fbpx

IIT Bombay Gunakan Virtual Reality (VR) untuk Rayakan Wisuda Daring

Akibat pandemi COVID-19, sejumlah universitas di dunia tidak dapat melaksanakan upacara wisuda. Maka dari itu, salah satu universitas teknik terkemuka di India, Indian Institute of Technology Bombay (IIT Bombay) melaksanakan wisuda daring menggunakan VR.

Upacara wisuda dengan VR

Sumber: mumbaimirror.indiatimes.com

Pada 23 Agustus 2020, IIT Bombay mengadakan wisuda virtual bagi lulusan tahun 2020. Pelaksanaan wisuda daring ini menarik karena bukan sekadar wisuda lewat zoom. Pihak universitas membuat avatar untuk setiap mahasiswa, staf pengajar, dan pembicara.

Avatar para siswa ini nantinya dapat berjalan ke panggung dan menerima langsung ijazah mereka. Uniknya lagi, para mahasiswa ini bisa bercengkerama dengan teman di sekitarnya sembari mengelilingi lingkungan kampus secara virtual.

Dalam satu pernyataan, pihak universitas menyatakan bahwa mereka ingin memberikan suatu “kebanggaan” bagi mereka yang lulus saat pandemi. Maka dari itu, mereka pun mengusahakan upacara virtual ini.

“Menyediakan pengalaman realitas virtual untuk para lulusan ini bukan sekadar langkah yang inovatif, tapi juga usaha yang sangat besar dari profesor dan staf IIT Bombay,” ujar Prof. Subhasis Chaudhuri selaku rektor dari IIT Bombay.

“Para profesor dan staf melakukan hal ini untuk para siswa. Harapannya, hal ini akan mendorong para lulusan IIT Bombay maupun teknisi pada umumnya untuk berpikir besar dan inovatif.”

Disiarkan secara daring

Sumber: cnn.com

Perayaan yang melibatkan 2.000 siswa ini disiarkan secara langsung melalui dua saluran televisi lokal, YouTube, dan juga Facebook Live.

ÏIT Bombay menekankan bahwa, “Kami berpikir sangatlah tepat untuk mengadakan wisuda virtual menggunakan VR untuk para lulusan. Selain tidak membahayakan kesehatan mereka, pada waktu yang sama tetap memberikan penghargaan atas pencapaian mereka.”

Pada dasarnya, IIT Bombay merupakan salah satu universitas teknik terkemuka di India. Salah satu tokoh terkenal dari IIT Bombay adalah CEO Google, Sundar Pichai.

Duncan Haldane, penerima penghargaan Nobel di bidang Fisika pada tahun 2016 sekaligus merupakan profesor di Princeton University, diundang sebagai salah satu pembicara dalam acara ini.

Perdana Menteri India, Narendra Modi menyatakan bahwa wisuda virtual ini merupakan campuran dan tradisi dan teknologi yang luar biasa.

Sebelumnya, pada akhir Maret 2020, Business Breakthrough University di Tokyo, Jepang merupakan salah satu universitas yang pertama kali mengadakan wisuda daring. Kala itu, BBT memanfaatkan para robot yang dijadikan perwakilan bagi para mahasiswa.

Pada dasarnya, universitas-universitas di dunia mengusahakan jalan terbaik untuk merayakan kelulusan para mahasiswa tahun 2020 ini. Meskipun di tengah pandemi, banyak universitas yang berupaya untuk membuat perayaan demi menghargai kerja keras para mahasiswa.

For Your Information

Bagaimana cara IIT Bombay merayakan wisuda virtual?

Mereka memnafaatkan Virtual Reality (VR) untuk meramaikan perayaan ini.

Mengapa IIT Bombay memilih untuk memanfaatkan VR?

Baca keterangan lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Mumbai?