fbpx

Informasi Perkuliahan di Malaysia: Mahasiswa Baru Dilarang Masuk

Dear, Kawan Rantau! Education Malaysia Global Services (EMGS) baru saja mengumumkan bahwa pelajar internasional diperbolehkan untuk masuk kembali ke Malaysia. Sedangkan, para mahasiswa baru yang akan memulai perkuliahan di Malaysia pada tahun ini belum bisa memasuki Negeri Jiran tersebut.

Pimpinan dari EMGS, Mohd Radzlan Jalaludin menyatakan bahwa kesehatan masyarakat saat ini menjadi prioritas utama dari Pemerintah Malaysia. Maka dari itu, keputusan mengenai mahasiswa baru tersebut diambil.

“Peningkatan kasus COVID-19 bawaan menjadi alasan utama mengapa keputusan ini diambil. Tentunya, untuk menahan masuknya pelajar internasional baru sekarang ini. Situasi sekarang ini masih sangat tidak stabil, sehingga kami akan memberitahukan lebih lanjut kapan waktu yang tepat bagi para pelajar internasional untuk masuk ke Malaysia.”

Pelajar diperbolehkan kembali ke Malaysia

perkuliahan di malaysia
Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob. Sumber: thestar.com.my

Pada bulan Juni, Menteri Keamanan senior Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob menyatakan bahwa pelajar internasional, baik yang menempuh studi di universitas maupun sekolah internasional, diperbolehkan kembali ke Malaysia untuk melanjutkan studi mereka.

Berdasarkan EMGS, pelajar internasional boleh melanjutkan kembali perkuliahan mereka di Malaysia apabila memenuhi sejumlah persyaratan berikut:

  1. Memegang kartu pelajar yang valid
  2. Melakukan registrasi di EMGS
  3. Mendapatkan izin travel dari Direktur Jenderal, Departemen Imigrasi Malaysia
  4. Melengkapi Letter of Undertaking (LoU) dan Indemnity for Person Under Surveillance
  5. Mendapatkan surat persetujuan (izin masuk) dari Malaysian Mission terakreditasi di luar negeri.

Pelajar internasional yang kembali harus menjalani masa karantina

Bulan lalu, Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia, Datuk Noraini Ahmad menyatakan bahwa seluruh pelajar internasional yang terdaftar di EMGS, harus menjalani pemeriksaan kesehatan dan karantina selama 14 hari sebelum diperbolehkan masuk ke Malaysia.

Para pelajar harus menjalani tes PCR atau rapid di negara asal mereka tiga hari sebelum mereka masuk Malaysia. Hal ini untuk memastikan bahwa mereka negatif dari COVID-19.

Kemudian, ketika sampai, para pelajar internasional harus menjalani masa karantina di tempat yang telah ditentukan oleh Pemerintah Malaysia.

Tidak ada pelajar internasional baru

perkuliahan di malaysia
Universiti Malaya. Sumber: rojakdaily.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aturan terbaru mengenai masa karantina dan pemeriksaan kesehatan tidak berlaku bagi mahasiswa baru. Hal ini disebabkan oleh aturan bahwa para pelajar internasional baru tidak diperkenankan untuk masuk ke Malaysia hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Tentu langkah ini memang harus diambil untuk menekan jumlah penyebaran COVID-19. Akan tetapi, di sisi lain, keputusan ini dikhawatirkan akan berdampak pada perguruan tinggi swasta yang sangat terdampak pandemi COVID-19.

Bagi kamu yang akan melanjutkan studi di Malaysia, maka bersiaplah untuk kemungkinan tidak bisa menjalani perkuliahan di sana untuk semester ini. Terus cari tahu informasi terbaru dari universitasmu dan juga situs resmi pemerintah.

Baca juga informasi terbaru perkuliahan di Korea Selatan.

For Your Information

Bagaimana nasib pelajar internasional di Malaysia?

Bagi mahasiswa lama, mereka diperbolehkan kembali. Sedangkan, para mahasiswa tidak diperbolehkan untuk masuk ke Malaysia sampai waktu yang tidak ditentukan.

Mengapa pelajar internasional tidak diperbolehkan masuk ke Malaysia?

Tentu saja hal ini berhubungan dengan COVID-19. Informasi selengkapnya dapat kamu baca di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Kuala Lumpur?