fbpx

5 Universitas di China Ini Tawarkan Jurusan Ilmu Sosial Terbaik

Ilmu sosial menjadi salah satu ilmu yang sangat luas pembahasannya. Banyak sekali subjek dalam disiplin ilmu ini, mulai dari hubungan internasional, politik, hingga geografi. Baru-baru ini, Times Higher Education baru saja menerbitkan 2020 ranking of the 720 best schools for social sciences across the world. 

Berdasarkan pemeringkatan tersebut, kebanyakan didominasi oleh universitas-universitas yang ada di Amerika Serikat, sisanya berasal dari Eropa, Australia, Singapura, Jepang, Hong Kong, dan juga Tiongkok.

China sebagai salah satu ekonomi dunia terbesar juga memberikan perhatian yang cukup terhadap sektor pendidikan. Tak heran apabila universitas-universitas China berhasil masuk ke dalam daftar tersebut. Berikut merupakan universitas di China yang tawarkan jurusan ilmu sosial terbaik versi THE.

1. Peking University

anakrantau-ilmu-sosial-cina.jpg
Sumber: unsplash.com

Peking University atau yang lebih dikenal sebagai PKU merupakan salah satu anggota dari C9 League. C9 League sendiri ibaratnya sama seperti Ivy League yang ada di Amerika Serikat. Universitas ini merupakan universitas nasional modern pertama yang berdiri di China, yakni pada akhir masa Dinasti Qing tahun 1898.

Semenjak berdiri, Peking University berhasil memainkan peran penting dalam berbagai gerakan intelektual besar di China. Nama-nama seperti Mao Zedong, Lu Xun, Gu Hongming, dan juga Mao Dun merupakan lulusan dari PKU.

Untuk ilmu sosial sendiri, terdapat 10 program yang ditawarkan, yakni: School of International Studies, Law School, Department of Information Management, Department of Sociology, School of Government, School of Marxism, Graduate School of Education, School of Journalism and Communication, Department of PE, dan School of New Media.

2. Tsinghua University

anakrantau-ilmu-sosial-cina-2.jpg
Sumber: unsplash.com

Dengan motto “Self-Discipline and Social Commitment”, Tsinghua University hadir untuk menciptakan lulusan terbaik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat China. Sembari berkontribusi terhadap pembangunan global. Hu Jintao dan Xi Jinping merupakan alumni dari universitas yang terletak di Beijing bagian Barat Laut ini.

Terdapat 6 departemen yang menjadi bagian dari School of Social Sciences di Tsinghua University, yakni: Sociology, Psychology, Political Science, International Relations, Institute of Economics, dan Institute of Science, Technology and Society.

3. Fudan University

anakrantau-ilmu-sosial-cina-3.jpg
Sumber: china-admissions.com

Fudan University dikenal sebagai pusat akademik penting untuk kajian humaniora, ilmu alam, dan juga kedokteran Tiongkok. Sejak berdiri pada tahun 1905, Fudan University telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan nasional, kesejahteraan masyarakat, serta pemutakhiran pendidikan nasional, ilmu sains, kedokteran, dan teknologi.

Meski demikian, Fudan University termasuk universitas yang menawarkan jurusan ilmu sosial terbaik. Fudan Institute for Advanced Study in Social Sciences menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari universitas ini.

4. Beijing Normal University

anakrantau-ilmu-sosial-cina-4.jpg
Sumber: best-masters.com

Beijing Normal University merupakan salah satu universitas prestisius yang terletetak di Beijing. Kata ‘normal’ dalam nama Beijing Normal University menunjukkan bahwa pada awal abad ke-20, institusi ini awalnya ditujukan untuk melatih guru-guru sekolah. Meskipun sudah mendapat status universitas, nyatanya terminologi ‘normal’ tersebut masih digunakan.

School of Sociology dan School of Social Development and Public Policy menjadi departemen ilmu sosial unggulan dari universitas ini. Dengand demikian, sejarah pergerakan sosial di universitas ini telah mengakar sedemikian rupan. Beijing Normal University terkenal karena pada tahun 1989 menjadi pemimpin dari gerakan protes Tiananmen Square. 

5. Nanjing University

Nanjing University - Ilmu Sosial di China
Sumber: scholarsofficial.com

Telah berdiri sejak tahun 1902, Nanjing University menjadi salah satu institusi pendidikan tinggi di China yang harus diperhitungkan. Buat kamu yang ingin mendalami ilmu sosial, maka Nanjing University menawarkan School of Social and Behavioral Science sebagai pilihan. Sekolah ini baru berdiri sejak Oktober 2008 dan berawal dari Departemen Sosiologi.

Hingga saat ini, telah ada tiga program sarjana yang ditawarkan, yakni Sociology, Psychology, dan Social Work and Social Policy. Sedangkan, untuk program master sendiri ada Institute of Social Anthropology yang baru berdiri sejak Februari 2015.

Demikianlah universitas-universitas di China yang tawarkan jurusan ilmu sosial terbaik. Dengan begitu panjangnya sejarah dari masing-masing universitas, tak heran apabila kelima universitas ini telah diakui reputasinya di dunia.


Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?