fbpx

Haruskah Saya Menerima Tawaran Perkuliahan Pada Tahun 2020?

Pandemi COVID-19 masih terus memberikan ketidakpastian bagi para pelajar untuk melanjutkan kuliah. Banyak pula pelajar yang akhirnya memutuskan untuk menunda awal perkuliahan mereka karena hal ini. Apabila kamu termasuk pelajar yang akan melanjutkan kuliah di luar negeri pada tahun 2020, berikut sejumlah pertimbangan bagimu untuk menerima tawaran perkuliahan yang diberikan.

Apakah pelajar internasional disambut dengan baik?

Sumber: delacourcommunication.org

Saat ini, setiap universitas di dunia berupaya untuk menjalankan mekanisme khusus untuk melaksanakan perkuliahan di tengah pandemi.

Yang harus kamu pahami, sejumlah negara saat ini mengetatkan larangan perjalanan dan memberlakukan pembatasan. Maka dari itu, pastikan dulu negara tujuan kamu ramah terhadap kedatangan internasional. Apabila kamu merasa negara tujuanmu tidak cukup ramah terhadap pelajar internasional untuk saat ini, maka pertimbangkan negara alternatif lainnya.

Kemudian, periksa juga bagaimana universitas tujuanmu tersebut akan membantu pelajar internasional untuk sampai di kampus. Perhatikan pengumuman menyeluruh mengenai mekanisme ini dari situs resmi universitas.

Apakah biaya perkuliahan berlaku sepenuhnya?

Sumber: lakeheadu.ca

Sampai sejauh ini, kebanyakan universitas memberlakukan biaya perkuliahan penuh, meski perkuliahan dilaksanakan secara daring. Hal inilah yang diterapkan di Inggris. Tentunya, kondisi ini menuai keberatan dari sejumlah mahasiswa. Apakah perlu untuk membayar biaya penuh?

Jadi, pertimbangkan kondisi finansialmu apabila kamu memang akan mengambil tawaran perkuliahan pada tahun 2020 ini, Kawan Rantau. Mungkin, kamu bisa sedikit bernapas lega apabila kamu mendapatkan beasiswa. Akan tetapi, apabila kamu termasuk pelajar self-funding, maka bersiaplah dengan kemungkinan membayar biaya kuliah secara penuh.

Dengan demikian, apabila kamu akan menerima tawaran perkuliahan pada tahun 2020, pertimbangkan seluruh faktor yang ada. Faktor di sini lebih kepada pertimbangan finansial dan seberapa berpengaruhnya keputusanmu ini berdampak untuk karirmu ke depanya.

Jadi, lakukan riset secara menyeluruh mengenai kemungkinan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri pada tahun 2020, bertanya pada pihak universitas, dan tentunya keluarga. Selalu semangat untuk melajutkan studi kamu ya, Kawan Rantau.

For Your Information

Bagaimana COVID-19 memengaruhi perkuliahan ke luar negeri?

Banyak negara yang memberlakukan larangan perjalanan. Kemudian, tidak semua negara menerima kedatangan pelajar internasional dengan tangan terbuka.

Apakah saya perlu menerima tawaran perkuliahan pada tahun 2020?

Bacalah artikel ini untuk memahami pertimbangan-pertimbangan yang harus kamu pikirkan.

Ingin mengetahui cerita lain di Amsterdam?