fbpx

Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan Kalau Merasa Salah Jurusan

Selamat, Kawan Rantau! Kamu berhasil masuk ke jurusan yang kamu daftar. Semangat ya, untuk memulai perkuliahan. Akan tetapi, setelah kamu merasakan euforia tersebut, kamu merasa mulai gamang dengan pilihan jurusanmu? Pada akhirnya kamu mulai menyadari jurusan yang kamu pilih sekarang bukanlah jurusan yang benar-benar kamu inginkan? Apakah kamu merasa salah jurusan?

Well, kalau memang kamu merasa salah jurusan, kamu harus tetap tenang, Kawan Rantau. Hal tersebut bukan berarti akhir dari dunia. Pindah jurusan ketika kamu merasa salah jurusan bukanlah perkaya yang mudah. Maka dari itu, berikut sejumlah hal yang bisa kamu lakukan ketika kamu merasa salah jurusan.

Cari kegiatan yang kamu minati

Sumber: pexels.com

Di setiap universitas, pasti ada kegiatan ekstrakurikuler yang bisa kamu ikuti. Nah, di sinilah kamu bisa mulai mencari kegiatan yang kamu minati.

Sebagai contoh, kamu memiliki minat di bidang jurnalistik, maka kamu bisa mengembangkan diri dengan bergabung dengan badan pers kampus. Hal ini selain untuk memenuhi keinginan kamu untuk mempelajari hal yang kamu sukai, juga bisa menjadi jalan bagimu menguasai kemampuan tambahan.

Memilih mata kuliah di luar jurusanmu sekarang

Terkadang, saat kamu menjalani masa perkuliahan, kamu bisa mendapat kesempatan untuk mengambil mata kuliah di luar jurusan yang sedang kamu dalami. Dalam hal ini, kamu bisa saja memilih mata kuliah yang sama sekali berbeda dengan jurusanmu.

Sebagai contoh, kamu bisa kuliah ilmu komputer dengan mengambil jurusan komunikasi, atau kuliah akuntasi tapi dengan mengambil filsafat.

Langkah ini bisa menjadi langkah yang bagus karena akan membuat jejak rekam akademismu lebih beragam. Hal ini juga bisa mengantarkanmu ke jenjang karir yang jauh berbeda dari jurusan yang kamu ambil sekarang.

Melatih skill

Sumber: pexels.com

Pada dasarnya, pihak perusahaan akan lebih melihat kemampuan yang kamu miliki dibandingkan dengan hal apa saja yang kamu pelajari di kelas. Dengan demikian, mempelajari Photoshop atau berlatih menulis untuk menambah portofolio bisa menjadi jalan bagimu meniti karir di bidang lain.

Lagipula, apabila kamu memang memiliki skill di luar dari apa yang kamu pelajari, kamu bisa membuka jalur karir yang lebih beragam.

Mengikuti program magang

Ketika suatu perusahaan mencari mahasiswa magang, mereka akan mengajari mahasiswa tersebut dari awal. Maka dari itu, ini adalah kesempatan bagimu untuk mempelajari hal baru yang tidak selalu linear dengan jurusanmu.

Jangan merasa takut karena kamu tidak memiliki jurusan yang sesuai. Kamu bisa memperkuat alasan kamu memilih suatu program magang tertentu. Dengan demikian, kamu bisa memanfaatkan program ini sebaik mungkin.

Mulai melakukan networking

Sumber: pexels.com

Tidak ada salahnya untuk membangun jejaring sejak dari awal. Dengan memiliki jejaring yang kuat semasa kuliah, kamu bisa mendapat kesempatan untuk berkarir di bidang yang belum pernah kamu pertimbangkan sebelumnya.

Pada akhirnya, jurusan yang kamu jalani sekarang belum tentu menentukan karirmu ke depannya. Apabila kamu merasa salah jurusan, maka banyak lain yang bisa kamu lakukan untuk menanggulangi hal tersebut. Yang pasti, kamu harus terus banyak berusaha untuk tetap bertahan di perkuliahan.

Baca juga pembahasan lebih lanjut mengenai jurusan matematika yang dapat mengantarkanmu ke berbagai bidang karir.

For Your Information

Apakah wajar ketika kita merasa salah jurusan?

Tidak dapat dipungkiri, hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Banyak orang yang merasa salah jurusan dan malah jadi frustrasi karenanya.

Apa yang bisa saya lakukan untuk menghadapi hal ini?

Cobalah untuk membaca artike ini untuk mengetahui jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?