fbpx

Gates Cambridge Scholarship: Beasiswa S2 dan PhD di University of Cambridge

University of Cambridge merupakan bagian dari Oxbridge yang notabene merupakan duo universitas terbaik di Inggris. Sama-sama memiliki segudang tradisi, University of Cambridge juga merupakan tempat terbaik untuk menempuh ilmu. Nah, apabila kamu tertarik melanjutkan studi S2 atau PhD di University of Cambridge, maka berikut akan kami paparkan mengenai Gates Cambridge Scholarship.

Tentang Gates Cambridge Scholarship

Bill dan Melinda Gates. Sumber: inc.com

Gates Cambridge Scholarship merupakan program beasiswa yang telah ada sejak Oktober 2000. Program ini merupakan hasil donasi sebesar US$ 210 juta dari Bill dan Melinda Gates Foundation kepada University of Cambridge. Donasi yang diberikan ini merupakan donasi terbesar yang pernah diterima oleh universitas di Inggris.

Setiap tahunnya, Gates Cambridge menawarkan 80 beasiswa penuh waktu bagi para pendaftar yang berasal dari luar Inggris untuk melanjutkan studi di University of Cambridge. Sejumlah kriteria yang diinginkan untuk penerima beasiswa ini adalah sebagai berikut:

  1. Kemampuan intelektual yang memuaskan
  2. Alasan memilih program studi
  3. Komitmen untuk meningkatkan hidup orang lain
  4. Potensi kepemimpinan

Misi utama dari Gates Cambridge adalah untuk mendukung pendirian jejaring global untuk para pemimpin masa depan yang memiliki komitmen terhadap kehidupan orang lain. Tentunya misi tersebut dicapai dengan memberikan bantuan bagi para pelajar berbakat untuk menempuh studi di salah satu universitas terbaik dunia, yakni University of Cambridge.

Apa saja yang bisa saya dapatkan?

Pada dasarnya, program beasiswa ini termasuk beasiswa penuh. Jadi, berikut rincian apa saja yang akan kamu dapatkan ketika mendapat beasiswa ini:

  1. Biaya perkuliahan
  2. Uang saku sebesar £17.500 per tahun.
  3. Biaya transportasi dari dan ke Inggris
  4. BIaya visa dan imigrasi

Apa saja program yang bisa didaftar?

Sumber: nomanbefore.com

Tidak semua program dapat kamu daftar untuk program satu ini, Kawan Rantau. Sejumlah program yang bisa kamu daftar adalah sebagai berikut:

  1. PhD
  2. MSc/MLitt
  3. Program pascasarjana selama satu tahun

Untuk program pascasarjana satu tahun, ada beberapa pengecualian. Berikut merupakan program yang tidak bisa kamu daftar untuk mendapat beasiswa ini:

  • Master of Business (MBA)
  • Master of Finance (MFin)
  • MBBChir Clinical Studies
  • MD Doctor of Medicine

Bagaimana cara mendaftar?

Tata cara pendaftaran beasiswa ini pada dasarnya bukan termasuk pendaftaran terpisah. Jadi, yang harus kamu lakukan adalah melakukan pendaftaran program studi dan juga pendanaan (dengan memilih Gates Cambridge Scholarship) melalui University’s Graduate Application Portal.

Supaya bisa dipertimbangkan untuk mendapatkan Gates Cambridge Scholarship, kamu harus menyelesaikan kedua pendaftaran di atas. Nantinya, Gates Cambridge dapat mengakses detail keseluruhan dari aplikasi pendaftaranmu.

Dalam formulir pendaftaran Gates Cambridge, kamu akan diminta untuk menuliskan alasan mengapa kamu mendaftar beasiswa tersebut dan bagaimana kamu memenuhi persyaratan utama yang ada. Pernyataan personal tersebut nantinya akan digunakan untuk mempertimbangkan keseluruhan berkas yang kamu miliki.

Waktu pendaftaran untuk beasiswa ini dibuka mulai 1 September 2020. Sedangkan, tenggat waktunya sendiri tergantung dari program yang kamu pilih, yakni bisa pada 3 Desember 2020 atau 7 Januari 2021.

Demikianlah pembahasan kami mengenai beasiswa S2 dan PhD di University of Cambridge, Kawan Rantau. Bagaimana menurut kamu? Apakah menarik untuk dicoba? Kalau iya, perhatikan program apa saja yang bisa menerima beasiswa ini dan persiapkan baik-baik aplikasi pendaftaranmu.

Baca juga pemaparan lengkap mengenai beasiswa S2 yang ditawarkan oleh University College London, Inggris.

For Your Information

Apa itu Gates Cambridge Scholarship?

Gates Cambridge Scholarship merupakan program beasiswa yang diberikan oleh Bill dan Melinda Gates Foundation kepada University of Cambridge. Beasiswa tersebut ditujukan bagi para pelajar internasional yang ingin menempuh studi S2 dan PhD di University of Cambridge.

Apa persyaratan untuk mendaftar Gates Cambridge Scholarship?

Ada sejumlah kriteria utama yang harus kamu penuhi. Baca pembahasan lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Cambridge?