Ajaib, 5 Jurusan Kuliah Terunik di Dunia Ini Benar Adanya!

Perkuliahan merupakan masa di mana seseorang mendapatkan wawasan yang lebih luas dan pikirannya bertransformasi ke arah pendawasaan. Kuliah merupakan waktu emas untuk mengembangkan dan mendalami bakat yang akan dipakai di masa depan. Maka dari itu, kamu perlu memikirkan dengan matang jurusan kuliah yang akan kamu pilih supaya tidah tergopoh-gopoh dalam menjalaninya.

Nah, sekarang coba bayangkan jurusan yang mungkin langka dan aneh jika ditemukan di Indonesia. Nyatanya, jurusan tersebut benar adanya dan menjadi yang terunik di dunia. Penasaran apa saja? Yuk, simak 5 jurusan kuliah terunik di dunia, barangkali kamu berminat belajar di prodi tersebut!

1. Mengulik Magis Pada Dunia Nyata di Jurusan Harry Potter

Sumber : pexels

Bagi kamu yang senang membaca teori harry potter, maka jurusan ini sangat pantas diperdalam secara keilmuan. Sebuah universitas bernama Frostburg State University di Maryland mengajak para pottermore untuk menganalisa dan mengaplikasikan kehidupan sihir di dunia keilmuan seperti fisika, biologi, kimia, dan teknik. Para profesor yang mengajar pun memakai atribut layaknya tokoh di film Harry Potter. Wah, seru sekali ya belajar sambil berimajinasi!

2. Pecinta Horor Dapat Melirik Jurusan Zombie

Sumber : The Guzlint

Sejak dahulu sudah banyak film horor yang melibatkan zombie sebagai tokoh utama dan menjadi fenomenal di kalangan penyuka genre horor. Nah, kamu mungkin seringkali penasaran cara tim make up membuat zombie yang begitu realistis. Demi memecahkan rasa ingin tahu tersebut, maka mampirlah ke jurusan Zombie di Columbia College di Chicago. Perguruan tinggi tersebut memiliki kelas yang mempelajari zombie di media populer. Tak tanggung-tanggung, jurusan unik tersebut juga mengeskplorasi zombie dengan tema individualistis, kapitalisme, dan xenophobia. Hasil pengetahuannya dapat kamu gunakan sebagai landasan untuk riset film bertema zombie, nih! Menarik sekali, bukan?

3. Minat Jadi Content Creator Idealis & Non Sensasional? Pilihlah Jurusan Youtube

Sumber: pexels

Youtube lebih dari TV, begitulah istilah yang berlaku di era digital saat ini. Nyatanya, Youtube dapat dikulik lebih dalam dan berdiri sebagai jurusan independen, loh! Perguruan tinggi seperti Pitzer College di California membuka kelas ini dengan harapan para mahasiswa dapat mengembangkan potensi dan mencari tahu keterbatasan dari budaya konsumsi media digital. Jika kamu tertarik dalam hal membuat konten video di Youtube, maka prodi unik ini merupakan pilihan yang tepat. Kamu dapat mempertimbangkan tema yang diangkat bukan hanya trend, namun juga dapat memberikan edukasi. Yuk, buat tayangan digital lebih ramah wawasan!

4. Perdalam Keahlian Membuat Sirup Segar di Jurusan Sirup

Sumber: cottagelife.com

Di Kanada, terdapat kampus yang membuka kelas sirup maple sebagai hidangan utama di negara tersebut. Ialah Alfred University, kampus yang membuka jurusan unik tersebut. Di sana kamu akan belajar tentang trik membuat sirup yang lezat serta berkunjung ke pabrik sirup dan restoran. Wah, asyik, nih karena kamu bukan hanya belajar di kelas, jadi tidak suntuk!

5. Jaga Bumi dengan Mengikuti Jurusan Sampah

Sumber: pinteres

Permasalahan sampah merupakan hal yang polemik di berbagai belahan dunia. Meningkatnya kerusakan di muka bumi karena sampah belum diiringi dengan langkah konkret. Akan tetapi, janganlah pesimis karena kamu sebagai generasi masa depan dapat berkontribusi untuk mengurangi sampah dengan mempelajarinya secara tekun. Asalkan kamu tahu, sampah merupakan masalah yang memiliki lingkaran sebab-akibat secara berkesinambungan. Maka dari itu, tindakan kecil tidak membuang sampah sembarangan pun tidak cukup untuk menyelamatkan bumi ini.

Adalah Santa Clara University, sebuah kampus di California membuka kelas sampah sebagai jurusan independen. Uniknya, prodi ini bukan mengangkat tema pengolahan sampah, melainkan lebih kepada menggali ilmu tentang perilaku konsumtif manusia hingga konsekuensi sampah ketika tiba di tempat pembuangan akhir. Mahasiswa akan mendapatkan wawasan tentang daur ulang sampah yang benar dan bukan sekadar “yang penting jalan.” Perlu diingat, solusi membuang sampah di tempatnya tidak akan mengurangi masalah tumpukan sampah di tempat pembuangan akhir jika tidak ada pengelolaan yang benar.

Nah, itulah 5 jurusan kuliah terunik di dunia. Apakah kamu tertarik untuk belajar? Jika kamu masih galau dengan pilihan jurusan di luar negeri, mungkin kamu dapat mencoba salah satu prodi aneh di atas. Tidak usah minder karena 5 jurusan tersebut juga berhubungan dengan cabang keilmuan di dunia nyata. Sampai di sini dahulu artikelnya, ya! Jangan lupa untuk berlangganan supaya kamu dapat menerima pemberitahuan artikel terbaru dari anak rantau. Sampai jumpa dan semangat belajar!