5 Hal Ini Akan Kamu Alami Ketika Kuliah di India!

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar India? Mungkin sebagian dari kamu menganggap remeh karena termasuk negara berkembang dari sisi infrastruktur. Akan tetapi, nyatanya India termasuk negara yang patut diperhitungkan dalam hal pendidikan. Tak jarang, kamu akan mendapatkan pengalaman yang membuatmu sadar bahwa kamu masih payah dalam suatu hal. Terdapat 5 hal yang dapat kamu alami ketika kuliah di India. Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Kamu Akan Merasakan Biaya Hidup dan Pendidikan Terjangkau

Banyak pelajar Indonesia yang pergi ke India karena biaya hidup dan pendidikan jauh lebih murah dibanding negara lainnya. Kalau menurut perhitungan, biaya hidupnya hampir sama dengan wilayah Jabodetabek, bahkan bisa lebih murah dengan kualitas belajar yang terjamin. Hal itu disebabkan karena pemerintah India berpendapat bahwa pendidikan adalah hak konstitusional yang fundamental. Setiap warganya wajib memiliki kebebasan untuk kuliah tanpa khawatir akan biaya.

Biaya kuliah di sana cukup terjangkau. Selain itu, pemerintah juga menyediakan beasiswa bagi penduduk kurang mampu dengan jenjang sarjana dan magister. Pemerintah India tidak ingin menyia-nyiakan warganya yang berbakat, namun terhalang finansial. Contohnya yaitu pemotongan biaya menjadi Rp 45.000 per semester. Wah, murah sekali kan!

Kebijakan tersebut tidak memandang bulu, baik warga lokal maupun internasional mempunyai hak meraih pendidikan setinggi-tingginya. Maka dari itu, India dapat menjadi negara pilihanmu ketika memutuskan belajar di luar negeri. Bagaimana, apakah kamu tertarik?

2. Tidak Terlalu Gegar Budaya

Sumber : keepo.me

Hal yang akan kamu alami selanjutnya yaitu melihat kemiripan budaya dengan Indonesia, contohnya yaitu transportasi publik. Layaknya Jakarta, Mumbai sebagai ibukota India juga menggunakan bajaj dan angkot sebagai moda transportasi umum. Lalu, sebagian masyarakat sana juga makan memakai tangan dan sambal. Kemudian, India juga kental dengan cerita Mahabrata, Ramayana, dan cerita Hindu lainnya. Hal itu mirip dengan cerita sejarah yang berseliweran di Indonesia.

Kesamaan budaya membuat kamu lebih mudah menyesuaikan diri. Jika dilihat, kecenderungan mengalami gegar budaya jauh lebih kecil dibandingkan negara di benua Eropa atau Amerika. Maka dari itu, India cocok bagi kamu yang sering mengalami kesulitan beradaptasi dengan lingkungan baru.Nah, sudah siapkah kamu ke India?

3. Melatih Kemampuan Dalam Berdebat Sesuai Fakta. Wah, Harus Belajar Giat, Nih!

Sumber : Gifer

Jangan remehkan kualitas orang India dalam memaparkan pendapat ilmiah! Debatmu akan menjadi perbincangan yang sia-sia jika tidak berdasarkan fakta data dan lapangan. Kamu akan mengalami pergejolakan pendapat ketika berdebat dengan mahasiswa India. Upaya mereka membuatmu harus membaca lebih banyak dan menganalisis lebih dalam demi memicu obrolan yang berbobot. Rata-rata karakteristik masyarakat India dapat melatihmu untuk meneguhkan pendapat. Tapi, sesuaikan dengan data dan fakta lapangan supaya terkesan intelektual.

4. Menyegarkan Pikiran di Lokasi yang Elok. Ada Salju Juga di Sana !

Sumber : tripsavvy.com

Pengalaman ini akan kamu rasakan ketika kuliah di India. Di sana banyak sekali tempat wisata yang dapat memanjakan mata kamu. Jika kamu penat kuliah, maka nikmati indahnya surga dunia di Kashmir. Sekadar informasi, kamu bisa melihat salju di Kashmir ketika musim dingin. Lalu, kamu juga dapat menikmati liburan yang berbeda dengan berwisata ke gurun Thar di Rajasthan sambil menunggang onta ala dongen Seribu Satu Malam. Tentunya, semua bentangan tempat wisata di India dapat kamu nikmati dengan harga mahasiswa.

5. Melatih Kemampuan Bela Diri Demi Menumpas Kejahatan

SONY DSC

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa India memiliki kemiripan dengan Indonesia dari segi budaya dan keamanan. Beberapa tempat di India memang tidak ramah untuk pejalan solo. Pasalnya, wilayah-wilayah tersebut banyak kejadian tindak kejahatan, seperti copet dan kekerasan seksual. Keadaan yang akan kamu alami ketika kuliah di India memaksamu untuk mengasah keahlian beladiri, setidaknya mengetahui dasarnya. Maksimalkan keamanan diri dengan mempersiapkan senjata mini, seperti air cabe dan payung lipat. Ayo, jadilah mahasiswa tangguh dan jangan takut melawan kejahatan!

Nah, itu dia 5 hal yang akan kamu alami ketika kuliah di India. Tinggal di tanah orang memang tidak semudah yang dibayangkan, namun segalanya dapat diminimalisir dengan mempelajari negara tujuan. Jangan putus harapan untuk kuliah di luar negeri, ya! Sekian artikel kali ini. Sampai jumpa di kampus di India!