fbpx

IsDB Scholarship 2020, Beasiswa S1 sampai S3 Fully Funded

Islamic Development Bank (IsDB) Scholarship Programme untuk tahun 2020-2021 resmi dibuka. Program beasiswa yang ditawarkan oleh bank ini ditujukan bagi warga negara dari negara anggota IsDB, termasuk Indonesia. Menariknya, beasiswa ini akan diberikan untuk seluruh jenjang, Iya, mulai dari jenjang S1 sampai S3 dan bersifat beasiswa penuh. Selain itu, ada juga beasiswa non gelar lainnya seperti post-doctoral research programme.

Sekilas tentang IsDB Scholarship

IsDB Scholarhsip
Logo Islamic Development Bank (IsDB). Sumber: getlogo.net

IsDB merupakan bank pembangunan multilateral (multilateral development bank/MDB) yang bekerja untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan mendorong pembangunan sosial dan ekonomi di negara-negara anggota dan komunitas Muslim di seluruh dunia.

Dengan demikian, IsDB memandang penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Jadi, IsDB tidak sekadar memberikan bantuan pembangunan secara finansial, tapi juga berupaya untuk menyasar pengembangan sumber daya manusia secara menyeluruh.

Program IsDB Scholarhip ini penting karena merupakan bagian dari inisiatif pembangunan yang dipimpin oleh IsDB dengan cara meningkatkan pemahaman akan teknologi dan ilmu pengetahuan antar negara anggota dan komunitas Muslim di negara non-anggota.

Persyaratan

IsDB Scholarship - IsDB HQ
Kantor pusat IsDB. Sumber: minanews.net

Pada dasarnya, setiap jenjang yang ditawarkan memiliki persyaratan masing-masing. Berikut merupakan persyaratan secara umum yang dicanangkan oleh IsDB Scholarship.

  1. Warga negara dari negara-negara anggota IsDB atau komunitas Muslim dari negara non anggota
  2. Memiliki nilai yang baik untuk jenjang pendidikan yang telah ditempuh sebelumnya. Baik untuk sekolah menengah maupun jenjang sarjana atau magister
  3. Tidak menerimana jenis beasiswa lainnya
  4. Sehat secara medis dan bersedia melakukan tes kesehatan setelah proses seleksi

Bagi yang ingin mendaftar program doktoral, maka diharuskan memiliki pengalaman penelitian atau kerja sebelumnya. Lalu, juga telah memiliki proposal penelitian yang akan diajukan.

Program yang ditawarkan

Pada dasarnya, program yang ditawarkan sangatlah beragam. Mulai dari rumpun ilmu kesehatan, sains, teknologi, maupun sosial. Yang pasti, keseluruhan program yang ditawarkan bertujuan untuk meningkatkan upaya mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Berikut beberapa program yang ditawarkan:

  1. Sustainable Agriculture
  2. Education
  3. Education for Sustainable Development
  4. Climate Change
  5. Energy
  6. Sustainable Cities
  7. Responsible Growth
  8. Waste Management
  9. Population Growth
  10. Green Chemistry
  11. Biodiversity
  12. Plastic pollution and Micro-plastics
  13. Water and Hygiene
  14. Health
  15. ICT for Development
  16. Innovation & Infrastructure Development
  17. Islamic Economics, Finance and Banking
  18. Development-related Social Science

Apa saja yang didapatkan?

NUU - IsDB Scholarship
National University of Uzbekistan (NUU), salah satu universitas mitra dari IsDB Scholarship. Sumber: uzbek.org.uk

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, program beasiswa ini merupakan program beasiswa penuh. Jadi, kamu akan mendapatkan tunjangan setiap bulan sesuai dengan negara di mana kamu berkuliah. Kemudian, biaya perkuliahan juga akan dibayarkan oleh IsDB.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan jaminan perawatan kesehatan di rumah sakit pemerintah atau universitas apabila kamu mengalami masalah kesehatan. Tentunya, kamu juga mendapatkan tiket pesawat pulang-pergi menuju ke negara tempat universitas yang kamu pilih.

Universitas-universitas yang telah bermitra dengan IsDB Scholarship

Untuk mendapatkan beasiswa ini, calon pendaftar dapat memilih berkuliah di negara asalnya asalkan program studi yang ditempuh sesuai dengan apa yang diharapkan oleh IsDB. Apabila program yang kamu inginkan tidak tersedia, maka kamu bisa mendaftar di universitas yang telah menjadi mitra dari IsDb seperti National University of Uzbekistan dan Tashkent University of Information Technologies.

Demikianlah informasi beasiswa S1-S3 yang disediakan oleh IsDB Scholarship Programme 2020. Apabila kamu tertarik dengan program beasiswa yang satu ini, maka kamu masih punya kesempatan hingga 28 Februari 2020 mendatang.

Terus semangat ya, Anak Rantau!

Baca juga Weidenfeld-Hoffmann Scholarship, Beasiswa untuk Orang Indonesia di Oxford University 2020

Ingin mengetahui cerita lain di Tashkent?