fbpx

Hal-hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memutuskan Kuliah di China

Dear, Kawan Rantau! Apakah kamu sedang berpikiran untuk kuliah di China? Tentunya kamu telah melakukan riset secara mendalam mengenai universitas dan juga jurusan tujuanmu. Selain itu, mencari tahu tentang biaya hidup dan perkuliahan juga menjadi penting. Akan tetapi, ada juga sejumlah hal yang harus kamu tahu sebelum memutuskan untuk kuliah di China.

Apa saja hal yang dimaksud? Berikut pembahasan lengkap kami.

Tidak bisa mengakses media sosial konvensional

Sumber: securitywatchdog.org.uk

Pemerintah China memang dikenal cukup ketat dalam mengontrol konten internet di negaranya. Otomatis, hal ini menyebabkan orang-orang yang tinggal di sana tidak dapat mengakses sejumlah platform media sosial konvensional seperti Facebook, Instagram, dan juga produk bawaan Google. Dengan demikian, sebelum berangkat kuliah ke China, pastikan kamu telah mempersiapkan toolkit alternatif yang dapat kamu gunakan.

Kemudian, kamu harus mulai membiasakan diri untuk menggunakan media sosial buatan China seperti Weibo yang mirip dengan Twitter dan juga WeChat yang mirip dengan WhatsApp.

Belajar percakapan dasar dalam Bahasa Mandarin

Memang, sih, banyak universitas di China yang menawarkan program pembelajaran dalam bahasa Inggris. Akan tetapi, tidak semua warga China yang mampu mengerti Bahasa Inggris dengan baik–pengecualian untuk sejumlah kota besar seperti Beijing dan Shanghai. Dengan demikian, kamu harus menyesuaikan diri dengan mulai mempelajari percakapan dasar dalam Bahasa Mandarin.

Kemampuan satu ini akan memudahkan kamu ketika akan memesan makanan atau sekadar ingin menaiki taksi. Lagipula, mempelajari bahasa baru bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, kok.

Banyak pembayaran yang dilakukan secara digital

Sumber: sampi.co

Dewasa ini, banyak pembayaran di China yang memanfaatkan fitur yang tersedia di WeChat. Maka dari itu, apabila kamu ingin berbelanja, lebih baik kamu juga memanfaatkan fitur dari WeChat atau sengaja berbelanja di tempat besar seperti supermarket atau pusat ritel. Kemungkinan, mereka masih menyediakan uang kembalian untukmu.

Jangan segan untuk menawar

Apabila kamu sedang berbelanja, maka gunakan kemampuanmu untuk menawar. Sama seperti di Indonesia, biasanya para penjual akan menarik tarif yang lebih tinggi bagi orang asing. Maka dari itu, gunakan kemampuanmu dalam berbahasa Mandarin untuk menawar harga sebaik mungkin.

Perbedaan harga yang ditarik dari warga lokal dengan pelajar internasional sangat lumayan, Kawan Rantau. Maka dari itu, akan lebih baik apabila kamu berbelanja dengan temanmu yang merupakan warga lokal. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan barang yang kamu inginkan dengan harga standar.

Demikianlah pembahasan kami mengenai sejumlah hal yang harus kamu tahu sebelum kuliah di China. Apakah ada hal lainnya yang kamu tahu mengenai kehidupan pelajar internasional di China, Kawan Rantau? 

Meskipun sama-sama di Asia, nyatanya terdapat perbedaan yang berlaku di China dan Indonesia. Maka dari itu, proses menyesuaikan diri menjadi begitu penting ketika kamu memutuskan untuk kuliah di luar negeri.

Baca juga kesempatan kuliah gratis di China dengan China-AUN Scholarship 2020/2021.

For Your Information

Apa hal yang harus saya tahu sebelum memulai perkuliahan di China?

Baca artikel ini dan dapatkan jawaban lengkapnya.

Apakah saya bisa menggunakan media sosial di China?

Ketika berada di China, sejumlah media sosial konvensional tidak dapat diakses. Akan tetapi, kamu bisa memnafaatkan aplikasi keluaran China yang memiliki fungsi serupa seperti Weibo dan WeChat.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?