fbpx

Friedrich Ebert Stiftung Scholarships: Kesempatan Kuliah dengan Beasiswa di Jerman

Friedrich Ebert Stiftung (FES) merupakan yayasan politik tertua di Jerman dengan semangat demokrasi. Yayasan satu ini hadir untuk meneruskan warisan politik atas nama Friedrich Ebert, presiden Jerman pertama yang dipilih secara demokratis. FES hadir untuk mendukung dan memperkuat demokrasi sosial melalui kerja sama internasional, pelatihan pendidikan politik, serta mendukung para pemuda berbakat melalui program beasiswa. Kali ini, kami akan membahas Friedrich Ebert Stiftung Scholarships, salah satu program beasiswa yang disediakan oleh FES.

Tentang Friedrich Ebert Stiftung Scholarships

Kantor pusat Friedrich Ebert Stiftung. Sumber: adb.de

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu program dari FES adalah untuk memberikan dukungan bagi para pemuda berbakat melalui program beasiswa. Dalam beasiswa ini, para pendaftar akan dipilih berdasarkan pencapaian akademis serta keterlibatan mereka pada bidang sosial dan politik.

Program beasiswa ini pada dasarnya terbuka bagi pelajar internasional dari Afrika, Asia, Amerika Latin, dan juga Eropa Timur. Kemudian, beasiswa ini juga terbuka untuk program apa saja. 

Setiap tahunnya, terdapat 40 pelajar yang mendapatkan beasiswa dari FES ini. Setiap bulan, para penerima beasiswa bisa mendapatkan dana beasiswa sebesar EUR 750-850. Kemudian, sebagai tambahan, kamu juga akan mendapat tunjangan untuk asuransi kesehatan sebesar EUR 276.

Apa persyaratan yang harus saya penuhi?

Apabila kamu ingin mendapatkan beasiswa ini, maka kamu haruslah terdaftar di salah satu institusi pendidikan negeri di Jerman. Kemudian, meskipun kamu memilih perkuliahan dengan pengantar bahasa Inggris, kamu tetap harus memiliki pengetahuan mengenai Bahasa Jerman dengan cukup.

Dengan demikian, kamu harus memiliki sertifikat DSH minimal level 2, atau Zertifikat C1 dari Goethe Institute.

Bagaimana cara mendaftar?

FES Indonesia. Sumber: fes-indonesia.org

Pertama, kamu haruslah mengisi formulir daring yang telah tersedia. Dalam formulir tersebut, kamu diharapkan memberikan informasi mengenai latar belakang profesional dan keluarga. Dalam tahapanan ini, tidak ada dokumen yang perlu kamu lampirkan. 

Kedua, apabila kamu lolos ke tahap selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengirimkan dokumen melalui surel. Beberapa di antaranya adalah dua surat referensi serta informasi mengenai pelatihan yang pernah kamu ikuti beserta dengan pemaparan mengenai komitmenmu terhadap bidang sosio-politik.

Ketiga, persiapkan diri untuk melakukan wawancara apabila kau dinyatakan lolos kembali, Kawan Rantau. Kamu akan menjalani dua tahapan wawancara, yakni dengan profesor dari departemen yang kamu tuju dan panitia seleksi dari FEST.

Keempat, pihak panitia akan memutuskan hasil akhir dari seluruh seleksi beasiswa. Tenggat waktu pendaftaran untuk beasiswa ini jatuh pada 30 November 2020 untuk Winter semester dan 31 Mei 2021 untuk Summer semester.

Dengan demikian, beasiswa ini bisa menjadi salah satu pintu gerbang bagimu untuk kuliah di Jerman, Kawan Rantau. Terus simak keterangan lebih lanjut mengenai program beasiswa ini melalui situs resmi mereka di tautan berikut ini. Kamu juga bisa mengunjungi tautan berikut ini untuk mendapat panduan personal dari Tim Rantau.

Baca juga informasi mengenai SBW Berlin Scholarship, salah satu program beasiswa untuk kuliah di Jerman.

For Your Information

Apa itu Friedrich Ebert Stiftung?

Friedrich Ebert Stiftung (FES) merupakan yayasan politik tertua di Jerman dengan semangat demokrasi. Yayasan satu ini hadir untuk meneruskan warisan politik atas nama Friedrich Ebert, presiden Jerman pertama yang dipilih secara demokratis

Apa itu Friedrich Ebert Stiftung Scholarships?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu program dari FES adalah untuk memberikan dukungan bagi para pemuda berbakat melalui program beasiswa. Dalam beasiswa ini, para pendaftar akan dipilih berdasarkan pencapaian akademis serta keterlibatan mereka pada bidang sosial dan politik.

Bagaimana cara mendaftar Friedrich Ebert Stiftung Scholarships?

Baca artikel ini untuk temukan jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Berlin?