fbpx

Informasi Perkuliahan di Hong Kong di Tengah Gelombang Baru COVID-19

Universitas-universitas di Hong Kong akan memulai perkuliahan kembali pada September 2020 meskipun mereka sedang bergulat dengan gelombang terbaru dari kasus COVID-19.

Setelah sebelumnya menjadi model dalam menangani pandemi, dengan kehidupan sehari-hari dan pendidikan tidak begitu terganggu, kemarin Hong Kong berada di ujung tanduk karena jumlah kasus COVID-19 yang melonjak.

Pada hari Jumat lalu (17/07/2020), pemerintah Hong Kong menyatakan bahwa taman kanan-kanan serta sekolah dasar dan menengah akan ditutup hingga pemberitahuan selanjutnya.

Lalu, bagaimana perkembangan ini berdampak pada universitas? Berikut merupakan sejumlah informasi mengenai pelaksanaan perkuliahan di Hong Kong di tengah gelombang baru COVID-19.

Perkuliahan daring masih berjalan

Perkuliahan di Hong Kong
Sumber: tl.hku.hk

Kedelapan universitas negeri di Hong Kong telah mengubah perkuliahan tatap muka mereka menjadi perkuliahan daring.

Nah, pada September mendatang, universitas-universitas di Hong Kong secara perlahan akan kembali dibuka untuk kelas tatap muka. Berdasarkan laporan dari South China Morning Post, terdapat 5 universitas yang kemungkinan akan buka kembali pada September mendatang. Kelima universitas tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Hong Kong University
  2. Hong Kong University of Science and Technology
  3. Chinese University
  4. City University
  5. Lingnan University

Di HKU, para pelajar internasional yang tidak dapat kembali ke Hong Kong karena batasan visa dan isu larangan penerbangan, dapat mengakses materi secara daring untuk tiga minggu awal semester.

CityU untuk semester ini akan melaksanakan perkuliahan daring secara penuh. Sedangkan, Lingnan University mengadopsi pembelajaran campuran dengan menggabungkan perkuliahan tatap muka dan daring. Apabila semuanya berjalan “baik-baik saja”, maka Lingnan berencana akan membuka kampus sepenuhnya.

Kelas ukuran kecil dapat berjalan kembali

Sumber: cetl.hku.hk

Apakah kelas tatap muka dapat berjalan kembali atau tidak akan bergantung pada kebijakan dari universitasmu. Apabila kelasmu merupakan kelas dengan jumlah siswa yang sedikit dan mampu dilaksanakan di ruangan yang memungkinkan untuk menerapkan penjarakan sosial, maka kemungkinan kelas tersebut akan berjalan secara tatap muka.

Sebagai contoh, HKU memperbolehkan sesi kelas tatap muka untuk siswa tidak lebih dari 25 orang. Apabila lebih dari jumlah tersebut, maka kelas akan dilaksanakan secara daring.

Tenggat waktu pendaftaran yang fleksibel 

Pendaftaran perkuliahan di HKU akan berakhir pada 20 Agustus 2020. Dokumen lainnya seperti transkrip akademik dan surat rekomendasi dapat diserahkan setelah kamu menyerahkan pendaftaran ke HKU.

CUHK juga memberlakukan kebijakan yang sama. Hal ini mengingat sejumlah pelaksanaan tes terstandar yang dibatalkan. Dengan demikian, persyaratan pendaftaran menjadi sedikit berbeda dan tenggat waktu pendaftaran pun jadi lebih fleksibel.

Aturan khusus dari negara berisiko, termasuk Indonesia

Perkuliahan di Hong Kong
Sumber: thejakartapost.com

Para pelajar yang berasal dari Kazakhstan, Amerika Serikat, Bangladesh, India, Indonesia, Nepal, Pakistan, Filipina, dan Afrika Selatan yang akan datang ke Hong Kong diwajibkan melampirkan sejumlah dokumen berikut ini:

  1. Sertifikat kesehatan dalam bahasa Inggris atau Mandarin yang dikeluarkan oleh institusi kesehatan terkait yang menyatakan bahwa pelajar tersebut negatif COVID-19.
  2. Hasil tes COVID-19 asli.
  3. Surat dalam Bahasa Inggris atau Mandarin yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat untuk mengakui bahwa institusi kesehatan yang kamu pilih.
  4. Memiliki konfirmasi dalam bahasa Inggris atau Mandarin mengenai reservasi kamar di hotel untuk karantina selama 14 hari.

Informasi selengkapnya mengenai seluruh aturan ini dapat kamu baca di sini.

Apabila kamu memang harus kembali ke Hong Kong, maka ketahui terlebih dahulu aturan-aturan yang berlaku. Cari tahu seluruh detail kebijakan dari pemerintah Hong Kong dan juga universitasmu.

Baca juga informasi mengenai Taiwan yang mencabut larangan perjalanan untuk 13 negara.

For Your Information

Apakah saya bisa kembali ke Hong Kong?

Hal ini tergantung dari kebijakan universitas kamu, Kawan Rantau.

Apakah perkuliahan tatap muka akan dilaksanakan?

Apabila memungkinkan, mulai bulan September, universitas-universitas di Hong Kong akan membuka kembali kampus mereka. Selengkapnya dapat kamu baca di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Hong Kong?