fbpx

5 Perempuan Inspiratif di Bidang STEM

Perempuan yang berkontribusi di dalam bidang STEM tidaklah hanya Marie Curie saja, tetapi banyak wanita lainnya yang turut berkontribusi di bidang ini. Tidak perlu jauh-jauh mencari di luar negeri, tengok saja di Indonesia banyak perempuan yang turut berkontribusi untuk masyarakat di bidang STEM. Berikut adalah lima perempuan yang bisa menjadi inspirasimu:

1. Silvia Halim

Sumber: tempo.co

Bagi kamu warga Jakarta yang pernah menaiki MRT, pasti terkagum-kagum dengan kecepatan dan kenyamanan transportasi massal tersebut. Silvia Halim adalah sosok utama yang bertanggung jawab dalam pembangunan MRT sebagai Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta.

Silvia memiliki andil untuk mengeksekusi, mengontrol sekaligus mengelola proyek MRT. Terkadang Silvia masih sering diragukan dalam pekerjaannya, namun pada akhirnya setiap keraguan tersebut terjawab dengan kesuksesan kepemimpinannya dalam membangun MRT.

2. Yenny Meliana

Perempuan kelahiran Bengkulu ini menjadi perempuan pertama yang mampu memformulasikan obat untuk penyakit malaria dengan teknologi nano. Penyakit malaria yang dulunya diobati dengan pil kina saat ini sudah tidak efektif lagi karena parasit yang sudah semakin kebal. Perempuan lulusan doktor teknik kimia National Taiwan University of Science and Technology itu memiliki cita-cita membantu 200.000 masyarakat Indonesia yang masih rentan terkena malaria.

3. Sastia Prama

Sumber: tempo

Doktor Sastia Prama menjadi salah satu perempuan menerima penghargaan L’Oreal-UNESCO for Women in Science 2015 yang berkontribusi besar dalam dunia sains. Perempuan bergelar doktor dari Osaka, Jepang ini menjadi salah satu dari sedikit peneliti di Asia Tenggara yang memiliki kemampuan studi metabolomik. Penemuannya yang banyak berkontribusi kepada masyarakat adalah penerapan studi metabolomik untuk dapat mendapatkan bahan bakar dari hasil pangan Indonesia seperti tempe, kopi, manggis, dan pisang.

4. Athanasia Amanda Septevani

Sumber: viva.co.id

Pernahkah kamu bertanya-tanya layar smartphone yang kamu miliki terbuat dari apa ? Jawabannya terbuat dari polimer yang merupakan bahan sintesis, jika dibuang kembali ke alam akan menjadi limbah berbahaya yang berbahaya bagi lingkungan.

Athanasia Amanda Septevani saat ini menjadi satu-satunya peneliti di dunia yang sedang mengembangkan teknologi pembuatan layar elekktronik yang bisa berasal dari tandan kelapa sawit, tongkol jagung, dan rumput liar. Penelitiannya ini banyak mendapat apresiasi dari berbagai macam ahli karena dampak perbaikan terhadap lingkungan yang sangat besar.

5. Enjelyna Pardede

Sumber: medium.com

Perempuan berusia 24 tahun ini bisa jadi menjadi salah satu alasan tokopedia menjadi perusahaan yang besar sekarang. Bekerja sebagai Database Administrator di Tokopedia, Enjelyna bertugas untuk memastikan database Tokopedia dan server untuk pertukaran jutaan data berjalan dengan optimal. Enjelyna berhasil mendatangkan keuntungan kumulatif lima tahun Tokopedia pada saat event “Ramadhan Ekstra” dengan membuat server terus berjalan ketika dikunjungi 332 juta pengguna.


Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?