fbpx

Heinrich Böll Scholarships: Beasiswa S2 dan S3 di Jerman

Heinrich Böll Foundation merupakan yayasan politik independen Jerman yang berfokus pada gagasan hijau. Tugas utama dari yayasan ini adalah memberikan pendidikan politik di dan luar Jerman dengan mempromosikan keinginan demokratis, komitmen sosio-politik, dan pemahaman internasional. Salah satu program yang dijalankan oleh yayasan ini adalah Heinrich Böll Scholarship, sebuah skema beasiswa bagi para pelajar S2 dan S3 di Jerman.

Tentang Heinrich Böll Scholarship

Heinrich Böll Foundation. Sumber: architonic.com

Setiap tahunnya, Heinrich Böll Foundation memberikan beasiswa untuk 1.200 mahasiswa S2 hingga S3. Beasiswa ini terbuka bagi siapa saja yang ingin melanjutkan studi di jerman, baik di universitas negeri, universitas sains terapan, maupun universitas seni.

Persyaratan utama bagi penerima beasiswa ini haruslah merupakan pelajar dengan nilai akademis yang baik dan memiliki komitmen terhadap isu sosial-politik. Kemudian, pelajar tersebut juga memiliki ketertarikan pada nilai-nilai dasar dari yayasan, yakni ekologi dan keberlanjutan, demokrasi dan hak asasi manusia, self determination, dan keadilan.

Selain persyaratan di atas, kamu juga harus memiliki kecakapan berbahasa Jerman untuk bisa mendaftar beasiswa ini. Setidaknya, kamu harus memiliki sertifikasi tingkat B2 atau DSH2.

Apa yang bisa saya dapatkan?

Bagi pelajar S2 yang berasal dari luar Uni Eropa, maka kamu berhak mendapatkan dana beasiswa sebesar €850 per bulan ditambah dengan tunjangan yang bervariasi untuk masing-masing individu. Kemudian, kamu juga bisa mendapatkan pembebasan biaya perkuliahan. 

Kemudian, untuk pelajar PhD, kamu berhak mendapatkan dana beasiswa sebesar €1.200 per bulan ditambah dengan €100 tunjangan mobilitas per bulan. Ditambah pula dengan tunjangan individu yang nilanya bervariasi. Untuk program PhD, beasiswa ini tidak termasuk biaya perkuliahan.

Bagaimana cara mendaftar?

Sumber: studying-in-germany.org

Pertama, kumpulkan seluruh informasi proses pendaftaran yang kamu butuhkan. Sejumlah dokumen yang harus kamu lampirkan saat mendaftar beasiswa ini adalah, Info Sheet A1-1, formulir pendaftaran dalam bahasa Jerman, serta surat referensi.

Kemudian, kamu bisa mulai mendaftarkan diri melalui portal pendaftaran daring yang telah tersedia. Kunjungi tautan berikut ini untuk tahu lebih lanjut. Jangan lupa untuk melampirkan seluruh dokumen yang diminta. Pastikan kamu telah mengunggah seluruh dokumen dan mengirimkan aplikasi pendaftaran sebelum tenggat waktu pendaftaran berakhir.

Biasanya, tenggat waktu pendaftaran untuk Heinrich Böll Scholarship jatuh pada 1 Maret dan 1 September setiap tahunnya.

Demikianlah pembahasan kami mengenai beasiswa S2 dan S3 di Jerman ini, Kawan Rantau. Apabila kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa ini, maka jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan menguasai bahasa Jerman terlebih dahulu.

Jangan lupa baca juga pilihan universitas terbaik di Jerman yang harus kamu tahu untuk kuliah tahun 2020.

For Your Information

Apa itu Heinrich Böll Foundation?

Heinrich Böll Foundation merupakan yayasan politik independen Jerman yang berfokus pada gagasan hijau. Tugas utama dari yayasan ini adalah memberikan pendidikan politik di dan luar Jerman dengan mempromosikan keinginan demokratis, komitmen sosio-politik, dan pemahaman internasional.

Apa itu Heinrich Böll Scholarship?

Setiap tahunnya, Heinrich Böll Foundation memberikan beasiswa untuk 1.200 mahasiswa S2 hingga S3 dengan nama Heinrich Böll Scholarship.

Bagaimana cara mendaftar Heinrich Böll Scholarship?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Berlin?