fbpx

Jurusan Teknik Kimia, Jurusan Teknik yang Paling Universal

Salah satu jurusan impian para anak IPA adalah jurusan teknik. Jurusan satu ini diyakini dapat melingkupi berbagai bidang dan tentunya sangat beragam pilihannya. Nah, apa yang ada di bayanganmu saat mendengar jurusan teknik kimia? Apakah nantinya kamu akan banyak bertemu dengan materi-materi dari pelajaran kimia?

Untuk mengetahui seluk-beluk dari jurusan teknik kimia, berikut merupakan pembahasan lengkap dari Tim Rantau.

Apa itu jurusan teknik kimia?

Sumber: thejakartapost.com

Teknik Kimia merupakan segala hal tentang mengubah bahan mentah menjadi produk yang berguna, seperti pakaian, makanan dan minuman, serta energi. Bidang teknik satu ini berfokus pada proses dan produk, baik dalam mengembangkan atau menciptakan suatu produk.

Kerap kali, teknik kimia disebut sebagai ‘teknik universitas’ karena disiplinnya yang luas. Ketika kamu menjalani perkuliahan di jurusan ini, maka kamu bisa mempelajari bidang kimia, fisika, biologi, mikrobiologi, biokimia, matematika dan ekonomi, dan bahkan ilmu lingkungan.

Serangkaian perkuliahan di jurusan ini terdiri dari perkuliahan biasa, seminar, praktik laboratorium, dan juga kerja kelompok. Tak jarang, para pelajar juga bisa menjalani praktik magang di suatu perusahaan selama kuliah.

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulus?

Sektor industri dari teknik kimia sangatlah cepat meluas, sehingga kamu bisa mendapatkan kesempatan karir yang beragam.

Para lulusan teknik kimia bisa mendapatkan jenis pekerjaan yang berhubungan langsung dengan profesi mereka, sebagai contoh di sektor energi. Kemudian, ada juga bidang-bidang lain yang bisa kamu masuki karena kemampuan yang telah terasah sewaktu kuliah. Sebagai contoh, bidang manufaktur, tekstil, dan manajemen ritel.

Jurusan-jurusan teknik kimia terbaik

Sumber: http://www.telegraph.co.uk

Apabila kamu tertarik untuk melanjutkan studi di jurusan ini, maka kamu bisa mencoba untuk memilih universitas-universitas terbaik berikut ini:

  1. Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat
  2. University of Cambridge, Inggris
  3. ETH Zurich, Swiss
  4. National University of Singapore (NUS), Singapura
  5. Tsinghua University, China
  6. Delft University of Technology, Belanda
  7. University of Tokyo, Jepang
  8. KAIST, Korea Selatan
  9. University of Toronto, Kanada
  10. Monash University, Australia

Apakah teknik kimia memiliki prospek yang baik?

Di mata masyarakat umum, masih banyak yang belum memahami apa yang bisa dilakukan oleh seorang lulusan teknik kimia. Meskipun demikian, banyak sekali pihak perusahaan yang akan menghormati unsur kuat dari sains dan matematika dari jurusan ini. Kemudian, pihak perusahaan juga mengakui bahwa teknik kimia termasuk jurusan yang menantang dan dapat mengembangkan berbagai kemampuan yang berguna di dunia karir.

Baca juga penjelasan mengenai jurusan teknik perminyakan yang bisa mengantarkan kamu menjadi ahli minyak dan gas.

For Your Information

Apa ciri khas dari jurusan teknik kimia?

Teknik Kimia merupakan segala hal tentang mengubah bahan mentah menjadi produk yang berguna, seperti pakaian, makanan dan minuman, serta energi. Bidang teknik satu ini berfokus pada proses dan produk, baik dalam mengembangkan atau menciptakan suatu produk.

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulus dari jurusan teknik kimia?

Banyak sekali karir yang bisa kamu ambil. Selengkapnya bisa kamu baca di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?