fbpx

Informasi Perkuliahan di Korea Selatan, Anjuran untuk Kuliah Daring

Para pelajar internasional yang mendaftar di Korea Selatan untuk semester musim gugur ini, dianjurkan melaksanakan perkuliahan daring di negara asal mereka. Hal ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menekan angka penyebaran COVID-19.

Anjuran pemerintah

Sumber: studyinternational.com

Dilansir dari The Korea Times, para pelajar internasional yang masuk ke Korea diharuskan untuk melewati sejumlah prosedur khusus, termasuk melakukan karantina mandiri.

Akan tetapi, pemerintah Korea Selatan lebih menganjurkan para pelajar internasional untuk tetap berada di negara asal mereka dan melaksanakan perkuliahan secara daring.

Data yang dihimpun oleh Kementerian Pendidikan Korea Selatan, pada tengah tahun pertamai, terdapat 37.375 pelajar internasional yang masuk ke Korea Selatan. Dari jumlah tersebut, 23 orang terkonfirmasi terinfeksi COVID-19. Enam belas di antaranya teridentifikasi positif saat masa karantina, sedangkan tujuh lainnya saat menjalani screening di bandara.

Menurut aturan yang ada sekarang, seluruh orang yang datang ke Korea Selatan, harus menjalani tes COVID-19 dan juga melakukan karantina selama empat belas hari. 

Popularitas Korea Selatan meningkat

Sumber: studyinternational.com

Berdasarkan hasil analisis dari Bridge-U mengenai keputusan pelajar untuk berkuliah pada tahun 2020 dan 2021, ditunjukkan bahwa para pelajar internasional masih ingin kuliah di luar negeri meskipun pandemi COVID-19 masih berjalan.

Bridge-U juga sempat mengupas rencana perkuliahan dari para lulusan tahun 2020. Pada dasarnya, memang banyak pelajar yang mengubah rencana studi mereka. Ada yang berencana untuk memundurkan awal perkuliahan mereka, ada juga yang berpindah negara. 

Kali ini, berdasarkan hasil analisis Bridge-U, ternyata popularitas dari Korea Selatan malah meningkat di tengah pandemi ini. Setidaknya, popularitas dari Korea telah meningkat hingga 52%. 

Keyakinan akan keamanan serta tindakan pemerintah dalam menangani COVID-19 menjadi sejumlah alasan mengapa popularitas dari negara satu ini menjadi populer.

Well, kalau kamu termasuk pelajar yang akan melanjutkan perkuliahan di Korea Selatan pada tahun ini, Kawan Rantau, maka lebih baik kamu pastikan prosedur seperti apa yang berjalan di universitas kamu. 

Tetap semangat untuk menempuh perkuliahan kamu ke depannya ya, Kawan Rantau.

Baca juga informasi perkuliahan di Hong Kong di tengah gelombang baru COVID-19.

For Your Information

Bagaimana prosedur bagi pelajar internasional yang masuk Korea?

Para pelajar harus melakukan tes COVID-19 dan karantina mandiri selama 14 hari.

Apa yang dianjurkan pemerintah untuk pelajar internasional?

Tetap di negara asal dan melaksankan perkuliahan secara daring. Lengkapnya bisa kamu baca di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Seoul?