fbpx

Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memutuskan Kuliah di Denmark

Denmark sudah bukan sekadar negara Skandinavia yang terkenal hanya karena budaya, kuliner, dan sejarahnya. Selain sebagai destinasi wisata, Denmark telah mulai mendapatkan reputasi sebagai tempat tujuan kuliah di antara negara-negara Skandinavia. Iya, Denmark telah menjadi salah satu educational hub yang sebaiknya tidak kamu lewatkan.

Apabila kamu berminat untuk kuliah di Denmark, maka berikut sejumlah hal yang harus kamu tahu mengenai negara yang satu ini.

Tentang Denmark

Sumber: insider.com

Saat ini, Denmark dipimpin oleh seorang Perdana Menteri perempuan bernama Mette Frederiksen. Frederiksen telah menjabat sebagai perdana menteri sejak Juni 2019 dan merupakan perdana menteri termuda sepanjang sejarah Denmark.

Bahasa resmi dari Denmark adalah Danish (Bahasa Denmark). Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena Bahasa Inggris dan Jerman masih banyak digunakan di negara ini. Jadi, kamu tidak akan terlalu kesulitan bahasa ketika memutuskan untuk tinggal di negara satu ini.

Denmark dikenal sebagai salah satu dari lima negara teraman di dunia. Hal ini didukung pula dengan sistem transportasi umum yang sangat efisien.

Universitas papan atas dunia

Sumber: expat.com

Pelajar internasional akan menemukan bahwa Denmark sangatlah menarik untuk dijadikan negara tujuan kuliah. Banyak sekali program berbahasa Inggris yang ditawarkan oleh universitas di Denmark.

Sejumlah universitas papan atas pun ada di Denmark. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. University of Copenhagen
  2. Technical University of Denmark
  3. Aarhus University
  4. Aalborg University
  5. University of Southern Denmark (SDU)

Berapa biaya kuliah di Denmark?

Dilansir dari situs Study in Denmark, situs resmi yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan Tinggi Denmark, disebutkan bahwa biaya pendidikan tinggi di Denmark adalah gratis untuk pelajar dari Uni Eropa dan Swiss.

Sedangkan, untuk pelajar lainnya, biaya perkuliahan mencapai 6000-16.000 Euro.

Apakah saya bisa kuliah sambil bekerja di Denmark?

Sumber: cphpost.dk

Kabar baik utukmu, para pelajar internasional di Denmark diperkenakan untuk menjalani kerja paruh waktu. Akan tetapi, ada batasan waktu 20 jam per minggu bagi pelajar internasional non Uni Eropa.

Kemudian, banyak pekerjaan paruh waktu yang ditawarkan di Denmark menuntut kamu untuk menguasai Bahasa Denmark. Jadi, sedikit-sedikit mempelajari bahasa Denmark menjadi sangat penting.

Apakah saya bisa bekerja di Denmark setelah lulus?

Ya! Kamu bisa bekerja di Denmark setelah lulus, Kawan Rantau. Jangan lupa untuk mengurus izin tinggal selama kamu berada di Denmark.

Demikianlah sejumlah hal yang harus kamu tahu mengenai seluk-beluk kuliah di Denmark. Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di salah satu negara Skandinavia ini, Kawan Rantau?

Baca juga hal-hal yang harus kamu tahu sebelum kuliah di India.

For Your Information

Apa saja hal yang membuat Denmark menarik?

Selain sebagai destinasi wisata, Denmark telah mulai mendapatkan reputasi sebagai tempat tujuan kuliah di antara negara-negara Skandinavia

Apa bahasa resmi yang digunakan di Denmark?

Bahasa resmi dari Denmark adalah Danish (Bahasa Denmark). Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena Bahasa Inggris dan Jerman masih banyak digunakan di negara ini.

Apakah saya bisa melajutkan kuliah di Denmark?

Baca artikel ini untuk tahu seluk-beluk mengenai kuliah di Denmark.

Ingin mengetahui cerita lain di Aarhus?