnya gagasan agama.

Apakah saya bisa kuliah teologi di luar negeri?

Ilmu teologi memiliki sejarah yang begitu panjang. Unversitas-universitas tertua di dunia seperti Oxford dan Cambridge menjadi institusi yang menawarkan jurusan ini.

Di manakah jurusan teologi terbaik di dunia?

Harvard Divinity School sebagai bagian dari Harvard University masih menjadi sekolah teologi terbaik di dunia. Disusul oleh sejumlah universitas lainnya seperti University of Notre Dame, University of Oxford, University of Cambridge, dan juga York University.

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulus dari jurusan teologi?

Menjadi seorang guru maupun dosen bisa menjadi pilihanmu. Ulasan lengkapnya dapat kamu baca melalui artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?