GMAT vs GRE, Mana yang Lebih Cocok Untukmu?

Ketika kamu ingin lanjut kuliah S2, banyak sekali universitas yang mensyaratkan nilai tes GMAT dan GRE. Mungkin, bagi yang masih awam, akan bertanya-tanya apa sih sebetulnya perbedaan dari keduanya? Lalu, manakah yang lebih cocok untuk kuliahmu ke depan?

Yuk, kupas satu per satu soal kedua jenis tes yang satu ini.

GMAT vs GRE

GMAT vs GRE
Sumber: poetsandquants.com

Graduate Management Admission Test (GMAT) adalah salah satu persyaratan penting dalam proses mendaftar sekolah bisnis. GMAT sendiri merupakan tes pilihan ganda berbasis komputer yang dibutuhkan untuk pendaftaran program magister bisnis (MBA) secara global.

Tidak jauh berbeda dengan GMAT, Gradete Record Examination (GRE) juga termasuk prasyarat apabila kamu ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Akan tetapi, GRE tak seperti GMAT yang memang dikhususkan untuk yang ingin menempuh MBA.

Bagaimana bentuk tes GMAT dan GRE?

Untuk tes GMAT sendiri, akan terdiri dari sesi Analytical Writng selama 30 menit untuk satu esai, sesi Integrated Reasoning selama 30 menit, sedi Quantitative selama 62 menit, dan sesi Verbal selama 65 menit.

Kalau untuk tes GRE, komponen struktur tesnya hampir sama. Akan ada sesi Analytical Writing selama 60 menit untuk 2 esai, sesi Verbal selama 30 menit, dua sesi Quantitative Reasoning selama 35 menit, dan juga sesi experimental selama 30-35 menit yang terdiri dari matematika atau verbal.

Kedua tes sama-sama berbasis komputer. Akan tetapi, untuk GRE, di beberapa daerah yang belum terjangkau komputer, tes berbasis kertas masih digunakan.

Mana yang harus dipilih?

Sumber: qs.com

Meskipun GMAT telah dikhususkan untuk pendaftaran sekolah bisnis, ternyata sekarang banyak juga sekolah bisnis yang menerima hasil tes GMAT dan/atau GRE.

Dilansir dari US News, dari sekitar 156 program MBA yang di-survei Kaplan Test Prep antara bulan Agustus hingga November 2019, 93% di antaranya memperbolehkan pendaftar menggunakan nilai GRE sebagai alternatif dari nilai GMAT.

Yang menarik, Stanford Graduate School of Business termasuk satu di antara sekolah bisnis yang memperbolehkan penggunaan hasil tes GRE atau GMAT. Bagi mereka, tidak ada preferensi khusus di antara hasil tes tersebut.

Bagi kamu yang lebih kuat di kemampuan kuantitatif, maka GMAT akan menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan, bagi kamu yang lebih percaya pada kemampuan verbalmu, maka lebih baik pilihlah GRE. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk memilih salah satu jenis tersebut, pastikan kamu tahu hasil tes yang mana yang dibutuhkan di sekolah impianmu itu.

Demikianlah penjelasan kami soal GRE vs GMAT. Semoga memberikan kamu pencerahan, ya. Jangan lupa untuk juga menyimak kiat jitu untuk mendapatkan Letter of Acceptance (LoA).