fbpx

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris yang Membuka Banyak Peluang

Jurusan bahasa dan sastra Inggris merupakan jurusan yang akan membawa kamu untuk membaca buku, menganalisis teori, mengkritik prosa dan baik, hingga melihat secara kritis atas simbol dan kata-kata yang ada di sekitar kita. Tujuan besar dari jurusan ini adalah untuk memupuk pemikiran kreatif dan analitis dari para pelajar mengenai bahasa Inggris. 

Apabila jurusan modern languages tidak mensyaratkan siswanya untuk menguasai bahasa terkait, maka jurusan satu ini disarankan untuk diambil bagi mereka yang telah lancar menulis dan berbicara Bahasa Inggris. 

Apa yang akan dipelajari?

Sumber: studentedge.org

Pada dasarnya, pembelajaran dari jurusan ini tidak akan jauh-jauh dari pembahasan sastra Inggris. Secara khusus, kamu akan diajak untuk menyelami karya-karya sastra klasik seperti Geoffrey Chaucer dan William Shakespeare. Kemudian, barulah kamu akan dikenalkan dengan karya sastra lainnya.

Selama mempelajari jurusan ini, kamu akan diberikan kebebasan untuk memahami penulis maupun genre yang kamu minati. Biasanya, jurusan satu ini akan sangat menarik apabila diambil dengan mata kuliah di bidang lainnya, seperti sejarah, politik, atau bahkan ekonomi.

Apa yang harus saya pelajari apabila ingin masuk jurusan ini?

Sama seperti jurusan lainnya, pada dasarnya, setiap jurusan memiliki persyaratan masing-masing. Kemudian, tidak ada pula persyaratan saklek yang harus kamu penuhi kecuali penguasaan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan.

Akan tetapi, sejumlah pelajaran yang bisa berguna nantinya adalah sejarah dan juga filsafat. Kedua pelajaran ini akan memudahkan kamu memahami konteks historis dari suatu tempat.

Kemudian, pengalaman dalam menulis juga bisa menjadi kemampuan yang bermanfaat selama kamu berkuliah.

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulus?

Sumber: http://www.istockphoto.com

Pada dasarnya, jurusan bahasa dan sastra Inggris dapat membuka berbagai kesempatan setelah kamu lulus. Akan tetapi, salah satu bidang yang paling cocok untukmu sebagai lulusan jurusan ini adalah media dan penerbitan. Bidang ini sangat tepat untukmu karena selama perkuliahan, kamu telah mengembangkan kemampuanmu dalam menulis.

Kemudian, kemampuan kamu dalam menulis tersebut juga bisa kamu gunakan apabila kamu mengambil karir di bidang periklanan dan pemasaran. 

Apabila kamu tertarik pada bidang pendidikan, maka tentu kamu bisa menjadi berkarir menjadi pengajar atapun guru.

Tentunya, bekerja menjadi seorang penerjemah bisa menjadi opsi yang paling mudah untukmu.

Jurusan-jurusan bahasa dan sastra Inggris terbaik di dunia

Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2020, jurusan bahasa dan sastra Inggris terbaik di dunia dapat kamu temukan di universitas berikut ini:

  1. University of Oxford, Inggris
  2. Harvard University, Amerika Serikat
  3. University of Toronto, Kanada
  4. University of Melbourne, Australia
  5. Trinity College Dublin, Irlandia
  6. University of Hong Kong, Hong Kong
  7. National University of Singapore, Singapura
  8. Freie Universitaet Berlin, Jerman
  9. University of Auckland, Selandia Baru
  10. University of Amsterdam, Belanda

Demikianlah pembahasan kami mengenai jurusan bahasa dan sastra Inggris, Kawan Rantau. Yang pasti, jurusan satu ini menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di bidang humaniora. Apabila kamu tertarik untuk mengambil jurusan ini, maka kamu bisa meneliti lebih jauh masing-masing program yang ditawarkan oleh berbagai universitas dunia yang ada.

Baca juga ulasan kami mengenai jurusan Modern Languages, salah satu gerbang memahami berbagai bahasa.

For Your Information

Apa itu jurusan bahasa dan sastra Inggris?

Merupakan jurusan yang mengupas lebih jauh mengenai bahasa dan juga sastra berbahasa Inggris.

Apa yang perlu saya pelajari untuk bisa masuk jurusan ini?

Memang tidak ada persyaratan khusus untuk jurusan ini. Akan tetapi, akan sangat baik apabila kamu menguasai sejarah dan juga filsafat.

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulus?

Temukan jawaban lengkapnya melalui artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Amsterdam?