fbpx

GKS 2020 S2/S3 Beasiswa Global Korea Scholarship

Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS S2/S3) atau sebelumnya dikenal dengan sebutan KGSP sudah membuka pendaftaran hingga 9 Maret 2020. Program dengan singkatan GKS 2020 ini terbuka untuk jenjang S2 dengan masa pendidikan 3 tahun dan S3 dengan masa studi 4 tahun untuk jenjang doktor (S3). Selama setahun kamu akan kursus bahasa terlebih dahulu. Beasiswa ini bekerja sama dengan 67 universitas pilihan. Pun, beasiswa juga sudah dapat digunakan ketika kursus bahasa Korea di sana.

Namsan Tower, tempat ikonik di Korea. Sumber: Pexels

Alangkah lebih baiknya kamu memiliki kemampuan bahasa Korea dengan sertifikat TOPIK minimal level 5. Dengan begitu, kamu tidak perlu kursus bahasa Korea terlebih dahulu. Akan tetapi, jika kamu belum mahir, maka kamu wajib mengikuti pelatihan Bahasa Korea selama 1 tahun serta ujian dengan tuntutan capaian TOPIL minimal level 5. Bagi pemula, supaya tidak terlalu buta, coba otodidak dengan perbanyak mendengar lagu K-POP dan menonton film atau drama Korea. Dijamin ampuh!

Pemerintah Korea Selatan menyiapkan kuota sebanyak 700 penerima di seluruh dunia untuk jenjang S2 dan S3. Indonesia kebagian sekitar 65 kursi beasiswa pada 2020 – 2021. Sebanyak 26 kursi beasiswa bisa dilamar langsung melalui Kedubes Korea di Jakarta, sementara 39 kursi beasiswa Korea sisanya jalur pendaftarannya melalui universitas di Korea.

Persyaratan Umum Beasiswa GKS 2020 S2/S3

Seoul National University Museum Of Art
Seoul National University, salah satu kampus top di Korea. Sumber: Pexels

Supaya lolos, pastikan kamu memenuhi semua kriteria di bawah ini, ya!

  1. Pendaftar dan orangtuanya adalah warga negara dari negara asalnya/tempat tinggalnya (bukan warga negara asing).
  2. Pendaftar bukan warga negara Korea Selatan.
  3. Pendaftar harus sehat baik jasmani maupun rohani untuk tinggal di Korea Selatan untuk waktu yang lama.
  4. Berusia di bawah 40 tahun pada tanggal penerimaan (untuk mahasiswa S2 dan S3).
  5. Memiliki nilai rata-rata di atas 80% dari institusi pendidikan terakhirnya.
  6. Memiliki gelar Sarjana atau Master pada tanggal kedatangan (untuk mahasiswa S2 dan S3)
  7. Pendaftar yang sebelumnya telah mendapatkan gelar Sarjana, Master, atau Doktor di Korea Selatan tidak diperkenankan untuk mendaftar beasiswa ini.
  8. Pendaftar yang telah atau sedang menerima beasiswa KGSP yang memiliki nilai keseluruhan di atas 90% bisa tetap mengajukan pendaftaran untuk program beasiswa ini baik melalui kedutaan besar atau melalui universitas.

Prosedur Pendaftaran Beasiswa GKS 2020 S2/S3

Sumber: Pexels

Prosedur pendaftaran Global Korea Scholarship memiliki 2 pilihan jalur. Kamu dapat memilih salah satu yang menurutmu memiliki peluang lebih besar untuk lolos seleksi.

  1. Mengumpulkan dokumen pendaftaran di kedutaan besar Korea Selatan di negara masing-masing dengan memilih 3 kampus tujuan (bagi pendaftar yang belum menentukan universtas tujuan)
  2. Mendaftar langsung melalui jalur universitas (bagi pendaftar yang sudah menentukan universitas tujuan)

Berkas pendaftaran dikirim via pos dengan menuliskan “KGSP” pada sisi amplop ke alamat: Kedutaan Besar Korea, Jl Gatot Subroto Kav 57, Jakarta 12950

Info Resmi

Berkas wajib untuk pelamar S2 dan S3. Sumber: Study in Korea

Supaya kamu tidak ketinggalan info resmi, maka langsung cek saja ke situs study in korea yang dikelola oleh pemerintah Korea Selatan. Di sana tertera dokumen yang harus dilampirkan ketika mendaftar demi lolos seleksi.

Meningkatnya penggemar Korea di seluruh dunia membuat beasiswa GKS S2/S3 2020 semakin ketat dalam hal seleksi. Pelamar beasiswa prestisius ini selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Nah, kondisi seperti ini membuat kamu harus banyak memiliki trik dan kiat-kiat kompetisi sehat untuk memperbesar peluang lolos seleksi beasiswa pemerintah Korea Selatan, apalagi beasiswa ini memakai tes wawancara. Jadi, persiapkan dari sekarang, ya! Selamat berjuang untuk menyambangi negeri oppa!

For Your Information

Kapan Beasiswa GKS jenjang S2 dan S3 dibuka tahun 2020?

Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS S2/S3) atau sebelumnya dikenal dengan sebutan KGSP sudah membuka pendaftaran hingga 9 Maret 2020. Program dengan singkatan GKS 2020 ini terbuka untuk jenjang S2 dengan masa pendidikan 3 tahun dan S3 dengan masa studi 4 tahun untuk jenjang doktor (S3).

Berkas apa saja yang wajib dilampirkan?

Supaya kamu tidak ketinggalan info resmi, maka langsung cek saja ke situs study in korea yang dikelola oleh pemerintah Korea Selatan. Di sana tertera dokumen yang harus dilampirkan ketika mendaftar demi lolos seleksi.

Ada berapa jalur untuk mendaftar beasiswa GKS S2/S3 2020?

Prosedur pendaftaran Global Korea Scholarship memiliki 2 pilihan jalur, yaitu melalui Kedutaan Besar Korea dan universitas.

Berapa jatah kursi beasiswa GKS S2/S3 untuk Indonesia?

Indonesia kebagian sekitar 65 kursi beasiswa pada 2020 – 2021. Sebanyak 26 kursi beasiswa bisa dilamar langsung melalui Kedubes Korea di Jakarta, sementara 39 kursi beasiswa Korea sisanya jalur pendaftarannya melalui universitas di Korea.

Ingin mengetahui cerita lain di Seoul?