fbpx

Jurusan Teknik Elektro: Jurusan Paling Diminati dan Berprospek Cerah

Jurusan teknik elektro merupakan salah satu jurusan paling diminati oleh para pelajar di bidang sains. Para lulusan jurusan ini termasuk yang paling banyak dibutuhkan. Pengetahuan yang dimiliki oleh pemillik jurusan ini dibutuhkan, khususnya di bidang penghematan energi. Lalu, apa itu sebenarnya jurusan teknik elektro? Berikut pembahasan lengkap kami:

Apa itu teknik elektro?

Sumber: theconversation.com

Teknik elektro merupakan meliputi desain, perancangan, dan perawatan sistem, mesin, dan peralatan kontrol elektrik. Sejumlah fokus dari teknik elektro juga dapat ditemukan di teknik mesin dan sipil.

Biasanya, dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari sistem transportasi, pencahayaan, pemanasa, ventilasi, sistem lift, energi terbarukan, manufaktur, hingga konstruksi. Yang pasti, kamu akan bekerja secara praktis dan juga melakukan analisis data untuk memastikan aturan kesehatan dan keamanan daat terpenuhi..

Apa saja yang bisa dipelajari?

Secara keseluruhan, kamu akan belajar mengembangkan kemampuan analitis, teknis, dan desain teknik selama menjalani perkuliahan di jurusan ini.

Pada tahun pertama, kamu akan lebih banyak mempelajari seluruh seluk-beluk bidang teknik, termasuk matematika, teknik komunikasi, prinsip-prinsip teknik, sisitem dan komunikasi, praktik laboratorium, dan kemampuan melakukan presentasi. Kemudian, ada juga sejumlah modul spesifik, seperti teknik komputer, elektronik analog, proyek sistem tertanam, dan juga engineering programming.

Kemudian, pada tahun kedua, kamu akan banyak mempelajari analisis data, probabilitas dan teknik numerik, telekomunikasi, desain sistem digital, desain teknik perangkat lunak, manajemen industri dan lainnya

Lalu, pada tahun terakhir, sejumlah modul yang akan kamu pelajari meliputi kontrol dan pemodelan sistem, elektromagnetisme, gelombang, desain digital, sistem komunidadi vide digital, dan lainnya.

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulus?

Para lulusan teknik elektro biasanya menjadi seorang konsultan, baik di bidang pemerintahan, telekomunikasi, komputasi, konstruksi, energi, manufaktur, dan lainnya. Kemudian, berhubungan teknologi komputer telah begitu berkembang, maka para lulusan teknik ini menjadi sangat dicari. Tentunya, kamu juga bisa memlih untuk bekerja secara lepas.

Sebagai lulusan teknik elektro, maka tempat kerjamu akan sangat beragam, mulai dari laboratorium hingga kantor. Hal ini tergantung dari proyek yang sedang kamu kerjakan.

Jurusan-jurusan teknik elektro terbaik

Sumber: epec.eng.cam.ac.uk

Apabila kamu tertarik mendalami jurusan ini, maka berikut merupakan universitas pilihan yang bisa kamu pertimbangkan:

  1. Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat
  2. University of Cambridge, Inggris
  3. ETH Zurich, Swiss
  4. Nanyang Technological University (NTU), Singapura
  5. Tsinghua University, China
  6. Delft University of Technology, Belanda
  7. Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST), Korea Selatan
  8. KTH Royal Institute of Technology, Swedia
  9. Politecnico di Milano, Italia
  10. Technical University of Munich, Jerman

Nah, itulah pembahasan lengkap kami mengenai teknik elektro. Jurusan satu ini memang selalu dinikmati dan tentunya membuka peluang karir yang begitu luas. Apakah kamu setuju, Kawan Rantau?

Baca juga pembahasan mengenai jurusan teknik kimia, jurusan teknik paling universal.

For Your Information

Apa itu jurusan teknik elektro?

Teknik elektro merupakan meliputi desain, perancangan, dan perawatan sistem, mesin, dan peralatan kontrol elektrik. Sejumlah fokus dari teknik elektro juga dapat ditemukan di teknik mesin dan sipil.

Dimana jurusan teknik elektro terbaik berada?

Temukan pembahasan lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?