fbpx

Ingin Kuliah di Hungaria? Yuk, Intip Rekomendasi 5 Universitas Keren Berikut Ini

Sebagai salah satu negara yang sangat ramah terhadap siswa internasional, Hungaria bisa menjadi salah satu negara tujuan bagi kamu untuk berkuliah. Meskipun tidak seterkenal negara-negara di Eropa Barat seperti Inggris, Jerman, dan juga Perancis, nyatanya Hungaria berupaya untuk terus menarik minat siswa internasional untuk menempuh studi di institusi pendidikan tinggi mereka.

Lalu, kira-kira universitas apa saja sih yang ada di Hungaria? Berikut rekomendasi kami untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Hungaria.

1. University of Szeged

anakrantau-szeged-university
University of Szeged. Sumber: youtube.com

Menginginkan sebuah kampus yang paling hijau? Maka akan sangat tepat apabila kamu memilih University of Szeged sebagai pilihan kamu. Universitas yang terletak di kota terbesar ketiga di Hungaria ini, Szeged, menawarkan berbagai kesempatan pertukaran pelajar di bawah skema program Erasmus dan juga beasiswa bagi siswa internasional. Lalu, kamu tidak perlu khawatir karena hampir semua perkuliahan di universitas ini menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar.

Salah satu pengajar terkenal dari universitas ini adalah Albert SzentGyörgyi, salah satu pendiri Faculty of Science yang juga pernah mendapatkan penghargaan Nobel di bidang Fisiologi atau kedokteran pada tahun 1937 atas usahanya mengisolasi vitamin C.

2. Eötvös Loránd University

anakrantau-eotvos-lorand
Sumber: erasmusu.com

Eötvös Loránd University atau Eötvös Loránd Tudományegyetem (ELTE) merupakan salah satu universitas yang terletak di Budapest. ELTE dikenal sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi terluas dan prestisius di Hungaria. Terdapat 8 fakultas di ELTE dan mereka menawarkan program dari berbagai bidang ilmu, mulai dari hukum dan ilmu politik, humaniora, informatika, pendidikan dan psikologi, ilmu sosial, dan juga sains.

Karl Polanyi, salah seorang pemikir politik, ekonomi, dan sosial yang terkenal akan konsep yang ia ajukan, substantivisme, merupakan salah seorang alumni dari ELTE. 

3. University of Debrecen

anakrantau-debracen.jpg
Sumber: studyabroad.ku.edu

Terletak di kota terbesar kedua di Hungaria, Debrecen, University of Debrecen memiliki beberapa program unggulan, seperti agrikultur dan kehutanan, kedokteran, dan juga bahasa modern. Sama seperti universitas lain di Hungaria, University of Debrecen juga sangatlah ramah terhadap siswa internasional. 

Setidaknya, telah ada lebih dari 5.000 siswa internasional yang berkuliah di universitas ini, termasuk dari Eropa, Timur-Tengah, Afrika, maupun Amerika Utara. Terdapat lebih dari 60 program yang ditawarkan dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

4. Corvinus University of Budapest

anakrantau-corvinus.jpg
Sumber: jeduka.com

Corvinus University of Budapest merupakan universitas yang berfokus pada riset dan pendidikan. Administrasi bisnis, ekonomi, dan ilmu sosial menjadi tiga disiplin ilmu yang paling menonjol di universitas ini. Yang menarik dari universitas ini adalah, bangunan kampus utamanya sekarang merupakan bagian dari warisan dunia UNESCO. Yap, gedung kampus yang berhadapan langsung dengan laut ini memang masih sangat kental unsur arsitekturnya.

5. Budapest University of Technology and Economics

anakrantau-budapest-technology
Sumber: flickr.com

Terletak tepat di seberang Corvinus University of Budapest, Budapest University of Technology and Economics atau Budapesti Műszaki és Gazdaságtudományi Egyetem (BME), merupakan universitas di bidang teknologi yang paling berpengaruh di Hungaria. Bahkan, BME juga disebut-sebut merupakan institut teknologi tertua di dunia. Ya, BME merupakan institusi pertama di Eropa yang menempa hidup para teknisi di tingkat universitas. Universitas ini didirikan pada tahun 1782.

Itulah 5 universitas keren yang berada di Hungaria. Kelimanya sama-sama ramah terhadap siswa internasional. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan diversitas yang ada di universitas-universitas tersebut.


Ingin mengetahui cerita lain di Budapest?