fbpx

Ingin Raih Skor IELTS Tinggi Tanpa Mengeluarkan Banyak Biaya? Ini Tips dan Triknya

Buat kamu yang punya impian untuk kuliah atau kerja ke luar negeri, salah satu syarat yang umumnya harus dilengkapi yaitu nilai IELTS yang melampaui standar tertentu. Seiring semakin banyaknya persebaran informasi melalui internet, kini belajar IELTS tidak perlu mengeluarkan banyak biaya cukup dengan memanfaatkan informasi yang ada, loh! Berikut tips and tricknya untuk masing-masing bagian:

1. Part 1: Reading

Sumber gambar: sciencemag.org

Di bagian ini, kamu perlu menjawab 40 pertanyaan pilihan ganda yang didasarkan pada 3 artikel yang cukup panjang (1-2 halaman) dalam waktu 60 menit. Untuk bisa menaklukkan bagian ini dengan mudah, kamu dapat memulai latihan dengan membiasakan membaca artikel-artikel berbahasa Inggris di internet dalam berbagai macam topik. Kemudian kamu dapat mencoba contoh-contoh soal di internet untuk mengetahui pola soal yang sering ditanyakan di tes IELTS. Semakin kamu terbiasa membaca artikel dalam Bahasa Inggris, semakin cepat dan mudah kamu akan menyelesaikan bagian ini. 

2. Part 2: Listening

Sumber gambar: ieltsscore.com

Bagian listening terdiri atas 40 soal yang didasarkan pada 30 menit rekaman audio. Untuk bagian ini, peserta tes harus menjawab dengan kata atau kalimat atau huruf, bergantung kepada petunjuk dari masing-masing part soal. Karena bukan berupa soal pilihan ganda, kamu harus benar-benar menyimak pembicaraan atau bacaan yang diperdengarkan dan menguasai banyak kosakata yang diperuntukkan untuk menulis jawaban. Kuncinya adalah dengan banyak membaca artikel berbahasa Inggris untuk memperkaya kosakata sekaligus mendengarkan dan menonton video/rekaman berbahasa Inggris tanpa subtitle, misalnya dengan menonton TV Show atau mendengarkan radio yang berbahasa Inggris. A very fun way to study, dan sangat efektif untuk membantu meningkatkan pemahaman Bahasa Inggris. Ohya, di ujian nanti juga akan ada berbagai aksen Bahasa Inggris yang diperdengarkan; bisa American, British, Australian, dan aksen-aksen lainnya, jadi jangan lupa untuk menonton dan mendengarkan berbagai rekaman Bahasa Inggris dari berbagai aksen ya!

3. Part 3: Writing

Sumber gambar: studyinternational.com

Bagian writing terdiri dari 2 part: Task 1 dan Task 2, dan keduanya harus diselesaikan dalam waktu 60 menit. Writing task 1 mengharuskan peserta mendeskripsikan grafik, tabel, peta, dan sejenisnya dalam minimal 150 kata, sedangkan untuk Task 2 peserta diharuskan untuk menulis esai sesuai topik yang sudah ditentukan dengan minimal 250 kata. Untuk Task 1, karena jenis-jenis soalnya cukup monoton maka kamu dapat untuk mencermati pola yang diperlukan dalam setiap jenis soal untuk mendapatkan nilai yang tinggi. Task 2 memiliki jenis soal yang lebih beragam, namun masih ada pola yang dapat dipelajari dan beberapa kosakata yang dapat dihafalkan untuk mendapatkan nilai yang tinggi. Untuk informasi jenis-jenis soal yang lebih lengkap beserta tips dan contoh jawabannya dapat dilihat pada website berikut:

Untuk Task 1: https://ieltsliz.com/ielts-writing-task-1-lessons-and-tips/

Untuk Task 2: https://ieltsliz.com/ielts-writing-task-2/

4. Part 4: Speaking

Sumber gambar: teachingenglish.org.uk

Speaking umumnya merupakan bagian terakhir dari tes IELTS, dan biasanya dilangsungkan pada jadwal terpisah dari bagian tes lainnya. Pada bagian ini peserta tes akan berhadapan dengan penguji selama sekitar 15 menit dan secara garis besar dibagi menjadi 3 bagian. Part 1 yaitu tanya jawab ringan mengenai bahasan sehari-hari yang berlangsung sekitar 4-5 menit. Part 2 yaitu menceritakan suatu topik yang diberikan oleh penguji dalam waktu 1-2 menit, dengan waktu persiapan 1 menit. Part 3 yaitu tanya jawab berdasarkan part 2 dalam waktu 4-5 menit. Untuk menguasai bagian ini, kamu dapat mencari contoh-contoh pertanyaan di internet dan berlatih dengan teman. Kamu juga dapat mencari contoh-contoh bagaimana cara menjawab untuk mendapatkan nilai yang tinggi di platform-platform seperti Youtube dan mencoba mengikuti cara mereka, dengan keyword seperti: “IELTS Speaking Test band 9”.

Nah itu dia tips and tricks untuk belajar IELTS secara mandiri tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya! Untuk informasi pendaftaran tes IELTS, dapat dilihat di website British Council (https://www.britishcouncilfoundation.id/tes/ielts/jadwal-tes-biaya-lokasi) atau IDP Indonesia (https://www.idp.com/indonesia/ielts/online-test-registration/). Semangat dan semoga sukses! 🙂