fbpx

Jumlah Pelajar Internasional di Korsel Turun untuk Pertama Kalinya

Jumlah pelajar internasional di Korsel (Korea Selatan) turun untuk pertama kalinya dalam enam tahun pada tahun 2020, terutama karena wabah virus Corona.

Dikutip dari The Korea Herald, menurut data yang dirilis Kementerian Pendidikan Korea Selatan, ada 153.695 mahasiswa asing yang terdaftar di universitas dan perguruan tinggi dalam negeri per 1 April tahun ini. Jumlah tersebut mengalami penurunan sebesar 4 persen, atau 6.470 orang pada tahun ini.

Sumber: Pexels

Ini adalah pertama kalinya sejak 2014 jumlah pelajar internasional di Korsel menyusut dari tahun ke tahun.

Menurut data, jumlah mahasiswa asing yang mendaftar di program gelar meningkat 12,8 persen menjadi 113.003, tetapi jumlah mahasiswa di program non-gelar, seperti bahasa, pertukaran dan pelatihan kunjungan, turun 32,1 persen menjadi 40.692 orang.

“Turunnya jumlah mahasiswa asing dari program non-gelar tampaknya mencerminkan situasi suram yang terjadi setelah wabah COVID-19,” kata seorang pejabat Kementerian Pendidikan Korea Selatan.

Seoul National University Museum of Art
Seoul National University. Sumber: Pexels

Pelajar China menyumbang persentase pelajar asing terbesar di sini, yaitu 43,6 persen, meskipun proporsinya turun 0,8 poin persentase dari tahun sebelumnya. Siswa dari Vietnam merupakan kelompok terbesar kedua yang menyumbang 24,9 persen dari total.

Covid-19 telah mengubah tatanan pendidikan di seluruh dunia menjadi serba daring. Para mahasiswa rantau menjalani kegiatan perkuliahan daring di negara masing-masing sambil menunggu kebijakan pendidikan di negara tempatnya belajar. Informasi terkini menyebutkan bahwa kuliah daring di Korea Selatan masih diterapkan.

Mahasiswa baru internasional juga terpaksa melaksanan kuliah daring di negara masing-masing sambil menunggu situasi kondusif. Bagi mahasiswa yang ingin mengetahui keadaan di sana lebih lanjut dapat menghubungi help center study in Korea melalui pranala ini.

For Your Information

Bagaimana kondisi Covid-19 di Korea Selatan?

Korea Selatan sedang menghadapi gelombang kedua Covid-19. Kampus dan universitas di Korea Selatan masih menganjurkan kuliah daring.

Bagaimana Jumlah Pelajar Internasional di Korea Selatan?

Dikutip dari The Korea Herald, jumlah pelajar internasional di Korsel (Korea Selatan) turun untuk pertama kalinya dalam enam tahun pada tahun 2020, terutama karena wabah virus Corona.

Ingin mengetahui cerita lain di Busan?