fbpx

Jerman jadi Negara Keempat dengan Jumlah Pelajar Internasional Terbanyak

Berdasarkan data yang dihimpun oleh DAAD, terdapat 302.000 pelajar internasional yang melanjutkan studi di Jerman. Hal ini pada akhirnya membuat Jerman menduduki posisi keempat dalam jumlah pelajar internasional terbanyak. Dengan demikian, Jerman berhasil mengungguli Perancis sebagai negara non-berbahasa Inggris yang paling diminati oleh pelajar.

Hasil dari Wissenschaft Weltoffen 2020

Pada dasarnya, data di atas berasal dari Wissenschaft Weltoffen 2020 yang dirilis oleh DAAD dan German Centre for Higher Education Research and Science Student. Berdasarkan laporan tersebut, ditemukan bahwa para pelajar yang berasal dari kawasan Timur-Tengah dan Afrika Utara meningkat sebesar 68% dalam tiga tahun terakhir. 

Kemudian, secara keseluruhan, para pelajar dari Kawasan Asia-Pasifik menduduki 30% dari jumlah pelajar internasional di Jerman. Berdasarkan data yang ada, setidaknya terdapat 5.000 pelajar yang berasal dari Indonesia pada tahun 2019 di Jerman

Jerman, negara dengan jumlah pelajar internasional terbanyak keempat

Kebanyakan, para pelajar internasional ini bermukim di Berlin, Sachsen, Thuringen, dan juga Brandenburg. 

Untuk jenjang studi sendiri, para pelajar yang berminat pada jenjang S2 meningkat sebanyak 72% selama lima tahun terakhir. Sedangkan, untuk program S1, terdapat peningkatan lebih dari 50% dan 12% untuk tingkat PhD. Otomatis, minat pelajar internasional ke Jerman menjadi semakin beragam.

Tren pelajar ke depan

Jerman, negara dengan jumlah pelajar internasional terbanyak keempat
Sumber: dw.com

Meskipun dalam laporan tersebut disebutkan bahwa tren pelajar internasional untuk beberapa tahun ke depan belum dapat diperkirakan karena adanya pandemi, Jerman sendiri cukup optimis akan kemampuan mereka menarik minat pelajar internasional. DAAD menyebabkan para pelajar yang berminat untuk melanjutkan studi di Jerman pada tahun akademis 2020/21 masih cukup tinggi.

“Hasil survei menunjukkan bahwa Jerman masih memiliki reputasi yang baik di mata pelajar internasional. Hal ini disebabkan oleh manajemen penanggulangan pandemi yang baik kala COVID-19 pertama kali melanda,” jelas pimpinan DAAD, Joybrato Mukherje.

Pada akhirnya, reputasi yang terus meningkat ini menjadi batu loncatan bagi Jerman untuk terus menarik minat para pelajar internasional. Apalagi, sejumlah negara masih kesulitan untuk mempertahankan reputasi mereka di depan para pelajar. Otomatis, Jerman telah memiliki nilai tambah tersendiri.

Baca juga keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan kuliah di Jerman.

For Your Information

Dari mana pelajar internasional di Jerman berasal?

Berdasarkan data DAAD, pelajar internasional dari Kawasan Asia Pasifik menduduki 30% jumlah pelajar internasional di Jerman.

Mengapa banyak pelajar internasional yang memilih Jerman?

Jerman memiliki reputasi yang baik di mata pelajar internasional. Selangkapnya bisa kamu baca di artikel ini.niversity student at germany

Ingin mengetahui cerita lain di Berlin?